Apa Saja Makanan Kepik? Inilah Jenis Makanan Kepik

kepik

Makanan Kepik – Kepik merupakan hewan kecil yang masuk dalam famili Coccinellidae dan dikenal sebagai serangga dengan corak tubuh menarik. Kumbang kepik mudah dikenali dengan warna merahnya dan punya bintik hitam pada bagian punggung atau juga bisa berwarna warni.

Kumbang kepik ini sering juga disebut sebagai kumbang koksi yang merupakan nama resminya. Meskpun dikenal dengan nama kepik, kumbang ini tidak masuk dalam kelompok ordo Hemiptera atau bangsa kepik. 

Jenis Makanan Kepik

Setiap spesies kumbang koksi atau kepik ini punya cara makan yang berbeda dan bisa disebut sebagai salah satu hewan Omnivora. Kumbang kepik ada yang mengkonsumsi daun dan ada juga yang mengkonsumsi serangga kecil lain sebagai makanannya.

Seperti yang disebutkan di atas, Kumbang kepik atau kumbang koksi biasa mengkonsumsi beberapa jenis makanan tergantung dari spesiesnya sehingga bisa disebut sebagai hewan omnivora. Ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh kumbang kepik ini, diantaranya seperti dijelaskan lewat ulasan di bawah ini.

1. Kudu Daun

Jenis makanan pertama yang sering dikonsumsi oleh kumbang kepik adalah Kutu daun. Karena mengkonsumsi serangga ini, kumbang kepik kerap dijuluki sebagai sahabat petani dalam mengatur hama kutu daun. Hama tersebut dapat mengganggu tumbuhan produktif yang sedang ditanam oleh petani.

2. Daun

Selain kutu daun yang merupakan hama, kumbang kepik juga mengkonsumsi daun dari tanaman. Meskipun mengkonsumsi daun, kumbang kepik bukan merupakan hama karena tidak mengkonsumsi dalam jumlah besar dan pastinya tidak merusak tanaman.

3. Parasit

Makanan lain yang juga dikonsumsi oleh kumbang kepik adalah parasit yang ada di tumbuhan. Dengan memakan parasit tersebut maka dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tanaman petani.

Berapa Kali Kepik Makan dalam Sehari?

Kumbang kepik akan mengkonsumsi makanan setiap hari yang jumlahnya tidak dapat dihitung secara langsung. Kumbang kepik akan makan secara langsung ketika memang ada hama atau makanan yang bisa dikonsumsi.

Berapa Kali Bayi Kepik Makan dalam sehari?

Kumbang kepik merupakan serangga yang akan mengalami metamorfosis dari bentuk ulatnya. Bayi kumbang kepik merupakan ulat yang akan mengkonsumsi bagian tanaman seperti daun dengan jumlah tidak pasti dalam sehari.

Sebagai makhluk hidup, kumbang kepik tentu akan mengalami gangguan kesehatan dan kematian ketika tidak terpenuhi nutrisi harianya. Tidak ada informasi langsung mengenai penyakit khusus yang dapat muncul ketika kumbang kepik kurang mendapatkan nutrisi setiap harinya.

Fakta Unik Tentang Kepik

Selain makanan yang dikonsumsinya, ada beberapa fakta menarik yang dapat diambil dari kumbang kepik atau koksi. Berikut ini beberapa fakta menarik dan unik dari kumbang kepik yang dapat kamu ketahui lewat beberapa list di bawah ini.

  • Serangga yang dijuluki sebagai sahabat petani karena dapat membantu mengontrol hama terutama kutu daun yang bisa merusak tanaman.
  • Kumbang yang spesiesnya tersebar di seluruh dunia dengan jumlah lebih dari 5000 spesies.
  • Kumbang kepik akan melakukan hibernasi di musim dingin untuk yang hidup pada wilayah 4 musim.
  • Kumbang kepik memiliki cara unik untuk bertahan dari predatornya yakni berpura pura mati dengan membalikkan tubuhnya dan menarik kakinya ke dalam serta mengeluarkan cairan yang berbau busuk dari persendian kakinya.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik dari kumbang kepik serta makanannya yang dapat kamu ketahui melalui ulasan di atas. Fakta menarik mengenai makanan kepik dan beberapa perilaku uniknya tersebut memberikan tambahan informasi seputar dunia hewan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.