7 Cara Merawat Angsa Hitam : Mengenal Lebih Dekat dan Budidaya

cara merawat angsa hitam

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Angsa hitam mungkin bagi orang Indonesia merupakan hewan baru dan unik karena tidak seperti angsa yang biasa kita temui. Ternyata angsa hitam beneran ada lho!

Angsa hitam dengan keunikannya menjadikan angsa hitam ini sebagai angsa hias. Padahal selain memiliki potensi sebagai angsa hias juga dapat menjadi prospek angsa pedaging karena ukurannya besar bila dibandingkan dengan angsa jenis lainnya.

Nah, gimana sih cara merawat angsa hitam? Bagi kalian yang mau memulai bisnis beternak angsa hitam atau hanya memelihara sebagai angsa hias, berikut ini adalah tips merawat angsa hitam agar tetap indah.

Cara Merawat Angsa Hitam

Ikuti langkah-langkah cara merawat angsa hitam dengan benar berikut ini:

1. Mengenal Angsa Hitam

Sebelum tahu cara merawat angsa hitam, sebaiknya kita kenalan dulu nih. Sebenarnya, apa sih ngsa hitam itu?

Angsa hitam atau black swan merupakan hewan endemik yang dikelompokkan dalam burung dewasa besar dengan panjang tubuhnya mencapai 130 cm, berbulu hitam disertai dengan paruh berwarna merah menjadi ciri khas angsa hitam.

Baca Juga :

Cara Memelihara Iguana Bagi Pemula

2. Siapkan Rumah bagi Angsa Hitam

Kandang yang harus disiapkan dalam merawat angsa hitam terdiri dari kandang umbaran dan berteduh. Kandang umbaran dapat dibentuk pagar mengelilingi alas yang ingin dijadikan kandang.

Sedangkan untuk kandang berteduh sebaiknya di bagian samping dan belakang kandang dibuat tertutup disertai sarang supaya angsa hitam tidak merasa kedinginan. Sarang dari box kayu yang diisi jerami digunakan untuk angsa hitam betina bertelur.

3. Sediakan Kolam Renang Angsa Hitam

Di dalam kandang angsa hitam disarankan untuk disediakan kolam untuk mandi, bermain serta mencari makan sesuai habitat alaminya.

Angsa hitam menghabiskan separuh waktunya di air maka disarankan terbuat dari semen agar kolam mudah dibersihkan untuk menjaga kebersihan air kolam, ya!

4. Beri Makanan Bergizi untuk Angsa Hitam

Angsa hitam bukanlah hewan pemilih perihal makanan sehingga pakan angsa hitam dapat dibuat dengan mudah dengan biaya yang murah.

Angsa hitam dapat diberikan pakan campuran tepung-tepungan, dedak atau bekatul, ikan, pellet, sayuran dan dicampur dengan sedikit air.

Selain itu dalam merawat angsa hitam, hewan ini dapat diberikan pakan tunggal seperti pelet atau ikan yang di potong kecil-kecil.

Pemberian vitamin dan mineral tambahan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu dari angsa hitam dapat diberikan melalui campuran pakan ataupun diberikan sendiri di bawah pengawasan dokter hewan, ya!

Baca Juga :

Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir

5. Pemilihan Bibit Unggulan

Pemilihan bibit menentukan kwalitas dari angsa hitam sendiri, disarankan untuk memilih bibit angsa hitam yang berasal  dari peternakan terpercaya dan memiliki asal usul angsa hitam yang sudah terjamin dan bersertifikat.

Pilihlah bibit atau anakan angsa hitam yang sudah di vaksin untuk menghindari penyakit seperti virus yang mematikan. Lakukan kontrol kesehatan dengan dokter hewan andalanmu ya.

6. Angsa hewan berkoloni

Dalam merawat angsa hitam sangatlah mudah di dalam proses adaptasi dan sangat dianjurkan untuk memelihara angsa hitam dalam kelompok atau koloni minimal 2 ekor. Semakin banyak maka semakin bagus karena pada habitat alaminya angsa hidup dalam kelompok.

7. Perkawinan Angsa Hitam, Sah!

Angsa hitam mulai dikawinkan saat berusia minimal 9 – 10 bulan. Proses kawin angsa hitam sangatlah mudah karena secara alami dan akan kawin dengan sendirinya. Idealnya seekor angsa hitam jantan dapat mengawini tiga angsa hitam betina.

Angsa hitam atau black swan dikenal simbol keindahan yang elegan membuat para owner semakin jatuh cinta dengan kebiasaan hidup mereka.

Nah, apa kalian masih ragu untuk memelihara angsa hitam ini? Tunggu apalagi, yuk pilih bibit angsa hitam unggulanmu sekarang! Lihat artikel lain dari kami seputar kucing maupun anjing.