7 Cara Merawat Anjing Husky dari Negeri Bersalju Untuk Pemula

cara merawat anjing husky

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Sobat Pelihara Hewan anjing husky sendiri yang bisa disebut salah satu anjing favorit karena memiliki bentuk sangat menyerupai serigala berbulu tebal, gagah namun menggemaskan dan termasuk salah satu jenis anjing eksotik yang ada di Indonesia karena berasal dari Siberia.

Lalu, bagaimana cara owner Indonesia yang memiliki suhu tropis dalam memelihara husky? Berikut ini adalah tujuh cara merawat anjing husky supaya tetap sehat dan bahagia simak penjelasan dibawah ini!

Beginilah Cara Merawat Anjing Husky untuk Pemula

1. Siapkan Kandang Bagi Husky

Kandang untuk merawat anjing husky disarankan indoor atau didalam ruangan ber-ac dengan suhu dingin. Mengingat anjing husky merupakan anjing dari daerah bersuhu dingin jadi sangat dianjurkan untuk merawat husky di dalam ruangan dengan suhu dingin.

2. Pilihlah Anjing Husky yang Berkualitas

cara merawat anjing husky

Siberian husky yang akan dirawat sebaiknya berasal dari indukan yang berkwalitas dan breeder yang terpercaya, memiliki tubuh yang proporsional dan sehat.

Disarankan bagi kalian yang baru merawat atau berkeinginan merawat anjing husky di rumah untuk memilih anjing yang sudah diperanakkan di Indonesia. Sehingga, diharapkan dengan memilih anjing peranakkan sudah beradaptasi dengan lingkungan dan suhu di Indonesia

Baca Juga :

Cara Memelihara Burung Perkutut

3. Berikan Makan dan Minum yang Sesuai

Untuk pakan dan minum anjing Siberian husky bisa diberikan pakan kering ataupun pakan basah komersial yang dijual di pasaran.

Anjuran lain merawat anjing husky untuk memberi pakan kering yang diformulasikan untuk anjing Husky ataupun pakan basah berupa daging dagingan sesuai dengan pakan alaminya.

4. Ajaklah Jalan – Jalan Santai bareng Husky

Perawatan anjing husky sangatlah mudah karena anjing husky bukanlah tipe anjing yang rewel namun anjing husky merupakan anjing yang aktif dan suka bermain.

Selain hanya merawat anjing husky dianjurkan sering-seringlah mengajak si Husky untuk bermain ataupun mengajaknya jalan jalan keliling di sekitar rumah.

5. Mandikan Husky Agar Wangi

cara merawat anjing husky

Memandikan anjing husky dianjurkan namun tidak boleh terlalu sering karena dapat mempengaruhi kelembapan pada kulit anjing yang memicu penyakit seperti jamur dan demodex. Sehingga, disarankan sebulan sekali bila kondisi kotor atau husky yang dirawat di outdoor.

6. Jaga Kesehatan Husky-Mu, ya!

Perawatan kesehatan berupa pemberian obat cacing, obat kutu, vaksinasi dan pemeriksaan rutin. Pemberian obat cacing dapat diberikan secara teratur setiap tiga bulan sekali sebagai bentuk pencegahan terhadap cacingan.

Pemberian obat kutu dapat disesuaikan dengan cara kita memelihara, bila dipelihara secara outdoor maka obat kutu dapat diberikan setiap 1 bulan sekali.

Namun, bila dipelihara secara indoor dapat merawat anjing husky diberikan setiap dua sampai tiga bulan sekali.

Vaksinasi untuk anjing harus dilakukan dengan rutin dan secara lengkap untuk menghindari penyakit khususnya penyakit virus yang mematikan seperti distemper dan rabies.

Pemeriksaan rutin dapat dilakukan setiap 1 tahun sekali bersamaan dengan pengulangan vaksin tahunan di bawah pengawasan dokter hewan, ya!

Baca Juga :

Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir

7. Pelatihan Anjing untuk Husky

Anjing husky juga bisa dilatih namun dibutuhkan kesabaran ekstra karena sifat anjing husky yang kurang begitu fokus dan lebih suka bermain daripada belajar.

Dalam merawat anjing husky pelatihan untuk anjing husky dapat dilakukan mulai dari kecil setelah masa sapih dari induk.

Husky termasuk anjing peliharaan yang cukup mahal dan jarang ditemukan sehingga menjadi keunikan sendiri bagi owner yang memilih jenis anjing satu ini sebagai hewan peliharaan. Apakah kalian tertantang untuk merawat anjing asli Siberia ini?