Cara Memelihara Ikan Louhan dan Budidaya Ikan Louhan!

cara memelihara ikan louhan

Cara Memelihara Ikan Louhan – Ikan Louhan sendiri termasuk salah satu jenis ikan hias tawar yang harganya cukup mahal, dan telah diminati oleh banyak orang untuk memelihara ikan ini. Sehingga, banyak kolektor ikan louhan yang mau membeli dan juga membudidayakan.

Ada beberapa ciri khas ikan louhan yang menjadi salah satu naiknya harga mulai dari corak warna dominan, motif yang membentuk pola, dan terutama pada jenong di bagian kepala ikan louhan.

Harga ikan louhan dapat juga dipengaruhi oleh faktor jenis ikan louhan pada aslinya, seperti ikan louhan super red dragon dan ikan louhan kamfa yang kini harganya mencapai 3-3,5 juta.

Nah apakah anda sudah tertarik untuk ikut membudidayakan? Berikut adalah cara memelihara ikan louhan yang baik dan benar.

Begini Cara Memelihara Ikan Louhan yang Baik dan Benar

Simak dan lakukan cara memelihara ikan louhan yang baik dan benar berikut ini.

  1. Siapkan Akuarium Ikan Louhan

    aquarium

    Hal pertama dalam memelihara ikan louhan yaitu pastikan anda telah memiliki akuarium yang sesuai untuk ikan louhan dengan saran seperti berikut:

    – Akuarium berukuran sekitar 80-120 liter air untuk satu ikan louhan
    – Akuarium memiliki system sirkulasi air agar air terjamin kualitasnya
    – Suhu air akuarium sekitar 26-30 Celcius.

  2. Bersihkan Akuarium Ikan Louhan Secara Berkala

    Setelah menyiapkan wadah atau akuarium, pastikan anda selalu membersihkan secara berkala, setidaknya 3 hari sekali untuk tetap membuat ikan merasa nyaman.

  3. Ajak Ikan Louhan Berinteraksi

    cara memelihara ikan louhan

    Hal ini diperlukan untuk memicu sifat agresif ikan, caranya cukup dengan menghasapkan ikan louhan dengan cermin, kemudian meletakkan ikan sejenis secara bersebelahan.

  4. Berikan Makanan yang Sesuai untuk Ikan Louhan

    Dalam memelihara ikan louhan untuk mendapatkan ikan louhan yang indah, anda dapat memberikan nutrisi.

    Kombinasi dari protein dan lemak untuk ikan louhan. Ikan louhan juga dapat mengkonsumsi pelet sebagai makanan utama.

    Setelah membaca tips diatas apakah Anda sudah mulai tertarik untuk melakukan pembudidayaan dengan cara memelihara ikan louhan?

    Lakukan tips diatas secara baik dan benar agar ikan louhan yang Anda miliki dapat menjadi lebih indah dan memiliki nilai jual yang tinggi, karena banyak sekali peminat ikan louhan!

Karakteristik ikan Louhan

Ikan louhan memiliki jidat Nonong (benjolan) di kepala, mempunyai sisik dengan motif warna beragam, sirip dan ekor ikan louhan merekah lebar dan utuh, identic dengan bintik bintik di tubuhnya.

Ikan louhan berjenis kelamin betina memiliki sirip yang bercorak bintik hitam, dan ikan louhan betina terdapat semacam vent yang agak menonjol pada bagian perut.

Daftar makanan ikan louhan dan harga

Berikut adalah daftar makanan ikan louhan beserta harganya.

Pelet khusus Ikan Louhan
Setelah membaca beberapa saran diatas, anda juga dapat memberikan makanan pelet khusus ikan louhan yang sudah banyak dijual di toko pakan ikan sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya.

Umumnya makanan ini dapat mempercepat proses jenong dan dapat meningkatkan kecerahan pada warna ikan louhan, karena pelet khusus ikan louhan sudah mengandung tumbuh-tumbuhan di dalamnya.

  • Udang (Rp. 52.000 / 500gr)
  • Ulat hongkong (Rp. 9.000 / 100gr)
  • Jangkrik (Rp. 5.000 / 100gr)
  • Cacing beku (Rp. 6.700 / 100gr)
  • Kelabang (Rp. 70.000 / 100gr)

Harga di atas hanyalah estimasi menurut versi kami

Kami merekomendasikan kepada Anda makanan untuk ikan louhan dengan beraneka ragam macam sebagai berikut:

Cacing-Cacingan
Untuk jenis cacing sendiri anda dapat menggunakan cacing sutra, cacing merah maupun cacing beku, ini untuk membuat ikan louhan cepat jenong dan memiliki warna merah yang indah.

– Ikan dan Udang
Untuk jenis makanan memang bisa dibilang cukup mahal dibandingkan cacing-cacingan namun rekomendasi makanan ini juga dapat membuat ikan louhan lebih efektif pertumbuhan dan mendapat hasil yang indah.

Anda juga dapat memberi pakan berupa ikan laut, ikan kecil, udang dan kepiting yang mengandung vitamin juga mineral.

– Jangkrik
Jangkrik juga salah satu pilihan makanan untuk ikan louhan. Pada tubuh jangkrik memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup tinggi untuk memicu pertumbuhan jenong, sirip, dan ekor.

Persiapan Wadah Ikan Louhan

Siapkan Wadah untuk ikan Louhan anda dapat memelihara ikan louhan pada aquarium atau kolam, namun karena ikan louhan adalah ikan hias yang indah maka alangkah baiknya jika dipelihara di aquarium.

Aquarium untuk ikan louhan memerlukan bahan dan peralatan yang mendukung dalam pemeliharaan pada kolam/aquarium, meliputu aerator, lampu UV, tanaman air, filter air, bebatuan kecil dan lainnya.

Estimasi Harga Aquarium Ikan Louhan

Estimasi harga aquarium ikan louhan versi kami totalnya adalah Rp. 505.000 dengan rincian sebagai berikut.

No.AlatHarga
1.Aquarium (45x20x20)Rp. 215.000
2.Filter airRp. 45.000
3.Lampu UVRp. 95.000
4.Hiasan Aquarium (tanaman, batu)Rp. 150.000
 TotalRp. 505.000