Cara Mengurus Kucing Anggora Yang Benar

633 views

Cara Mengurus Kucing Anggora, peliharahewan.com | Kucing anggora adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak dijadikan sebagai kucing peliharaan. Kucing ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang bermaksud untuk memelihara kucing.

Cara Mengurus Kucing AnggoraKucing Anggora memang memiliki penampilan yang sangat menggemaskan, dengan bulu panjang dan lebat, dan muka yang terkesan rata karena memiliki hidung yang pesek. Inilah yang kemudian menjadikan banyak orang menyukai kucing anggora untuk dipelihara.

Dalam memelihara kucing anggora, tentu saja Anda harus mengetahui dan memahami cara mengurus kucing anggora yang benar. Secara umum sebenarnya perawatan kucing hampir sama, namun untuk kucing Anggora Anda perlu lebih intensif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kucing agar tetap memiliki bulu yang indah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengurus kucing anggora yang benar, sebagai panduan Anda dalam memelihara kucing Anggora.

1. Melakukan Vaksin

Jika kucing anggora yang baru Anda beli belum divaksin, maka cara mengurus kucing anggora yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan memvaksin kucing tersebut.

Pada dasarnya semua kucing peliharaan harus divaksin. Tujuan vaksin sendiri adalah untuk menjaga kesehatan kucing dan menjaga kekebalan kucing, sehingga kucing peliharaan Anda tidak mudah sakit.

Dengan melakukan vaksin, sebenarnya Anda bisa lebih berhemat karena intensitas pemeriksaan kesehatan kucing Anda akan lebih sedikit. Itu artinya pengeluaran uang untuk menjaga kesehatan kucing lebih sedikit. Ada beberapa penyakit yang sering menyerang kucing anggora, contohnya adalah beberapa penyakit berikut ini.

  • Jamur

Penyakit jamur ini biasanya terjadi pada kulit dan bulu kucing anggora. Tentu saja hal ini sangat mengganggu penampilan dan juga kesehatan kucing anggora yang Anda pelihara. Jika kucing Anda sudah divaksin namun masih muncul jamur semacam ini, maka Anda bisa membawa kucing Anda ke dokter hewan.

  • Muntah

Muntah merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada kucing, muntah bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena kucing peliharaan Anda terkena penyakit, jadi sebaiknya Anda periksakan kesehatan kucing Anda ke dokter hewan.

  • Sakit Mata

Selain muntah, mata juga salah satu bagian tubuh kucing yang sering terkena gangguan. Untuk menjaga kesehatan mata kucing, tentu saja Anda harus rajin memeriksakan kesehatan kucing Anda ke dokter.

2. Memandikan Dan Membersihkan Kucing

Cara mengurus kucing yang berikutnya tentu saja adalah membersihkan kucing dengan teratur. Salah satunya tentu saja dengan memandikan kucing peliharaan Anda. Sebaiknya Anda rutin memandikan kucing Anda menggunakan shampoo khusus untuk kucing. Memandikan kucing akan menjaga kucing terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk untuk mencegah datangnya kutu yang sering menyerang kucing.

3. Memberikan Makanan Dan Vitamin

cara merawat kucing anggora untuk pemulaTentu saja hal ini adalah salah satu cara mengurus kucing anggora yang tidak boleh terlewatkan. Sebaiknya Anda memilihkan pakan kucing yang memang memiliki nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kucing peliharaan Anda.

Saat ini ada banyak sekali pilihan pakan kucing yang bisa Anda pilih. Akan lebih baik lagi jika Anda juga memberikan tambahan vitamin. Tujuannya agar kucing Anda lebih kebal terhadap serangan penyakit.

4. Membersihkan Kandang

Ini juga menjadi salah satu cara mengurus kucing anggora yang tidak boleh Anda lewatkan. Kandang kucing anggora perlu dibersihkan dengan teratur. Perlu Anda ketahui kandang yang kotor adalah salah satu sumber utama datangnya penyakit pada kucing peliharaan Anda. Maka dari itu pastikan kandang kucing peliharaan Anda selalu bersih. Setidaknya Anda membersihkan kandang kucing Anda sekali dalam seminggu.

5. Melakukan Perawatan Khusus Secara Teratur

Kucing peliharaan Anda membutuhkan perawatan khusus yang teratur, sesekali Anda perlu memanjakan kucing Anda. Ada beberapa perawatan khusus yang sebaiknya Anda lakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan kucing anggora Anda. Berikut beberapa di antaranya

  • Memberi makan dan minum dua kali sehari, pagi dan sore.
  • Membersihkan kotoran kucing, setidaknya dua kali sehari.
  • Memandikan kucing anggora peliharaan Anda, setidaknya seminggu sekali.
  • Grooming ke salon kucing, ini sebagai opsional saja, namun perlu Anda lakukan.
  • Membersihkan dan mencuci kandang setidaknya seminggu sekali.

 

6. Membawa Kucing Anda Jalan-jalan

Selain menjaga kesehatan kucing anggora Anda secara fisik, Anda juga perlu menjaga kesehatan psikologis kucing Anda. Salah satu caranya adalah dengan membawa kucing Anda jalan-jalan.

Cara ini sangat bak untuk mencegah kucing Anda mengalami stres. Stres sendiri bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit pada kucing. Selain itu stres pada kucing juga bisa membuat kucing berperilaku buruk.

Oleh sebab itu stres pada kucing harus benar-benar dihindari. Ini menjadi salah satu cara mengurus kucing anggora paling penting yang harus Anda lakukan.

Baca Juga = Cara Pelihara Kucing Anggora

Dari ulasan mengenai cara mengurus kucing anggora di atas, sebenarnya secara umum hampir sama dengan cara mengurus jenis kucing yang lainnya. Hanya saja pada kucing anggora memang perlu mendapatkan perhatian khusus pada bagian fisiknya, terutama bulunya yang menjadi daya tarik utama.

Tags: #Cara Mengurus Kucing Anggora #Cara Mengurus Kucing Anggora Yang Benar #cara merawat kucing anggora untuk pemula