Cara Memelihara Rusa di Rumah, Emang Bisa? Cari Tahu Disini!

cara memelihara rusa

Cara Memelihara Rusa – Pasti banyak dari kita setelah melihat film dokumenter tentang orang memelihara rusa terbersit untuk melakukan hal yang sama yaitu memelihara rusa di rumah sendiri.

Namun perlu diingat bahwa rusa merupakan hewan yang dilindung lantas bagaimana cara memelihara rusa di rumah. Yuk simak cara memelihara rusa di rumah pada tips berikut ini.

Cara Memelihara Rusa Di Rumah

Berikut adalah langkah cara memelihara rusa dirumah.

  1. Urus Perizininan yang Utama!

    Sebelum memelihara rusa lakukan perizinan terlebih dahulu karena rusa merupakan hewan yang dilindungi dan tanpa izin resmi dapat menjadi masalah.

    Bagi kalian yang berkeinginan untuk memelihara rusa berikut merupakan persyaratan perizinan yang harus dimiliki :

    – Izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) setempat
    – Izin dari Badan Koordinasi  Penanaman Modal (BKPM)
    – Sarana dan prasarana yang memadai
    – Rusa berstatus F2 (generasi ke 3 dari hasil penangkaran)

  2. Persiapan Sarana Kandang Rusa

    Kandang untuk memelihara ini yang sederhana namun harus memenuhi beberapa persyaratan dasar karena kandang merupakan salah satu aspek  yang akan ditinjau sebagai penilaian kelayakan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) untuk mengeluarkan izin memelihara rusa.

    Adapun persyaratan kandang rusa, yaitu :

    – Memiliki lahan minimal berukuran 1 hektar.
    – Kandang terbagi menjadi kandang karantina dan kandang berteduh dengan jarak berjauhan.
    – Menyiapkan kandang karantina berguna untuk rusa yang baru datang supaya dapat diamati kesehatannya, adaptasi dengan lingkungan baru, dan pengobatan bila rusa sakit.
    – Kandang berteduh dapat dibuat sesuai selera kita namun juga bisa dengan sederhana yaitu asal atap  dapat melindungi rusa dari hujan.
    – Kandang terletak jauh dari keramaian karena rusa mudah stress terhadap kebisingan sehingga disarankan untuk diletakkan pada  daerah yang jauh dari keramaian atau pemukiman.

  3. Persediaan Pakan Bergizi Bagi Rusa

    Pakan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi sehingga disarankan untuk menyiapkan  pakan yang sesuai dengan rusa seperti rumput – rumputan berkualitas dan memiliki protein tinggi seperti rumput siteria, rumput gajah, rumput Australia, dan lain – lain.

    Selain itu, pakan lain yang dapat diberikan untuk rusa adalah pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti ubi ubian, jagung, dedak, pellet, bekatul, ataupun bungkil seperti pakan yang digunakan untuk perawatan sapi.

  4. Perawatan Air Minum Bagi Rusa

    Untuk pemenuhan kebutuhan air minum rusa sangatlah mudah hanya perlu menyediakan air minum di ember akan tetapi disarankan untuk menggunakan kolam yang terbuat dari semen diletakkan di tengah kandang untuk tempat minum bersama dan digunakan untuk mandi oleh para rusa.

    Ember minum atau kolam harus sering dibersihkan dan diganti airnya untuk menjaga kebersihan sehingga kesehatan rusa terjamin.

  5. Perawatan Kesehatan Rusa Bersama Dokter Hewan

    Perawatan kesehatan rusa sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan yang berpengalaman di bidangnya (bidang satwa liar) karena perawatan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

    Selain itu perlu keterampilan khusus untuk memegang dan menangani rusa supaya rusa tidak stress dan membahayakan sekitar.

    Untuk perawatan kesehatan rutin sebaiknya dilakukan minimal setahun dua kali.

Karakteristik Rusa

Rusa merupakan salah satu hewan yang tergolong unik dan Langkah, maka ia juga termasuk hewan yang dilindungi, rusa memiliki sepasang telinga yang runcing ke atas, rusa juga hewan yang sangat lincah.

Ia juga memiliki empat kaki yang terdiri dari sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang, memiliki warna kulit coklat, merah, putih, hitam dan lainnya tergantung jenis rusa, ia juga memiliki sepasang bola mata berwarna hitam atau coklat.

Rusa juga memiliki warna coklat keabu-abuan pada area ventral yaitu pada kaki, perut, dagu dan bagian bawah leher.

Daftar Makanan Rusa dan harga

Berikut adalah daftar makanan rusa beserta harga :

  • Wortel (Rp. 10.000 / 1kg)
  • Sawi (Rp. 7.000 / 100gr)
  • Pisang (Rp. 22.000 / 1 sisir)
  • Buah Ketapang (Rp. 24.000 / 1kg)
  • Daun – daunan (Rumput gajah, rumput teki, dan lainnya)

Harga di atas hanyalah estimasi versi kami.

Tingkah lucu dari rusa di layar tv memang sangat menarik terutama bagi anak – anak sehingga trend memelihara rusa mulai meningkat namun perlu diingat rusa merupakan hewan yang dilindungi dan tidak bosan untuk mengingatkan tentang perizinan.

Dan jangan sekali – sekali untuk memelihara bila belum mendapatkan izin. Ada yang tertarik untuk memelihara hewan ini?