6 Tips Pemeliharaan Kucing Persia Yang Tepat

588 views

Pemeliharaan Kucing Persia, peliharahewan.com | Kucing sebagai hewan yang menggemaskan tidak bisa dipungkiri menjadi incaran banyak orang. Binatang piaraan yang identik dengan kesan lucu, imut, serta menyenangkan jika diajak bercengkrama ini bisa Anda temui dengan mudah di toko pembelian hewan piaraan atau pet shop. Dengan beragam jenis dan ukuran tubuh, harga yang dibanderol pun berbeda-beda. Antara kucing lokal dengan blasteran atau memang kucing yang didatangkan dari luar negeri.

Diantara sekian banyak kucing yang sering Anda lihat, kabar seputar kucing persia mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tenar dengan julukan si cantik dengan bulu-bulu halusnya yang menggemaskan, nyatanya tipe persia ini acapkali membuat orang dilanda kebingungan baik dalam hal perawatan maupun cara menjinakannya.

Pemeliharaan Kucing PersiaTapi, sebetulnya Anda tidak perlu risau atau terlalu khawatir, berbekal pengetahuan pemeliharaan kucing persia yang baik dan benar, bukan tidak mungkin jika Anda mampu mengubah sikap agresif atau pemalunya menjadi lebih tenang dan bersahabat dengan Anda.

Mantapkan hati Anda lebih dulu, bahwa ketika Anda berniat untuk memeliharanya berarti Anda harus siap dengan komitmen yang harus Anda jalankan, baik untuk treatment, pemberian makan, hingga hal-hal lain yang sifatnya bertujuan membuat kucing persia tetap bugar dan fit. Memang butuh perhatian yang lebih, tapi hasilnya akan sebanding jika Anda berani mencoba teknik pemeliharaan kucing persia yang tepat.

Berikut Metode Pemeliharaan Kucing Persia yang Bisa Anda Lakukan.

1.      Jaga kebersihan kandang dan bak pasir

perawatan kucing persiabersihkan kandang secata teratur menggunakan cairan pembersih. Biasanya disinfektan TH4 / K-MAX / Baycin. Aturan pakainya pun cukup mudah, Anda tinggal melarutkannya ke dalam air dan digunakan untuk menyemprot ke seluruh area kandang dan di pel dengan bersih. Tunggu sampai mengering, lalu masukkan kucing.

Pemeliharaan kucing persia dari segi bak pasir juga mutlak Anda jalankan. Kucing akan mengubur kotorannya sendiri. Mereka akan buang air kecil dan besar setiap harinya dengan intensitas yang sama. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menyediakan satu bak pasir untuk satu kucing.

2.      Cek suhu dan kelembapan ruangan

Dua hal ini sangat berdampak bagi kesehatan kucing. Khususnya bagi kucing persia yang mempunyai bulu panjang. Suhu yang dingin akan membantu bulunya untuk tumbuh maksimal, sementara kelembaban yang ideal berguna mematikan bakteri yang terdapat di dalam ruangan. Adapun temperature yang sesuai ialah 20-24 derajat celcius serta kelembabannya 40-50%.

3.      Makanan dan minuman kucing

Sebaiknya ganti tempat makan dan minumnya setiap hari, serta pastikan semua itu dalam kondisi yang bersih. Untuk air minumnya, gunakan yang sudah dimasak atau matang, hal ini dimaksudkan agar kucing persia kesayangan Anda tidak mengalami diare.

Guna menghindari obesitas, pemeliharaan kucing persia dapat diterapkan dengan manajemen pola makan yang bagus, yakni sedikit tapi berulang kali. Selain itu, pakan kering yang sudah lembab juga tidak terlalu diminati oleh kucing. Mereka yang mengandalkan indra penciumannya lebih memilih makanan yang segar, kering, dan berbau harum.

4.      Jaga kebersihan mata, telinga, dan gigi

cara merawat kucing persiaTahukah Anda jika kucing persia sering mengeluarkan air mata berlebih?. jika tidak dibersihkan setiap hari, bulu di sekitar mata bisa kotor, berwarna kecoklatan bahkan menyebabkan iritasi.

Lakukan tindakan ini dengan rutin, khususnya di daerah telinga apakah ada earmite atau tidak. Pemeriksaan ini juga ditujukan untuk mengantisipasi karang gigi.

Kuku kucing yang dibiarkan akan meruncing dan tajam. Pemotongan yang Anda lakukan akan membuat kuku si persia kembali tumbuh dalam dua minggu.

5.      Vaksinasi

Pemeliharaan kucing persia ini bertujuan untuk menghalau virus maupun patogen jahat yang sewaktu-waktu bisa menyasar bagian tubuh kucing kesayangan Anda. Idealnya, kegiatan vaksinasi akan dilakukan ketika kucing sudah berusia dua bulan dengan berat badan yang cukup dan kesehatan yang baik. Vaksin selanjutnya merupakan penguatan dari vaksin pertama.

Sesudah itu, kucing persia harus diberi vaksin setiap tahunnya. Jangan lupa untuk memberikan obat cacing. Terkadang keberadaan cacing sulit dideteksi, kita baru mengetahuinya dari kotoran yang dikeluarkan oleh si kucing. Daripada melakukan pengobatan, bukankah lebih baik jika Anda mencegah hal ini?.

6.      Grooming

Inilah teknik pemeliharaan kucing persia yang selanjutnya. Dengan jadwal seminggu sekali, Anda harus bisa merawat kucing persia tersebut. Mandikanlah dengan sabun khusus serta gunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan si kucing. Banyak merk yang beredar. Segera keringkan bulu kucing dengan shower atau minimal hairdryer.

Baca Juga >> Cara Pelihara Kucing Anggora

Pemeliharaan kucing persia dengan menyisir bulu rambutnya setiap hari juga efektif mengangkat bulu yang mati. Jika hal ini tidak Anda terapkan, bulu tersebut akan membentuk gumpalan yang berisiko tertelan oleh kucing saat ia menjilati bulunya sendiri.

Masih banyak tips yang bisa Anda aplikasikan berkaitan dengan perawatan kucing persia. Beberapa yang dijelaskan di atas hanya sebagian kecil saja.

Tags: #cara merawat kucing persia #Pemeliharaan Kucing Persia #perawatan kucing persia