Cara Memelihara Tokek : Mendatangkan keberuntungan?

cara memelihara tokek

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Cara Memelihara Tokek – Tokek yang sering kita temukan di rumah merupakan jenis kadal dari suku Gekkonidae memang menarik untuk diketahui.

Mitos berkata bahwa kedatangan tokek bisa membawa keberuntungan dan kini terbukti bahwa budidaya tokek dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.

Lalu, gimana perawatannya? Berikut kami berikan beberapa tips awal untuk budidaya tokek sebagai lahan bisnis.

Siapkan Rumah Bagi Tokek

Dalam memelihara tokek menyiapkan rumah bagi tokek tentunya penting, dapat berupa aquarium dengan fasilitas memadai yaitu serbuk halus pada bagian atas ataupun kotak triplek yang tertutup dengan ventilasi diberikan mess.

Usahakan rumah tokek segelap mungkin sebab tokek menyukai kondisi lingkungan yang sedikit pencahayaan.

Lakukan Pemilihan Bibit Unggul Tokek

Bisnis budidaya tokek tentu saja mengharapkan jenis tokek unggulan yang berkwalitas untuk menghasilkan uang berlimpah maka perlu kriteria pemilihan bibit yang unggul baik dari hasil penangkaran ataupun hasil tangkapan alam.

Berikut adalah kriteria dari bibit tokek yang baik yaitu  :

1. Tidak cacat
2. Tidak terdapat luka di tubuhnya
3. Memiliki ekor yang panjang karena ekor merupakan bagian yang menyumbang berat tokek terbesar jadi semakin panjang ekor tokek semakin bagus.
4. Pilih tokek jenis kelamin jantan karena tokek jantan tidak mengalami masa bertelur sehingga berat badannya terkontrol.

Cara membedakan tokek jantan dan betina yaitu tokek jantan berbunyi “tokekk” memiliki warna bintik berwarna merah tua lalu secara spesifik pada bagian pangkal bawah perut memiliki bentuk seperti huruf V berwarna oren.

Pada bagian perut terdapat bintik warna merah. Yuk lebih lanjutnya simak pembahasan cara memelihara tokek bagi pemula yang baik dan benar berikut ini.

Begini Cara Memelihara Tokek untuk Pemula

Ketika sudah menyediakan rumah dan memilik tokek unggulan maka masuk ke tahap perawatan supaya dapat menghasilkan hasil tokek yang sesuai dengan yang kita inginkan, adapun untuk cara memelihara tokek simak dibawah ini.

  1. Seragamkan Besar Kecilnya Tokek

    Dalam memelihara tokek tentukan sesuai dengan ukuran bertujuan untuk menghindari kanibalisme dari tokek.

    Karena tokek yang berukuran lebih kecil akan menjadi sasaran dari tokek yang berukuran lebih besar dan bila ini terjadi maka akan terjadi kerugian akibat kematian tokek kecil.

  2. Berikan Tokek Makanan yang Tepat

    Pakan menjadi hal terpenting dalam budidaya atau memelihara tokek karena tokek pada dasarnya merupakan predator sehingga pakan yang disarankan untuk budidaya tokek adalah jangkrik.

    Jangkrik ini mudah didapat, murah serta mengandung protein tinggi bagi si Tokek.

    Pemberian pakan juga harus hati-hati, cukup diletakkan saja pada malam hari dan jangan menyentuh tokek dengan tangan secara langsung karena dapat membuat tokek stress.

  3. Kebutuhan Minum Tokek

    Tokek merupakan hewan yang minum dalam jumlah sedikit karena tokek dapat memperoleh asupan air dari hewan yang dimangsa.

    Namun bagi orang yang sudah memelihara tokek harus tetap memberikan tempat minum di dalam kandang bertujuan untuk minum tokek dan menjaga kelembapan serta suhu kandang optimal.

  4. Bersikan kandang Tokek Secara Rutin

    cara memelihara tokek

    Layaknya hewan peliharaan lainnya, rumah tokek harus dijaga kebersihannya supaya tokek terhindar dari penyakit dan stres. Pembersihan kandang dapat dilakukan setiap 1 minggu sekali aja ya!

    Wah ternyata mitos tentang tokek membawa keberuntungan ternyata nyata melalui budidaya dan memelihara tokek sebagai lahan bisnis bagi kalian!

Karakteristik Tokek

Tokek bisa berjalan di dinding (merayap), memiliki sepasang mata kecil, dan berekor Panjang, bola mata tokek berwarna hitam, coklat dan hijau, memiliki kulit berwarna coklat dan terdapat bitnik-bintik kecil di kulitnya.

Tokek berkembangbiak dengan bertelur, memiliki suara khas yang nyaring, dan termasuk Jenis hewan reptil, memiliki mulut yang besar, ia aktif saat senja dan malam hari.

Daftar makanan tokek dan harga

  • Jangkrik (Rp. 5000 / 100gr)
  • Belalang (Rp. 50.000 / 1kg)
  • Nyamuk
  • Kodok lembu
  • Laron

Harga di atas hanyalah estimasi menurut versi kami.

Persiapan Kandang tokek

Kandang tokek bisa anda buat menggunakan kawat dan juga jarring, pastikan lembapan dan suhu kandang tetap terjaga dengan baik, berikan ranting pohon pada kandang tokek.

Letakkan juga tempat makannan dan minuman dalam kandang tokek, karena pada dasarnya tokek hidup di alam, maka kandang dengan ukuran besar lebih baik.

Estimasi Harga Pembuatan Kandang Tokek

No.AlatHarga
1.Kayu Triplek (5 mm)Rp. 75.000
2.Kawat jarring (3 meter)Rp. 60.000
3.Paku (1 kg)Rp. 21.000
4.Kayu reng (100x3x3)Rp. 6.000 x3 (Rp. 18.000)
 TotalRp. 174.000

Dari berbagai tahapan perawatan tokek, mana nih yang bikin males? Semangat mencari cuan dari tokek ya, guys!