5 Cara Memelihara Iguana bagi Pemula yang Baik dan Benar

cara memelihara iguana

Cara Memelihara Iguana – Iguana ini merupakan jenis hewan reptil yang berasal dari benua Amerika, sering dijumpai di Alam liar, namun saat ini banyak juga yang berminat untuk mempelihara dan merawatnya loh!

Seperti binatang pada umumnya, cara memelihara iguana tidak terbilang sulit dan bahkan bisa dibilang mudah banget. Ini yang menyebabkan banyak orang yang mulai tertarik untuk memilikinya.

Sebelum mengetahui cara memelihara iguana, yuk kenali dulu iguana!

Hewan ini mempunya ciri khas dapat berubah warna tubuh sesuai dengan bentuk respons alami visual, seperti ketika berada di rumput maka ia berubah warna menjadi hijau, jika menempel pada kayu, ia berubah warna menjadi coklat.

Selanjutnya kerutan kulit yang terdapat pada bawah rahang dan kaki juga menjadi salah satu ciri khas yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin iguana.

Iguana dewasa memiliki Panjang 1,8 meter, bahkan bisa sampai 2 meter, dan Ketika masih bayi berukuran 25-30 cm, kemudian untuk usia iguana dapat mencapai 15-20 tahun.

Sesudah mengenalkan tentang hewan ini, yuk lanjut simak cara memelihara iguana. Simak cara memelihara iguana yang baik dan benar berikut ini.

Cara Memelihara Iguana untuk Pemula

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam memelihara iguana untuk pemula, antara lain:

  1. Siapkan Kandang Iguana

    Hal pertama dalam memelihara iguana yang harus disiapkan yakni memiliki kandang iguana yang bisa dibuat menyerupai habitat awalnya yakni di alam.

    Sediakan kandang berukuran cukup luas dan terkena sinar matahari, karena sinar UV sangat bagus untuk menjaga pertumbuhan tulang dan kulit iguana.

  2. Sediakan Air Bersih di Kandang Iguana

    Hal ini sangat diperlukan, karena menyediakan air dalam kandang untuk minum iguana, selain makan ia juga memerlukan minum.

    Untuk sebaiknya anda menggunakan air matang kepada iguana, karena air yang diminum iguana bisa mempengaruhi pertumbuhan iguana.

    Jangan lupa untuk rajin mengganti air dalam kandang karena iguana biasa menyelamkan kepalanya pada air yang membuat air terihat keruh, jika sudah terlihat keruh sebaiknya segera ganti air tersebut.

  3. Berilah Makanan Iguana Secara Teratur

    Makanan juga hal penting dalam memelihara iguana. Jika anda ingin iguana nyaman dan jinak dipelihara.

    Pastikan anda memberi makan iguana secara benar dan teratur  waktu yang tepat untuk memberi makan iguana yakni tiga kali dalam satu hari, pada pagi, siang dan sore hari dengan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh iguana.

    Makanan yang dapat diberikan yakni:
    – Biji-bijian
    – Sayur-sayuran
    – Buah-buahan

    Agar tidak merasa bosan dan iguana bisa nyaman, usahakan tidak memberi makan yang sama pada setiap kali memberi makan, misalnya pagi dapat diberi buah piang, siang sayuran, sore kacang hijau.

    Adapula makanan yang dilarang untuk dikonsumsi iguana yakni:
    – Cacing
    – Susu
    – Telur

  4. Bersihkan Kandang Iguana Secara Rutin

    Setelah melakukan beberapa hal diatas, yang tidak kalah pentingnya dalam memelihara iguana yakni membersihkan kandang iguana secara rutin untuk menjaga kenyamanan iguana berada di kandang.

    Dan juga digunakan untuk menghindari penyakit pada iguana. Karena iguna termasuk hewan yang mudah diserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

    Selain memperhatikan kebersihan kandang, pastikan juga kandang berada pada suhu yang sesuai karena iguana suka di tempat yang hangat dan lembab, suhu yang sesuai yakni 26 – 29 celcius.

  5. Perhatikan Kondisi Kesehatan Iguana

    Tidak menutup kemungkinan dalam memelihara iguana pada dasarnya hewan ini juga bisa sakit, yang disebabkan oleh kuman maupun bakteri.

    Jika iguana sakit dapat dilihat dari tingkah lakunya yang berbeda dari biasanya, karena sering bergerak iguana juga biasa memiliki luka pada tubuh, jika hal tersebut terjadi segera bawa ke dokter spesialis untuk mendapat penanganan khusus.

Karakteristik Iguana

Iguana terkenal dengan jambul yang terletak pada bagian atas tubuh, ia juga memiliki organ tubuh yang mirip dengan mata dan terletak di bagian atas kepalanya.

Hewan ini memiliki Panjang tubuh berkisar 1.5 sampai 1.8 meter, ia juga memiliki jambul di bawah rahang. Iguana memiliki deretan sisik yang berada dibagian atas tubuh.

Dan juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari warna hijau terang, hijau kekuningan, hijau lumut, hijau kecoklatan, coklat caramel dan ke abu – abuan.

Cara membedakan jenis kelamin iguana yakni dapat dilihat bahwa tubuh iguana jantan lebih besar ukurannya dari pada betina, bagian rahang jantan lebih besar dari pada betina, dan ukuran kepala juga demikian.

Daftar Makanan Iguana beserta harga

Berikut adalah daftar makanan iguana harga:

  • Buah melon (Rp. 25.000 / 1kg)
  • Buah semangka (Rp. 20.000 / 1kg)
  • Buah Mangga (Rp. 34.000 / 1kg)
  • Buah Pepaya (Rp. 15.000 / 1kg)
  • Wortel (Rp. 10.000 / 1kg)
  • Kacang hijau (Rp. 25.000 / 500gr)
  • Ubi jalar (Rp. 15.000 / 1kg)
  • Jagung (Rp. 3.500 / 100gr)

Daftar Harga Di atas hanya estimasi versi kami.

Jika anda juga tertarik memelihara iguana di rumah, pastikan anda mengikuti cara diatas agar iguana tumbuh dengan baik dan dapat dinikmati keindahannya. Semoga bermanfaat!