4 Cara Pelihara Kucing Anggora Dengan Benar

716 views

Setiap orang sudah pasti memiliki hobi masing-masing. Mulai dari menjajal kegiatan yang ekstrim hingga memelihara binatang untuk menemani aktifitas maupun waktu luangnya. Memang tidak semua orang bisa dengan gampang memutuskan untuk menjadikan hewan tertentu sebagai hewan piaraan. Namun tahukah Anda jika mayoritas orang yang bersedia meluangkan waktunya untuk merawat binatang merupakan tipikal orang yang penyayang.  Dan apakah Anda sudah tahu bagaimana Cara Pelihara Kucing Anggora?

Diantara beberapa flora yang dijadikan piaraan, kucing Anggora mungkin menjadi ikon yang paling difavoritkan. Penampilannya yang lucu, menggemaskan, hingga mampu mengundang gelak tawa tersendiri menjadi alasan kuat mengapa banyak orang memantapkan hati untuk membeli dan merawatnya di rumah.

Cara Pelihara Kucing AnggoraSayangnya, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara pelihara kucing anggora dan bagaimana Tips Memelihara Kucing Anggora dengan tepat. Kebanyakan mereka hanya memberikan pakan biasa sesuai dengan pemahamannya. Padahal, apabila Anda ceroboh dan tidak jeli saja, bisa-bisa uang yang Anda keluarkan dalam jumlah fantastis untuk melakukan pembelian kucing ini melayang dan hilang seketika.

Oleh sebab itu, sangat wajib bagi Anda mengenali tips serta trik agar kucing Anggora kesayangan Anda tetap terjaga dan selalu dalam kondisi yang sehat. Baik dari segi fisik maupun nonfisik. Sama halnya seperti manusia, hewan juga bisa mengalami depresi apabila lingkungan sekitar tempat tinggalnya tidak kondusif.

Selengkapnya, berikut beberapa cara pelihara kucing anggora yang bisa Anda jadikan referensi.

Cara Pelihara Kucing Anggora

1. Makanan dan minuman dengan kucing

Meski pada dasarnya kucing juga menyukai ikan atau daging, tapi cobalah untuk lebih teliti tatkala Anda ingin mempersembahkan nutrisi yang baik untuknya. Ini salah satu Tips Memelihara Kucing Anggora, Anda harus memperhatikan sekali santapan apa yang dilahap oleh si kucing. Di pasaran, Anda bisa menjumpai puluhan produk yang disediakan untuk kucing anggora yang mana dijual dengan harga bervariasi.

Tugas Anda adalah harus menyeleksi produk makanan apa yang recommended dan tidak menimbulkan alergi. Karena tidak semua pakan itu baik untuk si kucing. Umumnya produk kalengan ini berdampak pada bulu dan umur dari kucing yang Anda pelihara. Anda pasti tidak ingin kan jika kucing kesayangan bulunya rusak gara-gara cara pelihara kucing Anggora yang Anda terapkan salah?. Usahakan untuk memberinya makanan kering.

Sedangkan minumnya, Anda bisa menyuguhkan air yang sudah matang atau dimasak. Sesekali Anda bisa menyelinginya dengan susu. Tapi jangan beri mereka susu untuk manusia, kandungan actobacillus di dalamnya berpotensi membuat kucing mencret.

2. Membersihkan kandang kucing

Tips Memelihara Kucing AnggoraKebersihan memang selalu menduduki posisi pertama dalam hal apapun. Tak terkecuali dengan stamina dan daya tahan tubuh yang dimiliki kucing. Ketika Anda berencana untuk memelihara kucing, harusnya Anda pun siap dengan konsekuensi menjaga kandangnya dan membersihkannya secara rutin. Tempat yang kotor beresiko mendatangkan kuman serta patogen nakal yang akan menyerang kesehatan kucing.

Anda bisa mengambil waktu seminggu sekali untuk merapihkanya, jangan lupa gunakan disinfektan. Bau tidak sedap dari kotoran yang ditimbulkan kucing juga akan mengganggu anda dan keluarga.

Pastikan bahwa ukuran kandang kucing sesuai. Artinya tidak terlalu semoit atau besar. Cara pelihara kucing anggora ini ditujukan agar kucing tetap merasa nyaman di rumahnya. Apabila Anda tak cukup paham mengenai hal ini, coba tanyakan ke pet shop terdekat.

3. Perawatan kucing

Sama seperti anjing atau hewan piaraan lainnya, Anggora yang selama ini terkenal berbulu cantik juga menuntut Anda untuk bisa membagi waktu dan mengurus kecantikannya. Mau atau tidak, Anda harus bisa menjaga bulu-bulu halusnya agar tidak rontok.

Pemilihan shampoo yang tepat merupakan kuncinya. Sisirlah bulu kucing setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk meluruskan bulu-bulu kucing dan mengambil bulu-blu kucing yang sudah mati.

Sebab, jika bulu sudah mati dapat memicu hairball atau gumpalan bulu yang masuk dalam saluran pencernaan. Ini bisa terjadi saat kucing menjilati badannya, yang mengakibatkan ia menelan bulu tersebut.

Di samping menyisir, cara pelihara kucing anggora yang selanjutnya bisa dilancarkan dengan memandikan kucing piaraan minimal dua minggu sekali. Lebih baik lagi jika Anda punya waktu senggang kebih banyak dan bisa memandikannya satu minggu sekali. Tapi cocokkan dulu dengan cuaca sekaligus suhu tubuh kucing agar tidak kedinginan.

4. Memeriksakan ke dokter hewan dan melakukan vaksin

Tidak hanya manusia, kucing juga perlu di vaskinasi untuk memproteksi kemungkinan virus atau hal lain yang mengancam kekebalan tubuhnya. Biasanya kucing akan divaksin pada umur sekitar 8-9 minggu. Tetapi jika kucing kurang sehat tubuhnya, pemberian vaksin ini bisa ditunda sampai kucing benar-benar sehat.

Sejumlah vaskin yang perlu diberikan kepada kucing kita antara lain adalah vaksin herpes, leukimia, dan rabies. Jika cara pelihara kucing anggora ini tidak dijalankan, kemampuannya untuk bertahan dari virus akan terganggu karena tubuh tidak mampu melawannya. Fatalnya, kucing Anda bisa mati atau meninggalkan rabies yang juga bisa menular ke orang yang ada di sekelilingnya.

Semoga bermanfaat.

Tags: #Cara Pelihara Kucing Anggora #kucing #kucing anggora #pelihara kucing #Tips Memelihara Kucing Anggora