6 Cara Budidaya Marmut untuk Pemula

cara budidaya marmut

Cara Budidaya Marmut – Marmut adalah salah satu hewan yang cerdas dan pendiam, di Indonesia ia juga dikenal tikus belanda atau Guinea Pig. Maka ia termasuk hewan yang aman dan ramah untuk dipelihara di rumah.

Untuk budidaya marmut bisa dikatakan mudah jika kita dapat memahami dan mengetahui cara bagaimana membudidayakannya dengan benar, namun tidak banyak yang tahu, simak berikut adalah cara budidaya marmut agar tetap sehat dan lincah.

Cara Budidaya Marmut Agar Tetap Sehat dan Lincah

Marmut adalah hewan yang dapat di jinakkan bahkan ia akan lebih manja kepada and ajika ia merasa nyaman, ia akan naik ketubuh anda dan bermain. Jika anda berminat membudidayakan marmut lakukanlah beberapa tips dibawah ini:

  1. Siapkan Kandang Marmut

    Langkah pertama yang harus disiapkan ketika budidaya marmut yakni, anda harus memiliki kandang untuknya, sesuai dengan ketentuan dan tips sebelumnya mengenai kandang marmut.

  2. Siapkan bibit marmut

    Cari dan pilihlah bibit marmut yang berusia muda, lincah dan keadaan sehat atau tidak sedang sakit, jika memilih usia dini dan anda merawatnya dengan benar maka budidaya marmut akan berhasil.

  3. Berikan makan Marmut

    Jika sudah menemukan bibit marmut dan mempersiapkan kandang untuk marmut, selanjutnya dalam budidaya marmut jangan lupa untuk memberi makan marmut karena ini faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan.

    Selain itu tata cara dan Teknik pemberian makan kepada marmut juga harus benar, karena marmut salah satu hewan yang jika makan selalu berantakan maka anda harus bersabar dalam merawatnya.

  4. Sediakan Air

    Sediakan air pada kandang marmut, untuk marmut minum, jika sudah disediakan maka ia akan meminumnya jika merasa haus dan butuh cairan.

  5. Berikan Nutrisi untuk Marmut

    Agar lebih aktif, lincah dan tetap sehat, pastikan memberi nutrisi pada marmut, anda dapat membelinya di kios pakan hewan, berupa suplemen atau vitamin, dengan kisaran harga Rp. 12.000.

  6. Berikan Marmut Tempat Persembunyian

    Karena di alam liar marmut merupakan hewan buruan yang kerap bersembunyi di terowongan atau goa Ketika merasa terancam, maka anda perlu memberikan tempat sembunyi agar ia nyaman.

Karakteristik Marmut

Berikut beberapa karakteristik marmut yang harus anda ketahui sebelum budidaya marmut!

Meski pendiam, marmut lebih dominan berkelompok karena ia gemar bermain dengan sesame jenis yang membuatnya nyaman. Ia tidak suka memanjat dan menggigit.

Berbeda dengan binatang yang lain, marmut tidak dapat melompat dan ia lebih cenderung suka berlari. Marmut memiliki berat 450 – 500 gram, dan berusia 4 – 10 tahun.

Persiapan Kandang Marmut

Kandang marmut dapat dibeli di toko hewan bahkan anda juga dapat membelinya secara online pada beberapa e-commerce. Selain itu anda juga dapat membuatnya sendiri dengan berbahan jeruji plastik atau besi.

Ukuran kandang marmut tunggal berkisar 2,3 meter persegi, dan berukuran 3,2 meter persegi untuk sepasang marmut. Letakkan serbuk kayu atau kertas di dalam kandang untuk menyerap kotoran marmut.

Estimasi Biaya Kandang Marmut

Berikut adalah estimasi harga kandang marmut menurut versi kami.

No.AlatHarga
1.Kandang MarmutRp. 160.000
2.Serbuk kayuRp. 6.000
3.Mainan goa marmutRp. 125.000
 TotalRp. 291.000

Daftar Pakan Marmut beserta Harga

Berikut adalah daftar makanan marmut beserta harganya.

  • Wortel (Rp. 17.000 / kg)
  • Brokoli (Rp. 14.000 / kg)
  • Buah-buahan (apel, strawberry, kiwi) Rp. 20.000
  • Paprika merah/hijau (Rp. 33.000 / 500 gram).
  • Makanan instan marmut (Rp. 75.000 / kg)

Harga diatas hanya estimasi.

Jika anda telah melakukan semua tips budidaya marmut diatas maka peluang keberhasilan usaha anda cukup terjamin, lakukan dengan sabar, teliti dan tekun. Semoga bermanfaat!