5 Cara Menjinakkan Kucing Anggora Dengan Mudah

842 views

Banyak orang merasa bingung saat mereka berkeinginan untuk memelihara kucing anggora tapi justru mendapati kucing yang mereka beli merupakan hewan yang sifatnya agresif atau pemalu. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk membuat kucing menjadi jinak tanpa harus merogoh kocek berlebih.

Cukup hanya dengan bermodalkan pengetahuan yang Anda milik dan ketelatenan tentunya, bukan tidak mungkin jika Anda mampu mengubah sifat mereka yang agresif menjadi lebih tenang. Begini 5 Cara Menjinakkan Kucing Anggora Dengan Mudah

Memang bukan perkara mudah. Pasalnya diperlukan proses yang nantinya akan menyita waktu Anda. Terlebih bagi Anda orang yang disibukkan dengan segudang deadline dan pekerjaan. Wah, sudah pasti Anda harus piawai mengatur waktu untuk si meong ini ya?.

Cara Menjinakkan Kucing Anggora

Diantara sekian banyak jenis kucing yang digemari oleh pecinta binatang, anggora bisa dibilang menempati posisi yang cukup signifikan. Bagaimana tidak? Dengan harga fantastis dan tampilan cantiknya yang menggemaskan, ia mampu membuat siapa pun tertawa kegirangan.

Masalah yang paling umum dijumpai adalah bagaimana sih cara menjinakkan kucing anggora dengan tepat tanpa menyakiti atau meninggalkan perasaan tertekan pada mereka? Sebetulnya gampang saja, galilah informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan hal ini. pelajari dan saring dengan baik mana yang bisa Anda aplikasikan dan bagian apa yang harus dihindari.

Berbekal strategi yang bagus dan metode khusus, Anda hanya memerlukan waktu beberapa minggu saja untuk membuat mereka mau bercengkerama dengan Anda. Selengkapanya berikut cara menjinakkan kucing anggora dengan mudah yang bisa Anda coba.

Cara Menjinakkan Kucing Anggora

1. Dekati kucing

Langkah pertama yang sangat disarankan adalah dekati mereka di tempat biasa mereka muncul. Tips ini bisa Anda lancarkan dengan tidak berjalan mendekati kucing dari depan. Hal ini justru akan membuat mereka merasa terancam. Dengan begitu, mereka tak akan sungkan menerkam atau menggigit Anda.

Dekatilah kucing dari samping, dengan posisi duduk atau jongkok. Datangi mereka dengan perlahan. Pada tahap ini hindari kontak mata dengan kucing.

Apabila kucing menyadari keberadaan Anda lalu menanggapinya dengan gerakan waspada seperti merendahkan badan, telinga tertekuk ke belakang, atau mundur, maka anda pun harus mundur. Keadaan ini merupakan batas maksimal kucing merasa aman dan Anda tidak boleh melampauinya.

2. Beri makan

Cara menjinakkan kucing anggora yang selanjutnya adalah dengan memberi mereka kucing. Tidak bisa dipungkiri jika setiap kucing akan tertarik dengan makanan. Maka menyuguhkan mereka makan merupakan trik jitu untuk merayu mereka.

Saat akan memberi makan, dekati kucing seperti langkah sebelumnya yakni di jarak yang diizinkan kucing.

Pastikan saat mereka makan, mereka melihat bahwa Anda lah yang menaruh makanan disana. Setelah itu mundurlah secara perlahan, tunggu sampai kucing akan maju mengambil santapan yang Anda letakkan. Aplikasikan step ini secara rutin di jam yang sama. Sehingga kucing akan terbiasa mendatangi Anda di waktu yang serupa.

Selama 1 atau 2 minggu kucing umumnya akan hafal dan datang ke tempat tersebut. Ingat, pada saat Anda menyuguhkan makanan, Anda perlu mengeluarkan suara yang spesifik, entah itu bel, tepukan tangan, atau panggilan “puss” dengan intonasi yang nyaring.

3. Jangan sentuh dulu

Cara Menjinakan Kucing Anggora Dengan Mudah

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui jika cara menjinakkan kucing anggora yang satu ini sangat dianjurkan. Tatkala kucing telah menunjukkan ciri-ciri bahwa mereka percaya dengan Anda, jangan tergesa-gesa menyentuh tau mengeluasnya. Biarkan hingga 3 sampai 4 hari.

Saat pertama kali menyentuh pun harus dengan hati-hati. Karena saat itu merupakan pertama kali Anda mengadakan kontak fisik langsung dengan si kucing. Mereka bahkan akan sedikit kaget atau menjauh dari Anda.

Jangan paksakan jika mereka menghindarkan diri dari Anda. Sentuhlah kucing saat ia tengah makan dan rileks, yakni di area perut, dan leher.

4. Memegang lebih sering

Ketika kucing sudah mau disentuh, itu berarti Anda sudah bisa memegangnya secara pelan-pelan. Bila sudah akrab, Anda bisa menggendongnya.

Terapkan cara menjinakkan kucing anggora ini dengan mengelus bagian tubuh kucing seperti kepala, leher, dan perut untuk menenangkannya. Tetaplah waspada, bisa saja mereka meronta tiba-tiba dan melompat.

5. Berinteraksi dengan frekuensi lebih sering

Lakukan interaksi yang lebih sering begitu Anda sudah menguasai tahapan yang dijelaskan di atas. Saat mereka di elus lalu mengeluarkan suara seperti mendengkur “krr..krr..”. itu artinya kucing sudah nyaman  atau sudah menganggap Anda sebagai kawannya.

Ciri lain yang diperlihatkan mereka adalah ketika Anda melihat mereka lalu mereka memejamkan mata dan membukanya kembali seperti sedang mengantuk, ini menandakan kucing sudah mempercayai Anda.

Sebaiknya saat kucing mempertontonkan bahwa mereka welcome dengan Anda, Anda pun harus membalasnya dengan gerakan bola mata yang sama. Disadari atau tidak, Anda sudah menjalin komunikasi dengan si anggora melalui bahasa tubuh.

Bagaimana? Sudah tahu kan cara menjinakkan kucing anggora yang tepat? Jadi kini Anda tidak perlu cemas atau risau. Selamat mencoba, semoga menginspirasi.

Baca juga :

cara menjinakan kucing anggora yang sudah besar, cara menjinakkan kucing anggora, cara menjinakan kucing anggora, cara menjinakan kicing anggora, menjinakkan kucing an

Tags: #Cara Menjinakkan #jinakkan anggora #jinakkan kucing #kucing anggora