Ketahui Cara Merawat Bayi Hamster! Agar Tumbuh Sehat hingga Dewasa

cara merawat bayi hamster

Cara Merawat Bayi Hamster – Hewan bertubuh mungil dan menggemaskan! Siapa lagi kalau bukan Hamster, apakah anda seorang penggemar hamster atau Anda sudah memelihara hamster cukup lama? Jika iya apakah anda sudah memahami bagaimana cara merawat bayi hamster dengan baik dan benar?

Sebelumnya anda perlu mengetahui bahwa hamster adalah binatang jenis perengat yang memiliki tubuh mungil dan menggemaskan, meski sering kali disebut seperti tikus, pada dasarnya hamster bukanlah jenis tikus.

Jika anda tertarik untuk memelihara hamster mulai dari bayi maka anda wajib menyimak tips merawat bayi hamster. Berikut ini adalah penjelasan cara merawat bayi hamster yang benar dan merawat bayi hamster tanpa induk bagi pemula.

Cara Merawat Bayi Hamster yang Benar

Secara umum ada 2 fase dalam merawat bayi hamster yang masih Bersama induknya, yakni:

Dua minggu pertama paska hamster lahir

Dalam fase ini yang perlu dilakukan adalah berikan ibu dan bayi hamster ruang yang cukup, berikan makan dan minum yang cukup, kemudian jangan terlalu sering menyentuh dan menggendong bayi hamster.

2-4 minggu paska hamster lahir

Pada fase ini cukup pastikan bayi hamster tumbuh sehat dan kuat, kemudian pisahkan antara jenis kelamin jantan dan betina.

Selanjutnya akan kami bahas setelah berusia dua minggu dari kelahirannya.

Perawatan 2-4 Minggu Setelah Kelahiran Hamster

cara merawat bayi hamster 3

Sebelum pada usia ini bayi hamster terlahir dalam kondisi buta dan tuli, tetapi bayi hamster dapat tumbuh dengan cepat disbanding binatang lainnya, dalam seminggu bayi hamster sudah mulai merangkak di sekitar kendang.

Pada usia dua minggu ini bayi hamster akan membuka mata dan menjadi sangat aktif. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam merawat bayi hamster pada fase ini:

  1. Bersihkan kandang hamster secara rutin minimal 2 hari sekali.
  2. Mulai lakukan interaksi dengan bayi hamster, seperti menyentuh dan mengelus tubuhnya, tetapi tetap berhati-hati karena masih cenderung sensitif.
  3. Pisahkan anak hamster dengan induknya Ketika memasuki usia 4 minggu
  4. Mulai perkenalkan hamster dengan makanan hamster pada umumnya di usia 4 minggu. Karena pada usia ini, induk hamster mulai menyapih dan menjauhi anak hamster yang minta disusui.
  5. Pisahkan antara anak hamster jantan dan betina. Karena pada usia 40 hari organ reproduksi hamster mulai aktif dan dapat berkembang biak dengan segera.

Setelah melakukan berbagai cara merawat bayi hamster di atas, kemudian usia hamster masuki 5 minggu dan dapat dikatakan bahwa hamster sudah tergolong dewasa, selanjutnya anda hanya perlu memperlakukan hamster seperti pada umumnya.

Cara Merawat Bayi Hamster Tanpa Induk

cara merawat bayi hamster 2

Menurut penelitian, sangat kecil kemungkinan bayi hamster tetap hidup jika tanpa induk, namun dalam keadaan tersebut anda dapat mencoba melakukan hal-hal untuk mempertahankan hamster agar tetap hidup simak cara merawat bayi hamster tanpa induk berikut ini:

  1. Tempatkan bantal pemanas di bawah kendang untuk memberikan kehangatan, sebagai pengganti induknya.
  2. Gunakan tisu toilet dan tisu wajah untuk membuat sarang bayi hamster
  3. Gunakan Lactol, atau pengganti susu hewan lainnya, dan lakukan pemberian susu dengan menggunakan pipet, tetap lakukan secara rutin agar bayi hamster tumbuh dengan sehat.
  4. Carikan rehabilitator atau penyelamat satwa liar setempat yang memungkinkan untuk dapat membantu anda dalam perawatan bayi hamster tanpa induk.

Karakteristik Hamster

Hamster bertubuh mungil dan gemuk, dengan ekor yang cukup pendek, dan memiliki telinga berambut, ia juga memiliki kaki yang cukup lebar, dan pendek, meskipun kecil namun ia sangat aktif bermain dan berlari.

Hamster memiliki rambut tebal dan Panjang, rambut hamster memiliki banyak variasi warna, tergantung jenisnya, mulai dari putih, abu-abu, coklat, kuning, hitam dan merah, bagian bawah ia berwarna putih, abu-abu dan hitam.

Daftar makanan hamster beserta harga

Berikut adalah daftar makanan hamster.

  • Apel (Rp. 17.000 / kilo)
  • Pisang (Rp. 20.000 / 1 sisir)
  • Brokoli (Rp. 23.000 / 500gr)
  • Wortel (Rp. 10.000 / 1kg)
  • Timun (Rp. 18.000 / 1kg)
  • Kembang kol (Rp. 20.000 / 1kg)

Harga di atas hanyalah estimasi menurut versi kami

Persiapan Kandang Hamster

Siapkan kandang untuk hamster yang anda pelihara, karena ia termasuk binatang yang suka bermain, maka siapkan kandang yang terbuat dari jeruji besi yang sudah di poles dan tidak mudah berkarat agar hamster aman dan tidak terluka Ketika bermain.

Berikan mainan di dalam kandang hamster kemudian letakkan wadah untuk makanan dan minuman di dalam kandang hamster.

Estimasi biaya Kandang Hamster

Estimasi biaya kandang hamster yang dikeluarkan adalah Rp 400.000 dengan rincian sebagai berikut.

No.AlatHarga
1.Kandang jerujiRp. 250.000
2.Paket mainan hamsterRp. 150.000
 TotalRp. 400.000

Setelah mengamati dan membaca beberapa tips merawat bayi hamster, karakteristik dan daftar makanan diatas, semoga anda lebih semangat untuk merawat dan mempelihara hamsterndengan benar, dan semoga bermanfaat!