6 Cara Merawat Leopard Gecko yang Benar Untuk Pemula

cara merawat leopard gecko

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Cara Merawat Leopard Gecko – Hewan peliharaan yang banyak kita kenal hanya anjing, kucing dan kelinci sekarang bertambah banyak merambat ke hewan–hewan golongan reptil salah satunya merawat leopard gecko.

Peliharaan satu ini saat ini sedang digandrungi dan menjadi buah bibir di kalangan para pecinta reptil khususnya jenis kadal-kadalan.

Apabila diantara kalian berminat merawat leopard gecko atau baru memulai memelihara gecko yang satu ini maka halaman ini tepat banget buat kamu! Berikut adalah cara merawat leopard gecko agar tetap sehat.

Cara Merawat Leopard Gecko Agar Tetap Sehat

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, yuk mari simak penjelasan tentang cara merawat leopard gecko agar tetap sehat, nyaman dan bahagia berikut ini.

  1. Siapkan Rumah Nyaman Leopard Gecko

    cara merawat leopard gecko
    Sebelum menjadi owner dan merawat Leopard Gecko alangkah lebih baik kalau kita menyiapkan rumah untuk Leopard Gecko terlebih dahulu.

    Leopard Gecko tidak membutuhkan kandang yang sangat luas seperti menggunakan kotak plastik yang diberikan lubang-lubang sebagai ventilasi.

    Begitu juga dengan aquarium kaca khusus reptil yang sudah banyak dijual di pasaran dan disarankan untuk pencahayaan baik matahari atau lampu reptil untuk menjaga suhu kandang gecko.

  2. Terapkan 1 Kandang 1 Leopard Gecko

    Pada dasarnya gecko merupakan hewan soliter kecuali pada saat musim kawin maka sangat dianjurkan untuk meletakkan satu gecko di dalam satu kandang untuk menghindari pertengkaran antar gecko.

  3. Berikan Hiasan dan Tempat Bersembunyi Bagi si Gecko

    Dalam merawat leopard gecko juga membutuhkan hiasan di dalam kandang seperti bebatuan yang disusun sedemikian rupa sehingga gecko dapat bermain dengan bebas dan nyaman.

    Gecko juga membutuhkan tempat bersembunyi yang dapat di beli sesuai dengan selera kita. Disarankan dalam satu kandang diberikan 2—4 tempat bersembunyi sehingga gecko tidak mudah bosan.

  4. Hangatkan Leopard Gecko Dengan Alas Kandang

    Pemilihan alas kandang juga harus sangat diperhatikan karena bila salah bisa membahayakan si gecko seperti pasir atau krikil kecil dapat dimakan dan menimbulkan masalah kesehatan.

    Alas kandang yang disarankan terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan tidak lembab seperti kain, tisu atau kertas koran dengan catatan segera diganti  saat kondisinya sudah rusak dan kotor.

  5. Berikan Asupan Air yang Cukup

    Merawat leopard gecko juga membutuhkan asupan air seperti air minum di dalam kandang. Jadi, perlu disiapkan seperti mangkok atau tempat khusus yang dapat di isi air minum yang dangkal.

    Atau bisa dengan kedalaman 1-2 cm supaya leopard gecko tidak tenggelam. Hal ini bertujuan untuk tempat air ini selain untuk minum bisa juga untuk mandi.

  6. Berikan Pakan yang Berkualitas

    Pakan yang harus diberikan dalam merawat leopard gecko secara alami yaitu serangga, ulat dan hewan kecil.

    Dari sekian banyak pakan yang dapat dikonsumsi oleh sangat disarankan diberikan pakan berupa jangkrik yang berukuran kecil, belalang, dan ulat. Sebab jenis pakan tersebut memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh Leopard Gecko.

    Pemberian vitamin dan mineral seperti kalsium juga perlu diberikan dengan cara menaburkan serbuk vitamin dan mineral di pakan.

    Pemberian pakan diberikan sehari satu kali pada pagi hari dengan jumlah sekali makan mencapai 2-3 ekor jangkrik.

    Leopard gecko yang sedang digandrungi ternyata mudah untuk dirawat ya! Kunci perawatan leopard gecko ada pada konsisten dan menyamakan dengan habitat aslinya.

    Kira-kira dari ke-enam tahapan, tahapan mana nih yang paling sulit dijalani? Lakukan persiapan sebaiknya sebelum memelihara leopard gecko sehingga gecko menerima kasih sayang penuh dan tanggung jawab dari masing-masing owner ya guys!

Karakteristik Leopard Gecko

Leopard Gecko adalah tokek cantik, jinak dan mudah untuk dipelihara, ia memiliki motif pada tubuhnya seperti leopard atau macan tutul. Warna dasar leopard gecko adalah kuning dengan bintik-bintik hitam atau colat.

leopard gecko berasal dari dataran kering, berbatu, berdebu, dan bercuaca cukup panas, ia melindungi diri dari debu menggunakan kelopak mata, meskipun tokek lain tidak mempunyai tetapi ia mempunyai.

Panjang tubuh leopard gecko berkisar 20 – 30 cm, sama seperti cicak, leopard gecko akan memutuskan ekor atau autotomy jika ia merasa terancam .

Daftar Makanan leopard gecko dan Harga

Berikut adalah dagtar makanan dan harga menurut versi kami.

  • Jangkrik (Rp. 55.000 / 1kg )
  • Cacing (Rp. 65.000 / 1kg)
  • Anggur (Rp. 30.000 / 500gr)
  • Apel (Rp. 16.000 / 1kg)
  • Lalat

Persiapan Kandang leopard gecko

Untuk kandang leopard gecko anda dapat menyiapkan kotak yang terbuat dari plastik, atau aquarium, anda dapat meletakkan beberapa leopard gecko dalam satu wadah namun hindari sesame jenis jantan.

Berikan lapisan koran, kain atau karpet khusus reptil dalam kandang anda, dan juga dapat menggunakan pasir khusus, letakkan elemen yang dapat dibuat tempat persembunyian dalam kandang gunakan bambu atau lainnya.

Berikan juga tempat untuk menaruh makanan dan minuman di dalam kandang leopard gecko.

Estimasi biaya Kandang leopard gecko

Berikut estimasi kandang leopard gecko serta rinciannya

No.Alatharga
1.Box plastik (200 x 124 x 162 mm)Rp. 17.000
2.handukRp. 25.000
3.Kotak makan, minumRp. 15.000
 TotalRp. 57.000

Harga diatas hanyalah estimasi