Cara Merawat Alligator Snapping Turtle dengan Benar

alligator snapping turtle

Written by Drh. Titis Dwi Laksono

Cara Merawat Alligator Snapping Turtle – Hewan reptil ini umum dipelihara oleh banyak orang di berbagai kalangan usia. Jenis yang mulai dilirik saat ini adalah alligator snapping turtle berasal dari Benua Amerika.

Kura-kura alligator snapping turtle ini memiliki bentuk yang cukup seram, karnivora (pemakan daging) dan galak namun pendiam dan tetap bisa dijadikan hewan peliharaan lho!

Cara berburu makanan pun unik karena kura – kura ini akan memancing mangsanya dengan lidah yang berbentuk seperti cacing.

Lalu bagaimana cara memelihara hewan ini? jangan lama-lama lagi yuk simak beriku adalah cara merawat alligator snapping turtle agar tetap sehat dan ceria!

Begini Cara Merawat Alligator Snapping Turtle

Silahkan ikuti langkah-langkah cara merawat Alligator Snapping Turtle berikut ini.

  1. Tempatkan pada kandang yang nyaman

    alligator snapping turtle
    Sebelum memiliki alligator snapping turtle ini sebaiknya siapkan kandangnya terlebih dahulu. Kandang dapat berupa aquarium atau kolam dan sesuaikan dengan ukuran kura-kura.

    Dalam memelihara alligator snapping turle sebaiknya kandang terdiri dari dua area yaitu area air dan area berjemur dan bila diletakkan pada luar ruangan sebaiknya letakkan pada kolam yang terkena sinar matahari.

    Sehingga menggunakan aquarium di dalam ruangan sebaiknya berikan lampu reptil dan jangan pernah berikan ornamen berukuran kecil karena bisa saja termakan oleh kura-kura.

  2. Beri pasokan air yang cukup

    Air untuk kura-kura alligator ini disarankan menggunakan air tanah dan bukan air PAM atau air yang mengandung kaporit dan klorin karena dapat mengganggu kesehatan dan berujung kematian pada kura-kura.

    Pengisian air pada kolam buat setinggi 1-2cm di atas kepala kura-kura atau sedikit diatas punggung kura-kura. Hal ini disebabkan kura-kura alligator bukanlah perenang jadi dapat tenggelam di dalam kolam.

    Pergantian air kolam dapat dilakukan 2-3 hari sekali namun bila menggunakan filter air dapat dilakukan lebih lama.

  3. Mandikan Alligator Snapping Turtle

    Ternyata kura-kura alligator snapping turtle perlu dimandikan walaupun  hidup di dalam air.

    Hal ini disebabkan alligator snapping turtle bila berendam terlalu lama dapat menimbulkan lumut sehingga perlu dimandikan dengan menyikat tempurung.

    Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan lumut yang menempel di tubuh kura kura serta menghindari parasit yang dapat menyebabkan masalah penyakit pada kura kura.

  4. Berikan makanan yang berkualitas

    Alligator snapping turtle merupakan kura-kura karnivora jadi makanan dari kura kura ini dapat berupa daging ataupun ikan hidup serta disarankan pemberian pakan dilakukan pada pagi hari diberi pakan 2-3 ekor ikan hidup.

Karakteristik alligator snapping turtle

Alligator Snapping Turtle tergolong dalam spesies Macrochelys Temminckii, kura-kura alligator termasuk pada reptil purba atau primitif yang dapat dijumpai di habitat perairan air tawar Amerika Serikat.

Kura-kura Aligaror termasuk salah satu jenis kura-kura yang tidak suka berjemur tetapi lebih sering hidup di dalam air, dan atai tinggal di aliran sungai yang cukup deras.

Kura-kura alligator memiliki usia yang Panjang, berkisar 80-120 tahhun bahkan jika ia hidup di alam bebas, dapat bertahan hidup sampai 200 tahun.

Panjang kura-kura alligator berkisar 80-100 cm dan memiliki berat 80-90 kg untuk kura-kura alligator dewasa, yang memiliki emosional lebih , suka mengamuk dan marah-marah.

Daftar Makanan Alligator Snapping Turtle dan Harga

Berikut adalah daftar makanan alligator snaping turtle:

  • Udang (Rp. 35.000 / 1kg)
  • Pelet (Rp. 5.000 / 100gr )
  • Cacing beku (Rp. 40.000 / 1kg) untuk kura-kura AST berusia muda,
  • Cacing sutera (Rp. 12.500 / 100gr) untuk kura-kura AST berusia muda,

Harga di atas adalah estimasi versi kami.

Persiapan kandang Alligator Snapping Turtle

Hal yang tidak kalah pentingnya Ketika memelihara AST, yakni anda perlu mempersiapkan kandang yang sesuai dan membuat AST merasa nyaman, sehingga dapat tumbuh dan bertahan hidup dengan lama.

Pastikan anda mengaturnya dengan baik yaitu kolam yang memiliki area darat dan air dengan perbandingan 1:3, atau anda juga dapat memelihara di dalam aquarium tetapi anda juga harus memasang basking tambahan untuk menjadi area darat.

Estimasi Biaya Kandang Alligator Snapping Turtle

Berikut adalah estimasi harga kandang Alligator Snapping Turtle, Versi kami.

No.AlatHarga
1.Kayu reng (1x3x400 cm)Rp. 10.000 x 10 (Rp. 100.000)
2.Kawat kasa 2 meterRp. 26.000
3.Paku 1 kgRp. 21.000
 TotalRp. 147.000

Maraknya pemeliharaan hewan eksotik membuat hewan lintas benua seperti Alligator Snapping Turtle ikut dicari meskipun cukup rumit ya perawatannya.

Eh, tapi hal itu bukan masalah lho bagi owner-owner hebat pemilik Alligator Snapping Turtle.

Jadi gimana sobat reptil, apakah kamu tertarik memelihara kura-kura raksasa galak namun pendiam satu ini, guys?