7 Cara Merawat Ikan Discus Warna-Warni Teman Cantik untuk Aquascape

cara merawat ikan discus

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Cara Merawat Ikan Discus – Halo sobat pelihara hewan, sebelum memulainya lebih baik sobat pelihara hewan mengetahui terlebih dahulu mengenai ikan discus dan lanjut tentang cara merawatnya.

Ikan discus mungkin saat kita mendengar nama ikan ini mungkin agak asing di telinga kita, namun setelah melihat bentuknya kita akan terkesima dengan ikan yang satu ini.

Ikan discus memiliki bentuk yang hampir bulat dengan corak warna warni membuatnya jadi tampak sangat indah dan menyenangkan ketika dilihat.

Namun, apakah kalian tau dibalik keindahan dari ikan discus yang berasal dari perairan air tawar di Sungai Amazon terdapat kesulitan tersendiri dalam merawatnya.

Yuk kita cari tahu bagaimana cara merawat ikan ini agar sehat dan nyaman di dalam aquarium kita, tentunya saran dari para master yang sudah berhasil dalam merawat dan mengembangbiakkan ikan discus di Indonesia.

Apabila mau tau lebih lanjut? Berikut ini adalah cara merawat ikan discus agar tetap sehat dibawah ini!

Begini Cara Merawat Ikan Discus Agar Tetap Sehat

Jika kalian pemula alangkah baiknya jika dilakukan dengan teliti secara baik dan benar. Jangan lama-lama lagi, yuk simak langkah-langkah cara merawat ikan discus berikut ini.

  1. Sediakan Aquarium Ikan Discus

    cara merawat ikan discus
    Untuk merawat ikan discus disarankan untuk menggunakan aquarium yang berukuran besar dan semakin besar aquarium semakin bagus.

    Ikan discus disarankan menggunakan aquarium minimal volume kapasitas 200 liter atau berukuran 160 cm X 60 cm X 60 cm dengan ukuran tersebut dapat menampung sebanyak 5 – 6 ekor ikan discus

  2. Pilihlah Bibit Ikan Discus Terbaik

    Sebelum merawat ikan discus tentunya tidak jauh dari pemilihan bibit terlebih dahulu, pemilihan ikan discus untuk diletakkan di aquarium disarankan berasal dari hasil budidaya.

    Karena ikan discus hasil budidaya memiliki tingkat stress yang lebih rendah bila diletakkan diaquarium bila dibandingkan dengan ikan hasil tangkapan alam.

    Jangan memelihara atau merawat ikan discus hanya satu ekor karena ikan discus merupakan ikan yang hidup secara berkelompok.

    Maka disarankan bila ingin merawat ikan ini setidaknya merawat dalam jumlah minimal 2 ekor, namun yang lebih baik dalam satu aquarium berisi 4-5 ekor

  3. Atur pH Air yang Sesuai

    Ikan discus lebih menyukai pH air normal yaitu 6,5 dan dengan menjaga pH aquarium di angka 6,5 akan meminimalkan tingkat stress yang bisa mengakibatkan rusaknya sisik ikan discus dan berujung kepada kematian.

  4. Menentukan Suhu Air yang Ideal

    Suhu air yang ideal untuk merawat ikan discus yaitu antara 28 – 31°C dan untuk mengetahui suhu air sebaiknya di dalam aquarium diberikan thermometer untuk memudahkan kalian dalam memantau suhu air aquarium.

  5. Ganti Air Aquarium Ikan Discus Secara Rutin

    Penggantian air di aquarium untuk ikan discus dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Tujuan dari  penggantian ini adalah menjaga agar  air tetap segar, menjaga kadar ammonia rendah dan kebersihan air.

    Proses selanjutnya dari merawat ikan discus karena pergantian air hanya boleh diganti sebanyak 50% dari kapasitas air aquarium agar ikan tidak stress.

  6. Jangan Gabung Ikan Discus Dengan Jenis Ikan Lainnya

    Ikan discus tergolong jenis ikan lamban sehingga bila dicampur dengan ikan lain yang memiliki nafsu makan tinggi akan menghabiskan pakan sedangkan ikan discus tidak kebagian.

  7. Berikan Pakan Enak dan Bergizi

    Pakan dari ikan discus ini relatif mudah yaitu dapat diberikan cacing sutra beku atau berger (pakan khusus untuk ikan).

    Pemberian pakan dapat diberikan sehari 3 kali dengan pemberian secara sedikit demi sedikit.

    Usahakan jangan sampai ada pakan sisa karena sisa pakan dapat menjadi sumber penyakit bagi ikan discus.

    Ikan discus dengan warna yang beragam ini sangat cocok untuk menghias aquascape bagi para pecinta ikan hias.

Karakteristik Ikan Discus

Ikan discus memiliki ukuran Panjang tubuh berkisar 15-27 cm, ia memiliki bervariasi warna, seperti biru, kuning, merah, hijau dan coklat, ikan discus memiliki bentuk pipih seperti cakram atau kaset CD dan berwarna cerah.

Bentuk mata dan mulut sangat kecil seperti ikan cupang, pada tubuhnya terdapat garis-garis vertical yang membentuk layaknya corak batik dan berfungsi sebagai kamuflase melindungi diri dari predator.

Daftar makanan ikan Discus dan harga

  • Hikari vibra bites (Rp. 155.000 / 280gr)
  • Pelet 88 premium (Rp. 30.500 / 120gr)
  • Pellet tetra bits (Rp. 99.000 / 110gr)

Harga di atas hanyalah estimasi menurut versi kami.

Persiapan Aquarium Ikan discus

Ikan discus biasa dipelihara dan dirawat pada aquarium, siapkan aquarium jika anda tertarik untuk memelihara dan budidaya ikan discus, pastikan air dalam aquarium selalu terjaga kebersihannya.

Ikan discus dapat dipelihara dalam wadah yang sama dengan beberapa ikan discus lainnya, tidak harus 1 aquarium 1 ikan, karena ikan ini berbeda dengan ikan tarung atau ikan cupang yang sering berkelahi.

Estimasi Harga Aquarium Ikan discus

Berikut adalah estimasi harga Aquarium menurut versi kami.

No.AlatHarga
1.Aquarium (45x20x20)Rp. 215.000
2.Hiasan aquariumRp. 100.000
 TotalRp. 315.000

Ikan discus menjadi incaran para pecinta ikan hias karena warnanya yang indah dan bentuknya yang imut. Kalau kalian, kira-kira tertarik merawat ikan discus nggak nih?