7 Cara Memelihara Burung Hantu dengan Baik dan Benar

cara memelihara burung hantu

Cara Memelihara Burung Hantu – Sebelum sobat hewan mengetahui cara memelihara Burung Hantu dengan benar mari kita kenali terlebih dahulu Burung Hantu.

Burung Hantu merupakan salah satu jenis spesies Burung yang juga merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung Hantu termasuk golongan burung buas dan biasa dikenali dengan burung malam.

Disebut Burung Hantu karena sebagai salah satu burung jenis pemangsa dan juga pengintai karena memiliki mata yang tajam dan cerdik.

Burung Hantu memiliki perilaku yang diam dan tidak mengeluarkan bunyi bahkan saat sedang terbang, maka burung hantu sangat cocok untuk disebut dengan raja burung.

Burung hantu saat ini merupakan burung yang Langkah, karena ia tidak memiliki usia yang cukup Panjang. Jika tidak melakukan perawatan dengan baik dan benar maka usia Burung Hantu akan lebih pendek dari umumnya yang hanya bisa hidup maksimal 10 tahun saja.

Maka dari itu, setiap pemilik atau pemelihara burung hantu wajib mengetahui bagaimana cara memelihara burung hantu dengan baik dan benar.

Pelihara Hewan telah merangkum bagaimana cara memelihara burung hantu bagi pemula berikut ini.

Begini Cara Memelihara Burung Hantu

Jika ingin hasil yang baik agar burung hantu Anda sehat maka lakukan langkah cara memelihara burung hantu yang benar dan teliti berikut ini:

  1. Pilih Jenis Burung Hantu yang Masih Kecil

    Tips yang pertama ini membantu pemilik agar lebih mudah melatih dan menjinakkan Burung Hantu.

    Selain itu untuk meminimalisir pengeluaran karena tidak perlu memberikan makanan burung hantu yang sudah dewasa, sejenis daging-dagingan.

  2. Menyediakan Perching di Kandang Burung Hantu

    cara yang kedua ini memiliki manfaat agar burung dapat memiliki tempat singgah Ketika sudah bosan melakukan hal lain.

    Perching adalah sebutan untuk tempat burung singgah/beristirahat dengan berdiri diatas Perching tersebut atau bisa disebut dengan menclok.

  3. Pastikan Kandang Burung Hantu Luas dan Tinggi

    Tips selanjutnya ini dianjurkan agar Burung Hantu tidak merasa stress, lalu jika sudah beranjak dewasa dan terlatih, burung gantu dapat diletakkan diluar kendang dan hanya perlu menyediakan Perching.

  4. Hindari Posisi Tepat di Bawah Sinar Matahari

    Dalam memelihara burung hantu sangan sampai menjemur burung hantu di Bawah sinar matahari karena burung ini tidak memerlukan vitamin D, dan merupakan hewan yang aktif di malam hari.

    Maka ia menggunakan waktu siang hari untuk tidur dan beristirahat. Kemudian hindari memandikan burung hantu di siang hari.

  5. Pelihara dengan Tenang dan Penuh Kasih Sayang

    Selayaknya manusia, binatang juga memiliki perasaan. Mereka akan mudah meninggal dan stress jika pemilik tidak memperlakukan dengan baik.

    Pemilik ketika memelihara burung hantu juga dianjurkan untuk tenang dan tidak banyak pikiran, karena juga memiliki perasaan binatang bisa merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan pemiliknya.

    Burung hantu juga merupakan salah satu hewan yang memiliki perasaan cukup sensitif dan peka dengan keadaan sekitar, karena memiliki indra yang cukup tajam.

    Maka peliharalah burung hantu dengan perasaan yang tenang dan jangan banyak pikiran.

  6. Ajaklah untuk Berkomunikasi

    Setelah melakukan beberapa tips diatas jangan lupa untuk mengajaknya berkomunikasi, karena komunikasi adalah kunci cara memelihara burung hantu yang sangat penting.

    Walaupun tidak dapat membalas komunikasi kita, tetapi menurut penelitian, hewan sangat suka jika kita mengajaknya berbicara.

    Seperti halnya manusia, hewan menganggap Tindakan komunikasi sebagai salah satu niatan baik untuk berteman.

    Tips kali ini menjamin agar burung hantu lebih Bahagia, aktif dan lebih manja dengan pemiliknya. Jangan ragu untuk mencoba ya !

  7. Beri Makan dengan Teratur

    Burung hantu merupakan salah satu hewan jenis karnivora atau pemakan daging. Tetapi demi menjaga kemurnian dan Kesehatan burung sebaiknya hindari memberi makan dalam bentuk daging yang sudah diolah atau kemasan.

    Berikut beberapa jenis makanan dalam memelihara Burung Hantu:

    – Tikus
    – Ikan
    – katak
    – Burung emprit, dll.

    Tips memberi makan burung hantu lakukan dalam 2 kali sehari dan seimbang disertakan jumlah air yang setara dari porsi makan.

Tips Memandikan Burung Hantu

Tips memandikan burung hantu sebagai berikut:

– Sediakan baskom besar (cukup untuk burung hantu).
– Isi baskom dengan air bersih sebanyak separuh dari wadah.
– Biarkan burung hantu memandikan dirinya sendiri.
– Tunggu beberapa menit, jika dirasa cukup maka burung akan keluar dari baskom.

Karakteristik Burung Hantu

Burung hantu mimiliki mata besar dan telinga khas yang naik ke atas, burung hantu juga dapat memutar lehernya hingga 30 derajat, ia lebih aktif di malam hari, dan sering bertengger di pohon.

Ia dapat terbang tanpa suara, sehingga hewan pengerat dan hewan kecil lainnya biasa menjadi sasaran makanan untuk burung hantu, tampilan burung hantu sangat seram dan menakutkan juga menjadi salah satu ciri khas burung hantu.

Daftar Makanan Burung hantu dan harga

  • Katakn (Rp. 60.000 / 1kg)
  • Kepiting kecil (Rp. 63.000 / 1kg)
  • Kadal
  • Tikus
  • Burung kecil
  • Kelalawar

Harga di atas hanyalah estimasi menurut versi kami.

Persiapan Kandang Burung Hantu

Siapkan kandang berbahan dasar kayu untuk burung hantu, dikarenakan ia termasuk burung yang sangat tahan untuk bertengger jadi pastikan anda menyiapkan perching pada kandang burung hantu.

Jangan jemur burung hantu dengan sinar matahari, pastikan kandang burung hantu anda aman dari sinar matahari, siapkan kandang yang berukuran besar untuk tetap menjaga pertumbuhan burung hantu.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyesuaikan kendang:

– Panjang 4 meter
– Lebar kurang lebih 10 meter
– Sediakan tempat burung hantu bertengger seperti dahan pohon atau ranting.

Estimasi harga pembuatan Kandang Burung Hantu

Simak estimasi harga pembuatan kandang burung hantu berikut ini.

No.AlatHarga
1.Kayu reng (1x3x400 cm)Rp. 10.000 x 10 (Rp. 100.000)
2.Kayu triplek 3 mm-18mmRp. 52.000
3.Paku 1 kgRp. 21.000
4.asbes atap (150x102x0.4)Rp. 43.000
5.Kayu tenggerRp. 7.000
 TotalRp. 223.000