5 Cara Budidaya Ikan Lele! Dijamin untung dan Cepat Panen

cara budidaya ikan lele

Cara Budidaya Ikan Lele – Ikan ini salah satu jenis ikan yang hidip di air tawar, ikan lele memiliki beberapa ciri khas, yakni mulai dari kumisnya yang Panjang, tubuh yang licin dan bentuk kepala yang tipis.

Ikan lele juga merupakan ikan yang dapat di konsumsi manusia, bahkan kerap diminati oleh banyak orang karena rasa yang khas gurih dan banyak dijadikan bahan utama makanan, seperti pecel lele, mangut lele , lele bakar, dan sebagainya.

Jika anda sudah berminat sebagai salah satu orang yang sukses budidaya lele, yuk simak pembahasan berikut ini.

Berikut Cara Budidaya Ikan Lele

Jika anda ingin budidaya ikan lele yang bena, pastikan anda mengikuti langkah-langkah cara budidaya ikan lele berikut ini.

  1. Siapkan Kolam Ikan Lele

    Langkah pertama selain menyiapkan modal dalam rencana budidaya ikan lele, selanjutnya siapkan kolam untuk ikan lele, berbeda dengan ikan hias, ikan lele membutuhkan kolam yang cukup besar syarat kolam lele sebagai berikut:
    – Siapkan lahan yang cukup.
    – Kolam lele terbuat dari tanah, terpal ataupun beton.
    – Pastikan terkena sinar matahari tetapi tidak terlalu panas, untuk suhu air bisa sekitar 20 sampai 28 Celcius.
    – Ukuran kolam sesuai dengan banyaknya bibit lele, untuk ukuran 3×3 meter cukup untuk 1000 bibit lele.
    – Kedalaman air 20 cm untuk minggu pertama bibit ikan lele, 40 cm untuk minggu kedua dan seterusnya, sekiranya agar ikan lele tidak dapat lompat keluar.

  2. Siapkan Bibit Ikan Lele

    Bibit ikan lele sangat banyak dijual dan terbilang mudah didapatkan, dalam memilih bibit ikan lele pastikan anda melihat kualitas bibit lele, mulai dari warna dan kelincahannya.

    Jangan memilih dan membeli bibit lele yang terlihat pucat dan lemas karena agar kondisi pertumbuhan ikan lele tetap bagus. Untuk harga bibit ikan lele biasanya tergantung dari ukurannya:
    – Ukuran 12-13 cm: seharga Rp.1000 per ekor
    – Ukuran 3-4 cm: seharga Rp.150 per ekor
    – Dan Ukuran 11-12 cm: seharga Rp.600 per ekor

  3. Lakukan Pembersihan Kolam secara Berkala

    Jika persiapan kolam dan bibit lele sudah selesai selanjutnya jangan lupa untuk melakukan pembersikan kolam secara rutin paling tidak setiap satu minggu sekali agar ikan lele tetap dalam kondisi sehat dan nyaman.

  4. Berikan Pakan Secara Teratur

    Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yakni memberikan makan pada ikan lele, untuk jenis pakan ikan lele bisa dipilih antara lain:
    – Belatung
    – Bekicot/siput
    – Cacing
    – Ampas tahu
    – Pellet ikan lele

    Lakukan pemberian pakan pada ikan lele 3 kali sehari yakni, disarankan pada pukul 7 pagi, 5 sore, dan pukul 10 malam, selain itu lengkapi pakan lele dengan protein, mineral dan vitamin.

    Ikan lele membutuhkan asupan makanan lebih banyak dari pada ikan lainnya karena ia terkenal sangat agresif, lincah dan aktif sehingga membutuhkan banyak tenaga.

  5. Panen Ikan Lele

    Jika anda sudah melakukan tahap tahap perawatan lele, saatnya anda melakukan panen ikan lele, untuk siap di panen, ikan lele biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sejak diletakkannya bibit ikan ke kolam.

    Ikan lele yang siap panen biasanya berukuran dalam satu kilo berisi 9-12 ekor, namun tergantung pasaran penjualan ada juga yang menginginkan ikan lele lebih besar dan lebih kecil.

    Selanjutnya sebelum anda menjual ikan lele, pastikan anda memberinya waktu berpuasa sehari, ini bertujuan untuk membersihkan perut ikan lele.

    Ketika melakukan panen pastikan anda memisahkan dan mengkategorikan ikan lele sesuai ukurannya.

Karakteristik Ikan Lele

Ikan lele memiliki patil yang digunakan utuk melindungi diri dari predator, ia juga termasuk salah satu ikan yang tidak memiliki sisik pada tubuhnya tetapi banyak mengeluarkan lender.

Ikan lele memiliki kumis untuk mengetahui lokasi dan makanan, ia memiliki tulang yang keras, memiliki jantung beruang empat, bernapas menggunakan insan dan memiliki gurat untuk bertahan hidup di air berlumpur, namun habitat asli ikan lele adalah air tawar.

Ikan lele kini diminati banyak orang karena dapat di konsumsi dan dagingnya enak serta gurih, nama lain dari ikan lele adalah keli tetapi terdapat juga nama lain sesuai daaerah dimana lele itu ada.

Daftar Makanan Ikan Lele dan Harga

Berikut adalah daftar makanan ikan lele:

  • Makanan instan lele (Rp. 18.000 / 1kg)
  • Ikan rucah (Rp. 20.000 / 20.000)
  • Balatung (Rp. 13.000 / 50pcs)
  • Bekicot
  • Limbah unggas

Harga di atas hanya estimasi versi kami.

Persiapkan Kolam Ikan Lele

Siapkan kolam untuk ikan lele dengan memastikan anda memiliki lahan yang cukup, buat kandang lele dengan berbahan dasar tanah, terpal atau beton, ukuran 3×3 meter untuk 1000 bibit ikan lele.

Pastikan ikan lele anda merasa nyaman berada di kolam tinggalnya karena jika tidak maka ikan lele tidak dapat bertumbuh dengan baik.

Estimasi biaya pembuatan kolam ikan lele

Berikut adalah estimasi harga kolam terpal versi kami:

No.AlatHarga
1.Terpal kolam ikan (200x400x100)Rp. 240.000
2.Kayu reng (1x3x400 cm)Rp. 10.000 x 4 (Rp. 40.000)
 TotalRp. 280.000

Lakukan 5 tips diatas untuk mendapatkan hasil budidaya ikan lele yang memiliki nilai jual dan menghindari kerugian! Semoga bermanfaat.