8 Cara Merawat Ikan Arwana Agar Cepat Besar dan Berkualitas

cara merawat ikan arwana

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Ikan Arwana termasuk salah satu primadona dan ikon ikan hias yang dapat ditemui di daerah perairan tawar khususnya di wilayah tropis seperti Amerika Tengah, Asia Tenggara, Afrika Tengah, Papua Nugini dan Australia Utara.

Jenis ikan arwana yang memiliki harga selangit adalah jenis super red. Berikut ini adalah tips merawat ikan arwana agar tetap indah, simak langkahnya berikut ini.

Cara Merawat Ikan Arwana Agar Tetap Indah

Bagi para pemula  atau yang ingin memulai memelihara ikan arwana yuk simak cara merawat ikan arwana agar tetap indah berikut ini:

1. Pilihlah Aquarium yang Tebal

cara merawat ikan arwana

Aquarium untuk ikan arwana harus diperhatikan yaitu bahan kaca yang tebal minimal 12 milimeter karena ikan arwana memiliki kekuatan dan dapat menabrak kaca tipis menjadi pecah.

2. Carikan Akuarium Ukuran Besar Untuk Ikan Arwana yang Besar

Aquarium yang digunakan merawat ikan arwana sebaiknya berukuran besar dan disarankan ukuran minimal 120 x 60 x 60. Semakin besar semakin bagus untuk ikan arwana agar bebas bergerak.

3. Minimalkan Hiasan di Aquarium

Aquarium ikan arwana tidak perlu hiasan yang banyak seperti tanaman air, bebatuan, dan hiasan lainnya. Hiasan di dalam aquarium memiliki potensi untuk melukai sisik dan berpotensi meningkatkan penumpukaan kotoran.

Baca Juga :

Cara Merawat Ikan Discus

Ikan arwana merupakan ikan yang menghasilkan kotoran yang banyak dan dapat menjadi sarang penyakit serta meningkatlan keracunan ammonia bagi ikan arwana.

4. Berikan Penerangan yang Cukup

Penambahan lampu UV juga sangat disarankan karena warna lampu UV memancarkan cahaya ungu sehingga membuat ikan arwana dapat memunculkan keindahan dari warna sisik ikan arwana yang sangat cantik dari dalam aquarium.

5. Jagalah Kebersihan Air Dengan Filter

Pemasangan filter air untuk ikan arwana sebaiknya memiliki kemampuan sedot cukup besar mengingat ikan arwana menghasilkan kotoran yang cukup banyak dan ikan arwana menyukai  air yang sedikit berarus seperti di habitat aslinya.

6. Lakukan Pemilihan Bibit Ikan Arwana Unggulan

Jenis bibit ikan arwana haruslah bermutu tinggi dan berkualitas baik. Adapun kriteria – kriteria yang dapat digunakan sebagai dasar pemilihan bibit ikan arwana yang kami sarankan, yaitu :

  • Aktif bergerak dan berenang lurus ke depan
  • Jenggot atau sungut tegak kedepan tidak bengkok
  • Tidak terdapat cacat atau luka di tubuh.
  • Memiliki warna cerah dan proporsi tubuh yang ideal yaitu tidak terlalu panjang bila dibandingkan dengan besar kepala, lebar ekor dan lebar sirip
  • Nafsu makan baik terhadap pakan yang disediakan
  • Berasal dari pembibitan yang terpercaya

Baca Juga :

Cara Memelihara Ikan Louhan

7. Berikan Pakan yang Bergizi

Ikan arwana dapat diberikan serangga seperti jangkrik, belalang, ulat, jentik-jentik, cacing, ikan  kecil dan serangga kecil lainnya.

Bila diberikan serangga hindari pemberian serangga dengan kulit yang keras karena menghambat pencernaan dari ikan arwana sendiri.

8. Lakukan Penggantian Air Secara Berkala

Untuk air di dalam aquarium ikan arwana bila menggunakan filter yang sesuai maka penggantian air tidak perlu sering dilakukan.

Pergantian air dapat dilakukan setiap satu bulan sekali yaitu dengan mengganti sebanyak 25% dari total air aquarium. Hal ini bertujuan untuk menghindari stress dari ikan bila pergantian air terlalu cepat dan terlalu sering. Dan ikan arwana yang stress dapat menjadi sakit dan berujung kematian.

Ikan arwana memiliki warna sisik yang sangat indah yang membuat banyak orang jatuh cinta ingin merawat ikan ini sebagai ikan hias di aquarium.

Ikan arwana dengan harga yang fantastis harus dirawat dengan sepantasnya. Jadi, kapan nih mulai merawat ikan arwana?

Kami menyediakan artikel untuk kalian termasuk mengenai kucing, maupun anjing.