Cara Jitu Budidaya Ikan Nila! Agar Cepat Panen Dijamin Tanpa Ribet

cara budidaya ikan nila

Ikan Nila salah satu binatang jenis ikan yang hidup di air tawar, dan termasuk salah satu hewan yang diminati banyak orang untuk dibudidayakan, baik dari kalangan remaja atau yang sudah berusia.

Terkadang faktor dari banyak orang yang memutuskan melakukan budidaya ikan nila hanya karena hobi dan mengisi waktu luang.

Namun jika tidak dilakukan pemeliharaan dengan baik dan benar maka untung bisa jadi buntung, tetapi saat ini anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberitahu cara merawat dan budidaya ikan nila dengan mudah dan dapat dilakukan siapa saja.

Berikut ini adalah cara budidaya ikan nila yang baik dan benar.

Cara Budidaya Ikan Nila dengan Baik dan Benar! Cukup Mudah

Bagi kalian yang menginginkan hasli yang maksimal maka lakukan cara budidaya ikan nila dengan benar berikut ini:

1. Siapkan Kolam Budidaya Ikan Nila

Cara pertama yakni anda harus mempersiapkan kolam untuk ikan nila, ada banyak jenis kolam yang dapat digunakan untuk budidaya ikan nila.

Namun yang paling murah,dan mudah dibuat yakni kolam yang berbahan dasar tanah, selain itu kolam berbahan dasar terpal dan beton juga disarankan.

Karena termasuk mudah didapatkan, namun sedikit lebih mahal dibandingkan kolam yang terbuat dari tanah. Syarat pembuatan kolam ikan nila adalah:

  • Pastikan air yang digunakan adlah air tawar
  • Kedalaman kolam 60-70 cm
  • Suhu air 25-30 celcius
  • Kadar garam sekitar 35 ml
  • pH 5-7
  • gunakan pupuk organik atau dapat dikombinasi dengan pupuk TSP

Baca Juga :

Rekomendaasi Cara Ternak Kambing

2. Pilih Benih Ikan Nila

Setelah mempersiapkan kolam untuk ikan nila, selanjutnya anda dapat mencari atau membeli benih ikan nila yang akan anda budidayakan karena jika kita menggunakan benih ikan nila yang bagus maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan pula Ketika dipanen.

Pilihlah benih ikan nila yang jantan, karena menurut penelitian ikan nila jantan lebih cepat proses perkembiakannya dan hasilnya lebih baik dibandingkan ikan nila berjenis kelamin betina.

Dalam penempatan ikan nila sebaiknya lakukan pemisahakan antara ikan nila jantan dan betina, karena ikan nila termasuk ikan yang memiliki sifat memijah atau perkawinan yang membuat sulit ikan nila untuk menambah berat badan dikarenakan kehabisan energi.

3. Pemberian Makanan pada Ikan Nila

Jika sudah melakukan 2 proses diatas, selanjutnya hal yang sangat penting yakni memberi makan kepada ikan nila dengan benar, untuk pakan ikan nila bisa memilih dari salah satu di bawah ini:

  • Tepung ikan
  • Tepung jagung
  • Tepung terigu
  • Dedek halus
  • Pellet ikan, dan lain-lain

Waktu yang cocok untuk memberi makanan pada ikan nila, yakni Ketika pagi atau sore hari, dan dilakukan dalam setiap hari.

Baca Juga :

Cara Budidaya Ikan Lele yang Benar

4. Panen Ikan Nila

Saatnya melakukan panen ikan nila yang telah anda rawat, ikan nila membutuhkan waktu 4-6 bulan untuk dapat dipanen.

Karena pada usia tersebut ikan nila mempunyai berat yang ideal dan siap panen. Budidaya ikan nila bisa dibilang lebih cepat dibandigkan beberapa jenis ikan tawar ternak yang lainnya.

Budidaya Ikan Nila dapat dilakukan oleh siapa saja karena terbilang cukup mudah, hanya dengan 4 trik diatas anda akan mendapatkan ikan nila yang memiliki nilai jual cukup lumayan.

Modal yang dibutuhkan dalam pembudidayaan ikan nila juga terbilang cukup murah, dan Ketika panen mendapat untung yang lebih dari modal.

Pastikan anda mengikuti tips diatas Ketika membudidayakan ikan nila! Semoga bermanfaat. Kami rekomendasikan kepada kalian membaca tentang artikel kucing.