6 Cara Memelihara Ikan Cupang agar Tumbuh Maksimal Bagi Pemula

cara merawat ikan cupang

Cara Memelihara Ikan Cupang – Pasti kalian sudah tidak asing lagi, dengan ikan viral yang satu ini, terkenal dengan ikan yang bercorak indah, warna yang cantik dan tubuh yang mungil.

Hingga saat ini Ikan cupang masih digemari banyak kalangan, terutama anak-anak dan remaja.

Tetapi apakah semua orang paham bagaimana cara memelihara ikan cupang agar tumbuh sehat dan maksimal? Sebelum kami berikan tips memeliharanya, mari Bersama kenali lebih dalam ikan cupang!

Ikan cupang memiliki nama latih Betta Fish, berasal dari daerah yang memiliki iklim Tropis. Ikan cupang banyak ditemukan di Daerah Perairan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Dan Ikan cupang lebih sering hidup secara berkelompok.

Di Indonesia ikan cupang pertama kali ditemukan di perairan Kalimantan, Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Irian.

Tetapi sebenarnya ikan cupang pertamakali ditemukan di perairan Thailand, Malaysia, atau Asia Tenggara.

Binatang berjenis ikan, umumnya bernapas menggunakan insan, tetapi tahukah anda bahwa ikan cupang memiliki alat pernapasan tambahan? Alat pernapasan tambahan dari ikan cupang disebut Labirin. Labirin berfungsi untuk mengambil dan menyimpan oksigen lebih banyak,

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut langkah-langkah cara memelihara ikan cupang dengan benar bagi pemula

Cara Memelihara Ikan Cupang Agar Tetap Indah

Yuk simak langkah-langkah cara memelihara ikan cupang agar tetap indah berikut ini.

  1. Pilih Rumah yang Sesuai untuk Ikan Cupang

    cara merawat ikan cupang
    Cara pertama yang harus dilakukan memelihara ikan cupang yakni memilih rumah yang sesuai untuk ikan cupang agar ikan cupang merasa nyaman. Ikan cupang merupakan jenis ikan yang memiliki sifat sangat agresif terutama pada sesame jenisnya.

    Maka sangat disarankan jangan sampai meletakkan ikan cupang lain dalam wadah yang sama. Jika dikenali agresif maka perlu anda ketahui bahwa habitat ikan cupang aslinya antara lain berada di:

    – Sawah.
    – Rawa-Rawa.
    – Dan perairan yang dangkal tetapi luas.

    Jika anda memiliki akuarium sebagai tempat untuk ikan cupang maka alangkah baiknya menggunakan akuarium yang berukuran 19 liter atau lebih, karena besarnya akuarium mempengaruhi pertumbuhan ikan.

  2. Perhatikan Air dan Suhu Tempat Tinggal Ikan Cupang

    Selanjutnya dari memelihara ikan cupang setelah memberikan tempat tinggal yang sesuai, jangan lupa untuk memperhatikan air pada tempat tinggal ikan, jenis air yang dapat digunakan yakni air sumur atau air tawar.

    Kemudian perhatikan juga Volume air , untuk takaran volume air yang ideal bagi ikan cupang adalah 40-60% dari akuarium. Karena untuk menghindari ikan cupang melompat keluar, dari penelitian dapat diperoleh informasi bahwa ikan cupang dapat melompat sampai 7,5 cm.

    Selanjutnya untuk suhu yang sesuai dengan ikan cupang yakni sekitar 24-270 Celcius. Agar ikan cupang dapat merasakan tinggal di habitat aslinya.

  3. Bersihkan Akuarium secara Berkala

    Seminggu sekali adalah waktu yang ideal untuk membersihkan akuarium, karena jika terlalu sering ditakutkan mengakibatkan ikan cupang stress.

    Hal ini disebabkan oleh sifat ikan cupang yang sangat rentan dengan lingkungan baru, dalam artian ikan cupang tidak mudah untuk beradaptasi kembali dengan lingkungan baru. Jadi, jika ingin memelihara ikan cupang juga harus membutuhkan kesabaran dan ketelitian.

  4. Berikan Pakan Ikan Cupang secara Rutin

    Selayaknya binatang, memelihara ikan cupang juga memerlukan asupan pangan setiap hari, ikan cupang termasuk ikan pencari makan di waktu pagi atau siang hari.

    Alangkah baiknya jika anda menentukan waktu makan secara rutin untuk ikan cupang anda. Misalnya setiap pagi hari dan sore hari. Berikut rekomendasi makanan untuk ikan Cupang:

    – Cacing Darah beku yang sudah dikeringkan
    – Jentik Nyamuk
    – Pelet
    – Kuning Telur, dan lain-lain.

    Hal yang harus diperhatikan dalam memberi makan ikan cupang yakni jangan berlebihan dalam memberi makan karena tidak bagus untuk Kesehatan ikan.

  5. Jemur Ikan Cupang secara Rutin

    Setelah memberi makan secara teratur lakukan penjemuran ikan cupang rutin dalam kurun waktu 15 sampai 30 menit, hal ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam akuarium.

    Cara memelihara ikan cupang ini juga dapat membuat pertumbuhan ikan semakin sehat. Berhentilah menjemur jika ikan terlihat gelisah, dan Kembali letakkan pada posisi suhu normal.

  6. Jangan Membuat Ikan Cupang Stres

    Ini merupakan tips yang sangat penting karena ikan cupang rentan stres, disebabkan oleh goncangan, suhu, dan kondisi akuarium.

    Maka pemilik ikan cupang harus benar-benar memperhatikan, merawat atau memelihara ikan cupang dan lakukan tips-tips diatas.

Karakteristik Ikan Cupang

Ikan cupang termasuk salah satu binatang yang sangat digemari karena keindahannya, ia memiliki tubuh pipih dan meruncing pada bagian mulut, ukuran yang dimiliki ikan cupang berkisar 5 sampai 8 cm.

Ikan cupang memiliki dua sirip pada bagian kanan dan kiri dekat dengan belakang insang, sirip yang termasuk berukuran kecil dan dapat bergerak, ada juga ikan cupang yang siripnya terletak pada bagian punggung dan mengarah ke ekor.

Ikan cupang memiliki ekor yang unik dan dapat mengambang lebih besar Ketika ia sedang merasa terdesak dan tertekan, ia juga memiliki kepala berbentuk segitiga dan posisi vertical, ikan cupang juga mempunyai gigi hakus di rongga mulut.

Selain beberapa karakteristik diatas, ikan cupang juga memiliki warna yang sangat indah yang membuatnya di gemari banyak orang, bahkan ikan cupang dapat memiliki lebiih dari satu warna pada tubuhnya.

Daftar Makanan Ikan cupang beserta harga

Berikut adalah daftar makanan ikan cupang:

  • Makanan instan ikan ( Rp. 10.000 / 500gr)
  • Cacing darah ( Rp. 8.000 / 100gr)
  • Cacing sutra (Rp. 25.000 / 1 Liter)
  • Jentik nyamuk (Rp. 66.000 / 1kg)
  • Kuning telur (Rp. 2.000 / 1 butir)

Harga di atas hanya estimasi versi kami

Jika 6 tips memelihara ikan cupang di atas dilakukan dengan baik maka ikan cupang anda akan selalu dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat!