Cara Merawat Landak Mini: Karakteristik dan Daftar Pakan

cara merawat landak mini

Cara Merawat Landak Mini – Landak mini adalah salah satu hewan yang aktif di malam hari dan menggunakan waktu siang hari untuk beristirahat dan tidur, hewan jenis seperti ini biasa disebut sebagai hewan nokturnal.

Meski tergolong hewan nokturnal, dan merupakan salah satu hewan yang tidak mudah untuk dipelihara, namun landak kini digemari banyak orang untuk dipelihara.

Terlihat lucu dan menggemaskan, menjadi kelebihan landak untuk membuat orang semakin tertarik memilikinya, jika anda berminat memelihara landak silakan simak cara merawat landak mini, berikut ini!

Mengenali Karakteristik Landak

Pemalu

Landak juga disebut sebagai binatang pemalu, karena jika belum kenal atau baru pertamakali bertemu dan berusaha menyentuhnya, landak mini menggulung tubuhnya seperti bola. Karena landak mini akan menganggap orang yang baru dikenal sebagai ancaman bahaya.

Penglihatan buruk

Seperti hewan pada umumnya, jika baru dilahirkan landak mini tidak dapat melihat atau buta, jika sudah berusia beberapa minggu, ia baru memproses penglihatannya agar berfungsi dengan baik.

Namun jika sudah dewasa landak tetap tergolong hewan yang memiliki penglihatan kurang jernih dibandingkan binatang lainnya.

Duri landak yang kokoh

Landak memiliki sekitar 6.000 duri pada tubuhnya, dan duri landak tergolong kokoh yang tidak mudah rontok, tidak beracun dan tidak terlalu tajam.

Jika masih berusia muda landak mini akan mengalami duri rontok, namun jangan khawatir karena hal tersebut pergantian dari duri lunak menjadi duri yang lebuh kuat.

Persiapan Kandang Landak mini

Dalam merawat landak mini selain kandang landak dapat dibeli langsung di toko, anda juga dapat mempersiapkan dan membuatnya sendiri.

Dalam pemilihan kandang untuk landak mini diperlukan ukuran yang cukkup besar, yakni berukuran sekitar 120 x 60 cm.

Semakin besar kandangnya maka semakin mendukung pertumbuhan landak. Karena ia suka bermain maka siapkan juga beberapa ranting atau mainan landak didalam kandang agar landak merasa nyaman.

Cara Merawat Landak Mini Agar Tetap Sehat

Landak mini termasuk hewan yang mudah dilatih, tubuhnya yang mungil dan menggemaskan serta tingkah aktifnya membuat ia disebut mirip dengan hamster, meski demikian namun landak mini tetap berbeda dengan hamster, berikut ini adalah cara merawat landak mini:

1. Pilih landak yang tepat

Sebelum memutuskan merawat landak mini angkah lebih baiknya anda mengenali karakteristik landak seperti yang sudah dibahas diatas. Pilihlah landak dengan keadaan sehat dan aktif. Harga landak mini berkisar Rp.150.000-Rp.300.000 saat ini.

Pada umumnya, landak mini berukuran kepalan tangan orang dewasa sekitar 10-30 cm dan memiliki berat 150-1.590 gram. Dan usia landak mini yakni rata-rata 5 tahun.

2. Berilah Makan untuk Landak mini

Landak mini termasuk salah satu hewan pemakan serangga, atau disebut sebagai insektivora, selain serangga makanan lainnya juga dapat dikonsumsi landak mini.

3. Mandikan Landak mini

Seperti hewan pada umumnya, landak juga memerlukan mandi untuk menghindari tubuh landak dari bakteri dan penyakit, juga agar tidak menyebabkan bau tidak sedap.

Yang perlu dipersiapkan dalam memandikan landak mini, sediakan wadah air, sikat gigi, dan sabun. Cara memandikan yakni basahkan tubuh landak dan sikat menggunakan sikat gigi dan sabun secara perlahan. Jika sudah, bilas dan keringkan menggunakan kain atau handuk.

4. Bersihkan Kandang

Setelah memandikan landak mini secara rutin, selanjutnya jangan lupa untuk membersihkan kandang landak secara teratur, baiknya lakukan pembersihan kandang, minimal setiap satu minggu sekali.

Bersihkan pula sisa makanan dan minuman serta kotoran landak, siapkan wadah untuk berjaga jaga landak membuang kotoran pada wadah tersebut, karena landak dapat dilatih membuang kotoran pada tempat yang disediakan.

5. Lakukan Interaksi Rutin

Jika sudah melakukan beberapa Langkah diatas, yang perlu dilakukan terakhir yakni berinteraksi dengan landak mini, hal ini diperlukan untuk menghilangkan rasa malu dan takut dari landak mini, lakukan dengan mengusap-usap tubuh landak dan ajaklah bermain.

Selain untuk menghilangkan rasa pemalu, interaksi juga dapat digunakan untuk mengetahui kondisi Kesehatan landak mini.

Jika terlihat tidak banyak gerak dan responnya kurang maka segera periksa, kemungkinan landak sedang sakit ataupun stress. Karena landak mini rentan dihampiri penyakit diare, dan cacingan.

Daftar Pakan Landak Mini

Berikut ini adalah daftar pakan landak mini beserta harganya.

  • Ulat hongkong
  • Jangkrik
  • Daging
  • Telur
  • Buah-buahan (pisang,apel,pir)
  • Sayuran (wortel,brokoli,jagung)

Jika anda tertarik merawat dan memelihara landak mini, lakukan beberapa tips diatas agar dapat merawat landak mini dengan baik. Semoga bermanfaat!