Cara Ternak Kambing : Merawat yang Simpel dan Menguntungkan

cara merawat kambing

Cara Ternak Kambing – Meskipun banyak orang yang sudah memilih usaha untuk budidaya dan ternak kambing, tetapi masih banyak yang salah dalam melakukan perawatan yang baik dan benar, sehingga mengakibatkan kerugian.

Keuntungan dari ternak kambing sebenarnya sangat banyak jika dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangbiakan kambing.

Tidak hanya itu, kambing juga menghasilkan susu, dan pupuk kendang yang dihasilkan dari kotoran kambing.

Terlihat tidak mungkin tetapi sudah banyak pembuktian bahwa pupuk dari kotoran kambing sangat dapat digunakan sebagai penyubur tanaman. Mari simak cara ternak kambing simpel hingga panen berikut ini.

Begini Cara Ternak Kambing Simpel Hingga Panen

Berikut ini kami rangkum hal-hal yang harus diperhatikan dalam ternak kambing, sebagai berikut:

  1. Sesuaikan Ukuran Kandang Kambing

    cara merawat kambing
    Langkah pertama dalam ternak kambing yang harus disiapkan sebelum memutuskan ternak kambing yakni dengan menyiapkan kandang yang sesuai dengan kambing agar dapat tumbuh dengan baik, berikut yang harus diperhatikan:
    – Kandang untuk Induk dan anak kambing dewasa berukuran 100 cm x 125 cm.
    – Kandang untuk kambing jantan berukuran 110 cm x 125 cm.
    – Pastikan kendang dalam keadaan bersih
    – Kandang mendapat sinar matahari yang cukup, tetapi tidak terlalu panas.

  2. Pilihlah Bibit Ternak Kambing

    Pilihlah terlebih dahulu jenis kambing seperti apa yang ingin anda ternak, jika menginginkan kambing yang cepat berkembang biak dan mudah gemuk, tahan penyakit dan paling diminati, anda bisa memilih kambing jenis kacang atau jawa.

    Jika menginginkan kambing perah anda bisa memilih kambing jenis etawa, selain dapat menghasilkan susu kambing etawa juga sering dijadikan kambing potong.

  3. Memberikan Pakan Kambing

    Setelah dua hal diatas, yang tidak kalah pentingnya dari ternak kambing yakni pilihan makanan.

    Seperti halnya manusia, kambing juga memerlukan makanan untuk tumbuh sehat, yang perlu diperhatikan dalam memberi makan kambing bisa seperti di bawah ini:

    – Rumput/daun/hijau-hijauan
    – Berikan makanan yang mudah dicerna, tidak beracun, dan disukai kambing
    – Lakukan pemberian makan 2 kali dalam satu hari yakni pada pukul 08.00 dan 16.00
    – Berikan minum secara teratur seimbang dengan makanan yang dimakan
    – Untuk kambing yang sedang hamil, menyusui dan penjantan bedakan porsi makan dari kambing biasanya, untuk kambing beberapa ini membutuhkan asupan tambahan.

  4. Cara Mengatasi Penyakit Kambing

    Sudah sangat sering terjadi dan terdengar bahwa kambing sakit, beberapa penyebabnya yakni terkadang karena cuaca, suhu, keracunan, dan lingkungan sekitar.

    Untuk mengindari hal itu terjadi maka lakukan beberapa tips poin diatas agar kambing dapat tumbuh sehat.
    Beberapa penyakt yang sering terjadi pada kambing yakni:

    – Cacingan
    – Kudis (scabies)
    – Paru-paru
    – Perut kembung, dan lain lain.

    Anda tidak perlu khawatir, jika anda sudah melakukan perawatan secara benar maka kambing akan tumbuh sehat, namun jika masih ada kambing yang susah sembuh silakan dibawa ke dokter hewan.

  5. Cara Panen Hasil Ternak Kambing

    Waktu menjual kambing yang tepat yakni disaat berat badan kambing sudah tidak bisa naik lagi atau berada pada posisi berat maksimal.

    Kambing di usia 1- 1,5 Tahun kebanyakan sudah tidak dapat bertambah berat lagi, jadi pada usia tersebut bisa dibilang ideal untuk dipanen atau dijual.

Karakteristik Kambing

Kambing memiliki badan yang kuat dan lincah, untuk kambing berjenis kelamin jantan berukuran 90 sampai 127 cm, dan untuk betina 92 cm, untuk berat badan bisa mencapai 91 kg jenis jantan dan 63 kg betina.

Memiliki telinga Panjang dan terlukai ke bawah, berdahi dan hidung cembung, kambing jantan maupun betina memiliki tanduk yang pendek, namun ada juga jenis kambing yang memiliki tanduk melengkung Panjang.

Daftar Makanan Kambing dan harga

  • Dedak (Rp. 4.000 / 1kg)
  • Rumput
  • Jerami kering

Harga di atas hanya estimasi versi kami.

Persiapan kandang Kambing

Kandang kambing sudah sangat familiar tentu sangat mudah dibuat, anda hanya perlu menyiapkan lahan kosong dan gunakan kandang berbahan dasar kayu atau bambu.

Bambu yang kuat dan tidak mudah rapuh, karena kambing terkadang agresif, kemudian siapkan juga tali untuk mengikat kambing agar tetap terjaga dan menghindari perkelahian antar kambing dalam kandang.

Estimasi biaya Kandang Kambing

Berikut adalah estimasi harga versi kami:

No.AlatHarga
1.Bambu ( 160-180 cm)Rp. 39.000 x 6 (Rp. 234.000)
2.Paku (1 kg)Rp. 21.000
3.Tali tamparRp. 16.000
4.Atap kandang /terpal (3×4 m)Rp. 60.000
 TotalRp. 331.000

Dari tips diatas jika anda ingin mencoba melakukan ternak maka anda tidak akan merasa kesulitan dan ketakutan lagi untuk ternak kambing.

Bahkan anda akan dapat mendapatkan untung yang cukup sesuai jika melakukan ternak kambing dengan baik dan benar, karena ada banyak cara yang cukup mudah.