6 Cara Memelihara Sugar Glider Agar Tetap Sehat dan Lincah

cara memelihara sugar glider

Cara Memelihara Sugar Glider – Hewan ini meski jarang dijumpai, namun sugar glider termasuk salah satu hewan yang kini menjadi sorotan banyak orang dan menjadi salah satu hewan pilihan untuk dipelihara, karena keunikan, kelucuan dan keimutan yang membuat ia di gemari banyak orang.

Selain lucu,mungil dan imut, sugar glider memiliki kebiasaan unik, yakni suka berpindah tempat, dengan ciri khas meluncur atau biasa disebut glide, dari kebiasaan itulah yang membuat ia disebut sugar glider.

Jika anda tertarik untuk memeliharanya juga, yuk simak tips memelihara sugar glider dengan baik dan benar dibawah ini, berikut adalah cara memelihara sugar glider agar tetap sehat.

Cara Memelihara Sugar Glider Agar Tetap Sehat

Jika Anda ingin memelihara sugar glider agar tetap sehat dan lincah maka lakukanlah langkah langkah dengan benar berikut ini.

  1. Pilihlah Kandang Sugar Glider yang Sesuai

    Karena sudah diketahui bahwa sugar glider merupakan hewan yang suka meluncur, maka sangat di anjurkan untuk memberikan kandang yang berukuran cukup besar, terbuat dari jaring atau menyerupai jeruji horizontal untuk media memanjat sugar glider.

    Dalam memelihara sugar glider sebaiknyhindari pemberian kendang berbahan baja galvanis, dan segala jenis besi yang mudah berkarat, karena dapat menyebabkan infeksi kandung kemih pada sugar glider.

    Kemudian gunakan baki berukuran besar sebagai alas kendang untuk tempat menampung kotoran dan sisa makanan.

  2. Berikan Tangkai dan Mainan pada Sugar Glider

    cara memelihara sugar glider

    Sugar glider termasuk hewan yang terbiasa tidur di pohon karena merupakan hewan noktural atau hewan malam, untuk membuatnya nyaman seperti Ketika hidup di alam.

    Jika memelihara sugar glider pastikan anda membuat kendang menyerupai habitat awalnya, maka sediakan tangkai pohon pada kandang.

    Sugar glider hewan yang sangat aktif jadi jika terlalu dikekang ia akan merasa tidak nyaman dan dapat stress.

    Tidak semua jenis tangkai pohon yang dapat diberikan, untuk memastikan keamanannya, gunakan kayu jenis manzanita dan eucalyptus, yang bisa ditemukan di pohon apel.

  3. Berikan Makanan yang Benar untuk Sugar Glider

    Jika sudah memastikan kandang sugar glider aman, selanjutnya dalam memelihara sugar glider yaitu pastikan memberi makan pada sugar glider dengan baik dan benar, makanan yang di rekomendasikan yakni:
    – Buah Pisang
    – Buah Pepaya
    – Buah melon
    – Ulat Hongkong
    – Wortel
    – Buah Apel.

    Berikan makan sehari dua kali pada pagi dan malam hari Ketika ia sedang aktif bermain, karena ia membutuhkan banyak nutrisi agar tetap sehat.

    Hindari memberikan makanan dibawah ini:
    – Makanan instan dalam kemasan kaleng
    – Biji-bijian dan kacang-kacangan
    – Makanan yang mengandung banyak lemak
    – Coklat

  4. Berikan Minum secara Teratur

    Setelah memastikan makanan aman, selanjutnya jangan lupa untuk memberi minum, berikan air atau campurkan air dengan madu, atau air dengan jus buah pada sugar glider.

    Pemberian minum seimbang dengan pemberian makan, laukan duakali dalam sehari.

  5. Berilah Teman untuk Sugar Glider

    Karena hewan ini sangat suka bersosialisasi dan gemar bermain, maka ia membutuhkan teman, sangat dianjurkan untuk membeli secara sepasang jika anda memutuskan membeli dan memelihara sugar glider.

    Dikarenakan agar ia tidak kesepian dan memicu datangnya penyakit yang mengakibatkan sugar glider tidak tumbuh sehat.

  6. Lakukan Pemeriksaan Rutin kondisi Kesehatan Sugar Glider

    Dikarenakan sugar glider merupakan salah satu binatang yang sangat aktif maka ia memiliki peluang stress lebih banyak jika tidak sesuai dengan kebiasaannya dan kurang nyaman, maka ia akan stress.

    Ciri-cirinya yakni ia menjadi tidak aktif, pemurung, lesu, banyak tidur, nafsu makan berkurang, jika sudah memiliki ciri-ciri tersebut, segera bawa ke dokter, agar tidak stress berlebihan dan mempercepat kematian.

Karakteristik sugar Glider

Sugar glider memiliki ukuran tubuh yang kecil, Panjang kepala dan badan berkisar 120-350 mm, Panjang ekor 150-480 mm, ukuran kaki belakang 60 mm, dan berbobot 50-150 gram.

Sugar glider memiliki bulu yang berwarna coklat abu-abu dan coklat kemerahan. Di bagian tengah kepala terdapat garis hitam Panjang dari atas hidung sampai tengah punggung dan di sekitar mata, belakang telinga, ujung kaki dan ekor.

Mata berwarna hitam bulat, memiliki 5 jari yang berkuku taham, kemudian memiliki lengkung di setiap kaki yang berfungsi untuk menggantungkan badan di pohon.

Daftar Makanan Sugar Glider dan harga

  • Apel (Rp. 28.000 / 1kg)
  • Alpukat (Rp. 22.000 / 1kg)
  • Pisang (Rp. 20.000 / 1 sisir)
  • Melon (Rp. 26.000 / 1kg)
  • Wortel (Rp, 10.000 / 1kg)
  • Mangga (Rp. 22.000 / 1kg)
  • Ubi jalar (Rp. 15.000 / 1kg)

Harga di atas hanya estimasi menurut versi kami.

Persiapan Kandang Sugar Glider

Sugar glider termasuk salah satu hewan yang suka bermain dan meluncur, maka anda perlu menyiapkan kandang yang cukup besar untuk diletakkan mainan.

Gunakan kandang berbahan dasar jarring atau menyerupai jeruji horizontal untuk media memanjat, hindari kandang yang terbuat dari besi yang bisa berkarat.

Estimasi biaya Kandang Sugar Glider

Berikut adalah estimasi harga versi kami:

No.AlatHarga
1.Kandang jerujiRp. 250.000
2.Paket mainanRp. 170.000
 TotalRp. 420.000

Setelah anda membaca tips memelihara sugar glider diatas, pastikan anda juga menerapkan pada sugar glider milik anda, maka akan dijamin sugar glider milik anda akan tumbuh sehat dan hidup lebih lama. Semoga Bermanfaat!