Intip Cara Merawat Ikan Koi yang Baik dan Benar!

cara merawat ikan koi 2

Cara Merawat Ikan Koi – Nama ikan koi bagi pecinta ikan hias sudah tidak asing lagi karena ikan ini merupakan salah satu primadona ikan hias di Indonesia.

Ikan koi memiliki corak tubuh indah dan dipercaya sebagai ikan koi pembawa keberuntungan yang dapat dijual dengan harganya yang bisa tembus selangit.

Sehingga sering disebut sebagai ikan sultan. Jika kalian berminat untuk merawat ikan koi pembawa keberuntungan ini.

berikut ini tips – tips cara merawat ikan koi yang disarankan oleh para kolektor ikan koi mendunia sehingga ikan koi tetap sehat dan aktif.

Begini Cara Merawat Ikan Koi untuk Pemula

Jika ingin hasil yang maksimal. Yuk, ikuti langkah-langkah merawat ikan koi berikut ini.

  1. Siapkan Kolam Ikan Koi

    cara merawat ikan koi

    Sebelum memulai merawat ikan koi sebaiknya menyiapkan kolam ideal supaya ikan koi betah dan dan sehat adapun saran untuk kolam ikan koi memiliki kedalaman air minimal  50 cm dan lebar kolam minimal 1 meter.

    Karena ikan koi akan tumbuh semakin besar dan panjang berbeda dengan ikan hias lainnya yang cenderung sama ukurannya.

    Selain itu, bila ingin merawat ikan koi di kolam terbuka disarankan untuk memberi peneduh di atas kolam untuk arena berteduh ikan koi saat cuaca panas dan terik.

  2. Lakukan Pengisian Air Kolam

    Isi kolam dengan air mengalir dengan sumber air yang sehat dan sebelum memasukkan ikan koi ke dalam kolam disarankan untuk mendiamkan terlebih dahulu air yang baru diisi selama dua sampai tiga hari dengan alasan untuk mengendapkan kotoran yang terbawa oleh air.

    Setelah dirasa air sudah cukup bersih, barulah meletakkan ikan koi di dalam kolam.

  3. Memilih Bibit Ikan Koi

    Pemilihan bibit dalam memulai merawat ikan koi sangat penting sebelum ditempatkan di kolam.

    Adapun saran dari para budidaya yaitu pilihlah bibit yang sehat dan berasal dari pembibitan yang terpercaya.

    Untuk ciri-ciri ikan koi yang sehat diantaranya bebas luka, nafsu makan baik, aktif, selalu berkeinginan dalam kelompok, dan berwarna mengkilap.

    Jangan tergiur dengan harga yang murah lebih baik mengutamakan kesehatan karena ikan koi yang sehat akan lebih mudah dalam beradaptasi di kolam baru.

  4. Pemasangan Filter Air

    Pemasangan filter air didalam kolam ikan koi juga sangatlah penting karena dengan mengunakan filter air dapat menjaga kebersihan air kolam dan  mengontrol kadar ammonia di dalam air sehingga air tetap dalam kondisi bersih.

  5. Berikan Pakan yang Berkwalitas

    Pakan untuk ikan koi juga harus berkwalitas baik agar memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi seperti pellet yang memiliki kandungan protein 30% dan lemak 5% serta diberikan pakan tambahan berupa cacing sutra dan kutu air sebagai cemilan.

    Pemberian pakan ikan koi ideal dapat diberikan  dua kali sehari dalam jumlah yang cukup. Jangan terlalu sering.

    Jika melakukannya terlalu banyak dapat menyebabkan air menjadi keruh, ammonia tinggi, dan kadar oksigen yang rendah yang tidak baik untuk kesehatan ikan koi karena dapat menyebabkan penyakit dan kematian pada ikan koi.

    Ikan sultan atau ikan koi pembawa keberuntungan ini ternyata cukup mudah untuk dipelihara.

    Rata-rata pembudidaya ikan koi memiliki keuntungan berlipat sehingga bisnis budidaya ikan koi menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Karakteristik Ikan Koi

Ikan koi adalah ikan yang masih berkeluarga dengan ikan mas, ikan koi memiliki tubuh menyerupai torpedo bersirip, ia memiliki satu sirip punggung, satu pasang sirip dada, satu pasang sirip perut satu sirip ekor dan satu pasang sirip anus.

Sisik pada ikan koi tumbuh pada lapisan endodermis, ia memiliki indra perasa yang terletak pada urat saraf, dan indra pencium berbentuk kumis atau sungut yang berjumlah satu pasang.

Indera pendengar ikan koi terletak di bagian sisi tubuh yang membentang dari tengah kepala menuju ekornya, habitat ikan koi ada di wilayah perairan air tawar.

Daftar Makanan ikan koi dan harga

  • Hiro premium (Rp. 67.000 / 1kg)
  • Taisho (Rp. 19.000 / 1kg)
  • Sankoi sprirulina (Rp. 56.000 / 1kg)
  • Harmoni koi (Rp. 187.000 / 10kg)

Harga diatas hanyalah estimasi menurut versi kami.

Persiapan Kolam Ikan Koi

Seperti ikan pada umunya, ikan koi juga membutuhkan kolam untuk ia tetap hidup, kolam ikan koi biasa dibuat di depan rumah dengan berbahan dasar semen, pasir dan bata juga biasa di lengkapi dengan kaca.

Kolam ikan koi membutuhkan filter air agar koi tetap bertahan hidup, selain itu kolam koi juga dapat dibuat dari batu yang disusun di permukaan tanah yang menjorok kedalam.

Estimasi Harga Pembuatan Kolam Ikan Koi

Harga berikut hanyalah estimasi menurut versi kami.

No.AlatHarga
1.BataRp. 3.000 x 100 (Rp. 300.000 )
2.SemenRp. 51.000
3.pasirRp. 200.000 (50 kg)
4.Filter airRp. 150.000
 TotalRp. 701.000

Ikan koi menjadi ikan primadona karena coraknya yang indah, adaptasi yang mudah, keuntungan sangat berlimpah dan pasar dengan tingkat peminat tinggi di pasar ikan hias se-Indonesia sehingga mudah untuk dijalankan bagi kaum pemula.

Nah, apakah kalian tertarik untuk merawat ikan koi pembawa keberutungan ini?