Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Benar

cara merawat kucing anggora 1

Cara Merawat Kucing Anggora – Umumnya bila ditanya mengenai jenis-jenis kucing, kucing pertama yang terpikirkan kebanyakan kucing anggora yang berasal dari daratan turki ini karena lucu, bulu lebat, tingkah imut dan muka yang sangat menggemaskan.

Kini, semakin banyak orang yang mencari kucing anggora namun banyak yang merasa tertipu saat mengadopsi karena kucing anggora mulai disilangkan dengan jenis kucing lainnya. Berikut adalah cara merawat kucing anggora agar tetap sehat dan berbulu lebat.

Cara Merawat Kucing Anggora Agar Tetap Sehat dan Berbulu Lebat

cara merawat kucing anggora

Untuk mengetahui lebih lanjut simak cara merawat kucing anggora agar tetap sehat dan berbulu lebat berikut ini:

  1. Mandikan Kucing Anggora Secara Rutin

    Pertama dalam merawat kucing anggora disarankan untuk dimandikan satu bulan sekali karena kucing merupakan hewan pembersih sehingga tidak perlu terlalu sering memandikan kucing karena dapat membuat kucing menjadi stress.

    Setelah dimandikan, keringkan kucing dengan alat pengering seperti blower apabila kucing tidak kering sempurna dapat menyebabkan penyakit jamur akibat bulu lembab.

  2. Sisir Bulu Kucing Anggora

    Dalam merawat kucing anggora dianjurkan untuk sesering mungkin menyisir bulu karena seperti yang kita ketahui kucing anggora sendiri memiliki bulu yang panjang dan lebat sehingga menyisir bulu akan sangat membantu untuk mengurangi bulu rontok dan menggumpal.

  3. Berikan Pakan Kucing Anggora yang Bernutrisi

    Pemberian pakan bernutrisi sangat dianjurkan untuk menjaga keindahan bulu dari kucing anggora sehingga sangat disarankan untuk memilih pakan yang sudah diformulasikan khusus untuk kucing anggora yang dijual di pasaran secara bebas.

  4. Perawatan Kucing Anggora Tambahan

    Perawatan tambahan dalam merawat kucing anggora yang dimaksud disini yaitu pemberian vitamin, obat cacing dan vaksinasi.

    Pemberian multivitamin untuk menjaga kesehatan kucing anggora. Pemberian obat cacing setiap 3 bulan sekali di bawah pengawasan dokter hewan perlu dilakukan untuk menjaga kucing terhindar dari penyakit cacingan yang dapat menyebabkan kerontokan bulu yang parah.

    Program vaksinasi juga sangatlah penting untuk kucing sebab dengan vaksinasi akan membuat kucing menjadi lebih kebal terhadap penyakit virus yang sangat mematikan.
    Kucing anggora merupakan kucing unik berbulu panjang yang perlu diperhatikan dalam perawatannya. Maka dari itu para pecinta kucing harus siap dalam mempersiapkan perawatan ekstra untuk kucing anggora tersayang.

Ciri-Ciri Memilih Kucing Anggora yang Sehat

Sebelum merawat kucing anggora kita harus mengetahui ciri-ciri memilih kucing angora yang sehat, aktif dan ceria bagi pemula. Yuk simak rekomendasi berikut ini.

1. Memiliki Bentuk Kepala Segitiga

Kucing anggora pada bagian kepala berbentuk lebar lalu mengerucut ke bagian dagunya menyerupai segitiga.

Dengan corak mata dan tatapan tajam dan telinga berbentuk segitiga membuat muka dari kucing anggora menjadi sangat khas dan membuatnya menjadi sangat gagah.

2. Badan yang Langsing dan Berukuran Medium

Kucing anggora berbadan langsing dan medium dengan berat badan dewasa antara 2-4 kg disertai ekor bulu yang lebih tebal bila dibandingkan dengan bulu pada bagian tubuh lainnya.

3. Bentuk mata seperti kacang almond

Kucing anggora memiliki bentuk mata yang khas seperti kacang almond atau berbentuk oval dengan warna mata yang unik seperti warna kuning, warna biru.

Kombinasi ditunjukkan dengan satu mata berwarna biru dan warna kuning di mata satunya.

4. Berbulu tebal dan panjang

Kucing anggora memiliki bulu yang tebal dan panjang karena berasal dari Turki yang memiliki empat musim yang berguna untuk melindungi tubuhnya agar tetap hangat saat musim dingin tiba.

Karakteristik Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki bentuk kepala segitiga, katena bagian wajah atas lebih lebar dan mengerucut di bagian dagu, hidung kucing angora tergolong mancung, telinga runcing dan terdapat bulu di bagian ujung telinga.

Mata kucing angora seperti almond, untuk angora berjenis kelamin jantan biasa memiliki ukuran lebih besar disbanding kucing betina, tubuh Panjang dan langsing, juga memiliki bulu yang Panjang dan mudah rontok.

Daftar Makanan Kucing Anggora beserta Harga

Berikut adalah daftar makanan kucing angora:

  • Royal Canin (Rp. 49.000 / 195gr)
  • Whiskas (Rp. 68.000 / 1.2kg)
  • Me- O (Rp. 19.000 / 1pcs)
  • Pro Plan (Rp. 107.000 / 1kg)
  • Lezato (Rp. 22.000 / 1kg)
  • Bolt Salmon (Rp. 25.000 / 1kg)

Harga di atas hanya estimasi menurut versi kami.

Persiapan Kandang Kucing Anggora

Persiapkan kandang untuk kucing anggora yang anda pelihara agar ia tidak menjadi liar dan tetap nyaman dalam pertumbuhannya, kandang yang dapat anda siapkan bisa menggunakan bahan dasar besi ataupun kayu.

Ukuran kandang sesuaikan dengan ukuran dan jumlah kucing yang anda pelihara, jangan lupa untuk meletakkan mainan kucing sediakan juga tempat makan dan minum dalam kandang agar kucing lebih terlatih untuk makan dan minum.

Anda juga dapat meletakkan pasir pada kandang agar kucing terlatih untuk membuang kotoran pada pasir yang telah disediakan.

Estimasi Biaya Kandang Kucing Anggora

No.AlatHarga
1.Kayu reng (1x3x400 cm)Rp. 10.000 x 4 (Rp. 40.000)
2.Kawat kasa 2 meterRp. 26.000
3.Paku 1 kgRp. 21.000
4.Kayu triplek (6 mm)Rp. 73.000
5.Mainan kucing anggoraRp. 50.000
 TotalRp. 210.000

Selain membuat sendiri, kandang kucing angora juga dapat dibeli langsung dengam kisaran harga Rp. 250.000 – Rp. 2.000.000 tergantung ukuran.

Jadi, apa kalian siap mengikuti trend memelihara kucing anggora dengan penuh kesiapan dan kasih sayang?