5 Strategi Ternak Kucing Anggora Bagi Pemula

1205 views

Ternak Kucing Anggora, peliharahewan.com | Bagi anda yang merupakan pecinta satwa, keberadaan binatang lucu nan menggemaskan bernama kucing sudah pasti sangat akrab di telinga anda bukan? Hewan yang penurut, cerdas sekaligus aktif ini ternyata sudah sejak dulu dibudidayakan. Bahkan jauh sebelum masehi, nenek moyang manusia telah menjadikannya sebagai peliharaan. Hal ini bisa terlihat dari mumi yang ditemukan oleh para arkeolog.

Kucing juga mempunyai beragam spesies. Mulai dari persia, anggora, hingga kucing lokal yang bisa dengan mudah anda jumpai di pinggir jalan lantaran kerap hidup di alam liar. Kucing persia biasanya bertubuh gemuk, tambun, serta hidungnya pesek. Kucing domestik punya ukuran tubuh serta bulu yang panjang. Sementara kucing anggora merupakan kucing dengan bulu-bulu panjang.

Ternak Kucing AnggoraEksistensi anggora awalnya diperkenalkan oleh Sultan Turki kepada Raja Inggris. Hingga memasuki abad ke-16, anggora mulai diimpor ke Eropa dan setelahnya dibudidayakan di berbagai belahan dunia termasuk indonesia.

Popularitas anggora sebagai hewan yang piawai ketika diperintahkan untuk berlenggak-lenggok di atas panggung juga menjadi daya tarik tersendiri mengapa jenis ini digemari oleh sebagian besar orang.

Menilik peluang yang sangat potensial, tak heran jika ternak kucing anggora menjadi bisnis yang menjanjikan. Selain merupakan wujud peduli untuk mencegah kelangkaan spesies tersebut, langkah ini juga dijadikan usaha dengan omset yang fantastis. Bagaimana tidak? bermodal postingan kucing anggora yang diupload melalui sosial media saja, pembeli akan datang dengan sendirinya.

Nah, bagi Anda pebisnis amatir yang ingin mencoba peruntungan ini, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir sebab banyaknya panduan yang tersebar luas di internet bisa menjadi acuan agar anda bisa menerapkan ternak kucing anggora dengan benar.

1. Modal

Meski bukan persyaratan yang mutlak untuk dipenuhi, modal menjadi salah satu hal yang wajib Anda persiapkan dengan matang, sebab sebelum Anda terjun Anda harus mempunyai gambaran kemana budget tersebut akan Anda alokasikan. Entah itu untuk pembuatan kandang, pakan, atau pembelian anak kucing anggora.

peternakan kucing anggora di jakartaTidak ada wirausaha yang bisa sukses tanpa memperhitungkan dana yang nantinya akan ia gunakan. Jangan terburu-buru. Ada baiknya jika Anda menyiapkan modal yang sudah cukup untuk menjalani ternak kucing anggora ini saat semuanya juga sudah siap.

2. Strategi Yang Menguntungkan

Usaha peternakan dinilai lebih cocok untuk orang yang mempunyai banyak waktu senggang. Secara tidak langsung ia akan punya banyak kesempatan untuk mengurus dan meneliti apa saja yang dibutuhkan oleh ternaknya. Kalaupun Anda tipikal orang yang disibukkan dengan segudang deadline, ada baiknya Anda menyerahkan tugas ini kepada orang yang bisa Anda percaya.

Ternak kucing anggora akan berjalan lancar apabila Anda memasang aba-aba. Misalnya jangkauan pasar, cara promosi, hingga relasi yang akan membantu anda dalam tahap pengenalan kepada konsumen.

3. Kandang

Tidak mudah untuk menentukan lokasi yang tepat bagi bisnis Anda ini. Mengapa? lingkungan yang tidak kondusif dan tidak aman acapkali menjadi ancaman tersendiri bagi anggora untuk bisa hidup dengan tenang. Buatlah kandang yang nyaman dan bersih. Hal ini akan berimbas pada kelangsungan hidup si kucing anggora.

Sebagai hewan yang baru saja berpindah rumah, mereka juga butuh adaptasi dengan rumahnya yang baru. Jadi, usahakan untuk menempatkan mereka pada kandang yang senyaman mungkin.

Jangan lupa untuk menaruh pasir pada kandangnya. Secara otomatis, si anggora akan menimbun kotoran. Ketelatenan Anda dalam ternak kucing anggora ini juga sangat diuji. Pasalnya anda harus menyempatkan diri untuk membersihkan kandang dan pasirnya dengan teratur.

4. Makanan

Pada dasarnya, pakan untuk kucing digolongkan menjadi dua. Pertama adalah jenis wet food atau makanan basah yang fungsinya untuk merangsang nafsu makan atau menaikkan berat badan si kucing. Anda bisa menemukannya dalam bentuk daging yang sudah dikalengkan. Kedua adalah dry food atau makanan kering yang berupa biskuit dan kerap dijadikan sebagai makanan harian.

bisnis ternak kucing anggoraPilihlah biskuit yang diperkaya dengan protein, vitamin, serta formula lain yang sifatnya mampu mendukung tumbuh kembang mereka. Banyaknya merk yang beredar di pasar harusnya membuat Anda jeli dan teliti dalam memberikan makanan untuk ternak kucing anggora Anda di rumah.

Agar terhindar dari mencret, berilah mereka minuman dari air yang sudah matang.

5. Vaksinasi

Pentingnya vaksin sebetulnya dimaksudkan agar kucing terhindar dari serangan penyakit berbahaya yang datang dari virus, patogen, serta kuman yang dihantarkan melalui udara atau makanannya.

Vaksinasi biasa dilakukan pada kucing yang sudah berusia 3 bulan, tapi hal ini juga disetujui kalau kondisi si kucing memungkinkan untuk divaksin. Harga yang ditawarkan oleh ternak kucing anggora antara kucing yang sudah divaksin dengan yang belum tentu berbeda.

Baca Juga = Perlengkapan Kucing Anggora

Baca Juga = Harga Kucing Anggora 2017

Herpes, rabies, dan leukimia merupakan 3 jenis vaksinasi yang normalnya disuntikkan dalam tubuh di kucing.

Demikian sekilas info mengenai ternak kucing anggora. Semoga dapat menginspirasi Anda.

Incoming search terms:

  • ternak kucing anggora
  • ternak kucing
  • postingan kucing
  • cara ternak kucing anggora
  • cara ternak kucing
  • beternak kucing anggora
  • cara ternak kucing Persia
  • cara ternak anggora
  • cara beternak kucing anggora
  • budidaya kucing

Tags: #bisnis ternak kucing anggora #peternakan kucing anggora di jakarta #strategi bisnis kucing anggora #Ternak Kucing Anggora