7 Cara Merawat Tupai Agar Tetap Sehat untuk Pemula

cara merawat tupai

Written by drh. Titis Dwi Laksono

Cara Merawat Tupai – Apa kalian tau tentang tupai hitam dari Pulau Kalimantan? Tupai hitam Kalimantan merupakan salah satu tupai terbang yang dapat ditemukan di Indonesia atau tepatnya di wilayah pulau Kalimantan

Tupai hitam tampak unik bila dibandingkan dengan jenis tupai lainnya dimana tupai biasa umumnya berwarna coklat bertubuh mungil atau hewan kecil sedangkan tupai hitam memiliki warna hitam legam dan berukuran lebih besar.

Hewan imut ini dengan keunikannya ternyata banyak memikat masyarakat khususnya pecinta tupai berkeinginan untuk memelihara dan merawat tupai hitam satu ini. Berikut ini adalah cara merawat tupai hitam agar tupai tetap sehat dan bahagia saat dirawat.

Cara Merawat Tupai Untuk Pemula

Jika kalian menginginkan tupai yang lincah dan sehat maka lakukanlah cara dibawah ini dengan benar, simak cara berikut ini.

  1. Siapkan Kandang Tupai

    Sebelum memulai memelihara tupai hitam Kalimantan maka perlu menyiapkan kandang tupai yang sesuai karena seperti yang kita tahu tupai merupakan hewan yang aktif dan lincah sehingga disarankan untuk menyediakan kandang yang lebar dan luas dengan ukuran kandang  minimal panjang 70 cm x lebar 70 cm x tinggi 150 cm.

    Bahan kandang disarankan menggunakan bahan logam atau kawat anyam untuk menghindari gigitan tupai saat kita didekatnya karena seperti diketahui bahwa tupai memiliki gigi yang kuat sehingga dapat menggigit dengan keras.

  2. Berikan Hiasan untuk Tupai Memanjat

    Hiasan sangat penting untuk diberikan berupa tempat memanjat dan bermain bagi tupai di dalam kandang agar tupai tidak bosan. Tempat bermain yang bisa diberikan berupa ranting atau kayu yang berukuran sedang dan kuat menopang tupai.

  3. Beri Tempat Bersembunyi Atau Sarang

    Tupai memiliki kebiasaan bersembunyi dalam sarang maka perlu disediakan sarang tupai di dalam kandang seperti pohon agar menyerupai sarang aslinya. Berikan alas yang agak tebal bisa berupa handuk, kain, atau koran sebagai alas.

  4. Letakkan Kandang yang Banyak cahaya

    Kandang tupai hitam disarankan untuk ditempatkan di luar ruangan penuh sinar matahari namun tetap memberikan area berteduh  dan terhindar dari hujan.

  5. Berikan Mainan untuk Tupai

    Tupai merupakan salah satu hewan pengerat dan biasanya saat berada di alam liar, tupai sering mengunyah benda – benda keras seperti kayu untuk mengasah dan merawat giginya. Maka dari itu, sebaiknya owner menyediakan mainan di dalam kandang seperti kayu bulat atau mainan gigitan untuk anjing dan kucing agar gigi tupai tetap terawat.

  6. Beri Pakan Sesuai untuk Tupai

    Tupai merupakan hewan omnivora atau hewan yang dapat memakan segalanya sehingga tupai dapat memakan biji-bijian, buah, dan terkadang serangga kecil di alam bebas.

    Tupai peliharaan dapat diberikan buah seperti pepaya dan berry serta serangga  seperti jangkrik dan belalang sebagai selingan. Kacang boleh diberikan namun tidak boleh terlalu sering karena dapat menyebabkan obesitas bagi tupai sehingga hanya boleh dimakan sebagai cemilan.

  7. Beri Minum yang Cukup

    Pemberian minum pada tupai dapat disediakan dalam wadah khusus dan disarankan berukuran sedang karena wadah tersebut juga dapat digunakan oleh tupai untuk mandi.
    Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan dari air minum dan sangat disarankan untuk mengganti air minum setiap hari untuk menghindari kuman penyakit.

Karakteristik Tupai

Tupai termasuk salah satu hewan jenis mamalia kecil yang memiliki berat badan berkisar 150 sampai 280 gram, tupai juga termasuk hewan lucu yang memiliki bulu-bulu halus, dan memiliki ekor Panjang.

Tupai sangat aktif, ia gemar melompat dan memanjat, meski kecil ia tetap dapat menjaga keseimbangan Ketika melompat dan memanjat dengan mengandalkan ekor panjangnya.

Daftar makanan tupai beserta harga

  • Kacang almond (Rp. 143.000 / 1kg)
  • Kacang hazelnut (Rp. 28.000 / 250gr)
  • Jagung (Rp. 16.000 / 1kg)
  • Oats (Rp. 27.000 / 1kg)
  • Jeruk (Rp. 15.000 / 1kg)
  • Anggur (Rp. 60.000 / 1kg)
  • Apel (Rp. 17.000 / 1kg)
  • Alpukat (Rp. 30.000 / 1kg)

Daftar Harga makanan tupai di atas hanyalah estimasi menurut versi kami

Persiapan Kandang Tupai

Seperti yang anda ketahui, tupai termasuk hewan pengerat, ia aktif dan suka memanjat, alangkah lebih baiknya jika anda membuat kandang untuk tupai dengan berbahan dasar besi agar tidak mudah rusak.

Ukuran kandang yang anda siapkan lebih baik jika besar dan luas agar tupai lebih nyaman, anda bisa membuat dengan ukuran berkisar tinggi 1 meter, Panjang 60 cm dan lebar 60 cm. sediakan kayu atau mainan dalam kandang tupai.

Estimasi Harga Kandang Tupai

No.AlatHarga
1.Kandang jeruji tupaiRp. 548.000 (120 x 60 x 60)
2.Mainan tupaiRp. 150.000
3.Wadah makan dan minumRp. 100.000
 TotalRp. 798.000

Tupai hitam dengan segala keunikannya dari Pulau Kalimantan sangat cocok untuk kalian para pecinta hewan peliharaan berukuran mini.

Memelihara tupai hitam juga perlu sangat diperhatikan karena tupai merupakan hewan liar yang tidak biasa dipelihara. Pelajari secara mendalam di PeliharaHewan.com sebelum memelihara tupai hitam, ya!