6 Cara Memelihara Burung Perkutut Agar Sehat, dan Gacor

cara memelihara burung perkutut

Cara Memelihara Burung Perkutut – Burung Perkutut termasuk kategori salah satu jenis burung yang harus mendapatkan perhatian ekstra, agar dapat menciptakan suara yang prima. Burung perkutut juga merupakan burung asli Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah seperti Pulau Jawa dan sekitarnya.

Meskipun suara yang dihasilkan terdengar monoton dan membosankan, namun masih banyak orang yang bersemangat memelihara burung ini karena juga menjadi symbol ketenangan hidup bagi pemilik.

Mari kita simak berikut ini adalah cara memelihara burung perkutut agar sehat, dan gacor.

Berikut Cara Memelihara Burung Perkutut Agar Sehat, dan Gacor

Jika kalian ingin burung perkutut tetap sehat, dan gacor maka lakukanlah langkah cara memelihara burung perkutut dari kami berikut ini:

  1. Bersihkan Kandang Burung Perkutut Secara Rutin

    Mengapa ini perlu dilakukan? Karena kendang yang kotor bisa menjadi lahan subur untuk pertumbuhan sang jamur dan juga bakteri, yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit dan juga mempengaruhi intensitas kicauan burung perkutut.

    Alangkah lebih baiknya jika pembersihan kendang dilakukan secara teratur, setiap 3 hari sekali, karena salah satu kunci membuat burung perkutut tetap sehat dan gacor adalah menjaga kenyamanan lingkungan.

  2. Menjaga Kesehatan Burung Perkutut

    Cara mengetahui ciri burung perkutut dalam kondisi kurang sehat, dapat dilihat dari kebiasaannya, jika kondisi burung perkutut sedang kurang sehat maka biasanya ia enggan berkicau, pucat dan terlihat malas.

  3. Memberikan Makanan yang Tepat

    Dalam memelihara burung perkutut jangan menganggap remeh dalam memilih makanan untuk burung perkutut ini! Kesehatan burung perkutut lebih terjamin jika pemilihan makanan tepat.

    Karena masih banyak pemilik burung perkutut tidak memperhatikan hal ini, maka saatnya kini melakukan perubahan agar lebih memperhatikan dalam pemilihan makanan.
    Rekomendasi makanan yang tepat untuk burung perkutut:

    – Jagung
    – Beras merah
    – Kroto
    – Jangkrik
    – Dan ulat.

    Juga alangkah baiknya jika dilengkapi dengan pemberian vitamin pada burung perkutut, agar lebih semangat gacor.

  4. Mandikan Burung Perkutut dengan Air Anti Bakteri

    Karena Burung Perkutut termasuk burung yang bisa peka terhadap kondisi fisiknya maka sering dibilang salah satu burung yang unik, jika sudah dianggap tubuhnya terasa tidak segar dan sehat, biasanya burung perkutut akan lesu dan menyebabkan males berkicau.

    Memandikan atau menyemprot burung perkutut dengan anti bakteri yang dapat membantu mengangkat semua kotoran yang ada pada tubuh burung perkutut. Agar lebih sehat, dan kemungkinan siap untuk berkicau dengan keras.

  5. Rajin Untuk Menjemur Burung Perkutut

    Setelah memandikan atau menyemprot burung perkutut jangan lupa untuk menjemur burung perkutut di bawah sinar matahari. Dengan pemilihan waktu yang tepat yakni mulai pukul 07.00 hingga 10.00 pagi.

    Tujuan dari penjemuran diatas yakni untuk menghangatkan tubuh, dan sinar matahari pagi juga mengandung vitamin yang banyak dan baik untuk pertumbuhan dan Kesehatan burung perkutut.

  6. Ajak Latihan Berkicau

    Pada fase ini, jika sudah melakukan perawatan diatas, kini saatnya anda melakukan pelatihan burung perkutut untuk berkicau. Hal ini juga penting dalam memelihara burung perkutut yang harus dilakukan dan dilatih biar kicauannya nyaring, Panjang, dan keras.

    Jika anda bingung bagaimana caranya, anda dapat memutar rekaman suara burung perkutut dari alat elektronik anda, hal ini digunakan untuk memancing agar burung perkutut peliharaan anda mengikuti kicauan tersebut.

    Terakhir, berilah minum air kencur untuk dapat membuang lender yang ada pada tenggorokannya, pada saat itu burung perkutut siap memberikan suara yang nyaring, gacor dan dalam kondisi sehat.

Karakteristik burung perkutut

Burung perkutut memiliki kepala yang berukuran cukup besar, tubuh yang kekar dan besar, memiliki parug yang Panjang, leher burung yang berwarna abu-abu.

Punggung burung perkutut terlihat menonjol, ia juga memiliki dada yang membusung dan fisik yang proporsional, sehingga dapat disimpulkan ia adalah burung yang gagah.

Daftar makanan burung perkutut beserta harga

  • Kacang hijau (Rp. 25.000 / 500gr)
  • Ketan hitam (Rp. 25.000 / 1kg)
  • Beras merah (Rp. 24.000 / 1kg)
  • Jewawut (Rp. 30.000 / 1kg )
  • Enceng- enceng

Harga di atas hanyalah estimasi menurut versi kami

Persiapan kandang burung perkutut

Kandang untuk burung perkutut biasanya terbuat dari kayu atau kawat keruji, dengan ukuran ideal kandang yakni tinggi 45-170 cm, Panjang 100-170 cm, dan lebar 50-60 cm.

Berikan alas pada kandang dengan pasir atau tanah agar suhu pada kandang tetap stabil, dan atap kandang terbuat dari asbes atau genting untuk membantu menjaga kestabilan suhu kandang.

Estimasi Harga Kandang Burung Perkutut

Berikut adalah harga pembuatan kandang menurut versi kami.

No.AlatHarga
1.Kayu reng (1x3x400 cm)Rp. 10.000 x 8 (Rp. 80.000)
2.Kawat kasa 5 meterRp. 55.000
3.Paku 1 kgRp. 21.000
4.asbes atap (150x102x0.4)Rp. 43.000
5.Kayu tenggerRp. 7.000
 TotalRp. 206.000

Caranya merawatnya mudah dan sudah kenal dengan burung ini? Yuk ikuti langkah cara merawat maupun memelihara PeliharaHewan.com lainnya