Cara Ternak Kerang Darah Di Tambak Yang Menghasilkan

cara ternak kerang

Cara Ternak Kerang Darah – Komoditi hasil laut seperti kerang masih banyak dicari sehingga cara ternak kerang tesebut dapat dilakukan oleh peternak untuk mendapatkan keuntungan.

Proses ternak hasil laut memang kadang terbatas terutama tempat maupun bibitnya. Untuk dapat berternak dengan baik maka perlu memahami cara ternak yang lebih inovatif dan bisa memberikan nilai keuntungan lebih besar lagi.

Ada banyak jenis kerang yang dapat diternakan dan bisa memberikan hasil keuntungan besar. Mulai dari kerang darah, kerang mutiara, kerang bambu, dan berbagai jenis lainnya.

Dari banyaknya jenis tersebut, kerang darah merupakan pilihan yang mudah untuk diternakkan dan peminatnya masih cukup tinggi. Jangan lama-lama lagi mari simak berikut adalah cara ternak kerang darah di tambak.

Cara Ternak Kerang Darah Di Tambak

Beternak kerang terutama jenis kerang darah saat ini dapat dilakukan di tambah sehingga jadi satu inovasi yang menguntungkan. Proses ternak dan budidaya kerang darah tersebut terbilang cukup mudah jika mengetahuinya.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalamm proses ternak kerang darah yang dijelaskan lewat ulasan berikut ini.

1. Siapkan lokasi budidaya kerang darah

Langkah awal yang perlu dijalani untuk dapat melakukan ternak kerang darah adalah mempersiakan lokasi budidaya.

Pilih lokasi tambak yang punya banyak cekungan dasar perairan karena kerang menyukainya. Siapkan tambak yang memiliki sirkulasi air dengan kondisi baik agar kualitas lokasi pertumbuhan kerang tetap ideal. Kuras kolam harus sering dilakukan agar air tetap berkualitas.

2. Siapkan benih kerang darah yang akan diternakkan

Setelah tempat untuk menjalani cara ternak kerang darah di siapkan, langkah selanjutnya adalah mendapatkan benih.

Pilihan benih kerang darah tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber tergantung modal dan kebutuhan. Benih kerang darah bisa diperoleh dari alam maupun membelinya.

3. Penebaran benih kerang darah

Benih yang di peroleh hasil melalui tahapan seleksi kualitas sebelum ditebar. Pastikan kondisi benih memiliki bentuk yang utuh dan tidak cacat.

Jumlah benih yang ditebar juga harus diperhitungkan luasnya, kira – kira kepadatannya 2000 ekor benih setiap meter persegi tambak budidaya.

Proses penebaran harus dilakukan hati – hati dan perlahan agar tidak melukai kerang.

4. Pertumbuhan kerang darah

Setelah penebaran bibit, kerang akan mengalami proses pertumbuhan hingga 500% dari berat awalnya sebelum siap panen.

Pembesaran benih kerang darah tersebut dapat berlangsung lebih kurang 4 – 5 bulan hingga siap untuk dipanen. Cepat tidaknya proses panen sangat bergantung pada kualitas perawatan dari benih kerang darah tersebut.

Karakteritik Kerang Yang Perlu Diketahui

Kerang darah atau Anadara granosa merupakan jenis seafood yang banyak dikonsumsi dari piihan kerang lainnya.

Secara ukuran, kerang darah dewasa berukuran panjang 5 – 6 cm dan lebar 4 – 5 cm. Kerang darah memiliki dua keping cangkang yang bisa membuka dan menutup serta berwarna putih kecoklatan.

Persiapan Kandang Kerang

Kandang kerang biasanya dibuat di tambak yang berisikan air laut. Ukuran kandang dapat bervariasi dan bisa disatukan dengan ikan. Untuk pemula, ukurang kandang 4 x 4 meter bisa menjadi pilihan.

Estimasi Biaya Pembutan Kandang Kandang

Perkiraan Total Biaya pembuatan kandang Kepiting adalah Rp 500.000. Berikut ini rinciannya.

No.AlatHarga
1.Kayu Gedeg8 x 45rb/pcs = 360rb
2.Bambu8 x 15rb/pcs = 120rb
3.Kawat dan paku20rb

Daftar Pakan Kerang Darah Serta Harga

Berikut adalah daftar pakan kerang darah serta harga versi kami.

  • Pakan ikan 1 kg Rp. 50.000
  • Lumut hidup segar 1 Kg Rp. 10.000

Dengan cara tepat dan faktor yang diperhatikan secara benar, peternak bisa menghasilkan kerang berkualitas dalam jumlah besar.

Cara ternak kerang butuh pengalaman yang baik agar bisa menghasilkan nilai keuntungan besar dan pastinya juga didukung oleh kesabaran.