6 Cara Ternak Siput Hingga Panen

cara ternak siput

Cara Ternak Siput – Siput termasuk hewan mollusca atau hewan lunak, meski memiliki rumah yang keras namun pada dasarnya siput bertubuh lunak, bahkan beberapa orang merasa geli Ketika melihatnya.

Karena kelunakan tubuhnya ia juga sangat lambat Ketika berjalan dibandingkan hewan lainnnya, karena kakiknya. Kaki siput terdiri dari otot, bentuknya rata, memanjang, terletak di bagian bawah tubuh.

Nah jika kalian tertarik untuk ternak siput. Maka simak berikut adalah cara ternak siput sampai panen.

Begini Cara Ternak Siput

Siput adalah hewan yang berlendir, lender dan ekstrak siput dapat digunakan untuk menyngatasi sakit Ketika menstruasi, gatal-gatal, sakit jantung, karena kandungan asam amino dan protein tinggi didalamnya.

Jika anda memutuskan untuk ternak siput. Agar mendapat untung, simak Cara Ternak Siput berikut ini.

1. Siapkan Kandang Siput

Pertama anda harus menyiapkan kandang untuk siput sesuai dengan penjelasan sebelumnya, utamakan kandang yang lembab untuk siput.

karena siput suka memanjat pastikan kandang yang anda buat sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan siput.

2. Pembibitan Siput

Terdapat beberapa jenis siput yang dapat di ternak di Indonesia, diantaranya adalah siput enis Achatina Variegata dan Achatina Fulica, yang mampu beradaptasi dengan iklim di Indonesia.

Selanjutnya pastikan anda memilih bibit unggul siput, kategori ini dapat dilihat dari berat siput yang berkisar 75 – 100 gram per ekor dan tidak terlohat cacat di bagian tubuh siput.

3. Reproduksi Siput

Setelah menyiapkan kandang dan melakukan pembibitan, Langkah selanjutnya yakni melakukan proses reproduksi siput, yang telah berusia 6 – 7 bulan.

Jika sudah waktunya menikah, siput akan mencari lingkungan yang aman untuk bertelur.

Siput mampu menetaskan telur 50 sampai 100 butir setiap setelah proses kawin, yang berukuran kurang dari 2 mm per telur.

4. Lakukan Perawatan dan Pemeliharaan Siput

Jika siput sudah kawin dan bertelur, kemudian jika telur sudah menetas pastikan anda memisahkan siput dengan sesuai usia dan ukurannya.

Anak siput yang berusia 2 – 3 bulan, sudah dapat dipindahkan ke kandang yang lebih besar. Agar siput dapat tumbuh berkualitas.

5. Berikan Makan pada Siput

Selain merawat dan memelihara, peternak siput juga perlu memberi makan pada siput, untuk tetap membuat siput lebih sehat , terhindar dari hama dan penyakit.

6. Panen Siput

Panen siput dapat dilakukan Ketika siput telah berusia 5 – 8 bulan, dan cangkang telah mencapai ukuran 8 – 10 cm.

Hasil panen siput dapat diambil dagingnya dan kemudian dapat digunakan untuk sate, keripik, dendeng, dan sejenisnya.

Cangkang siput dapat dijual untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan tepung, dan obat herbal.

Karakteristik Siput

Berikut beberapa karakteristik siput yang perlu diketahui!

Siput memiliki cangkang atau rumah yang berbentuk unik, tubuhnya lunak dan jalannya sangat lambat, orang-orang biasa menyebut siput dengan si hewan lelet.

Siput memilliki kecepatan maksimal 0,03 mil / jam. 1 mil sama dengan 1,609344 km, dapat disimpulkan bahwa siput sapat berjalan sejauh 1,34 cm per 1 menit.

Persiapan Kandang Siput

Dibandingkan dengan kandang hewan lainnya, kandang siput termasuk Langkah jika dibeli, rata-rata orang akan membuatnya sendiri jika ingin berternak siput.

Gunakan bahan dasar kayu untuk membuat kandang siput, ukuran kandang berkisar 1 x 1 meter. Bagian ataas kandang dapat ditutup dengan triplek agar keteduhan dan kelembapan terjaga, untuk bagian dinding gunakan kawat kasa.

Tambahkan beberapa daun dan ranting pohon di dalamnya untuk siput berjalan merambat.

Estimasi Biaya Kandang Siput

Berikut adalah estimasi harga kandang siput, estimasi kandang siput versi kami dengan mengeluarkan biaya skitar Rp. 147.000.

No.AlatHarga
1.Kayu triplekRp. 100.000
2.Kawat kasa 2 meterRp. 26.000
3.Paku 1 kgRp. 21.000
 TotalRp. 147.000

Daftar makanan dan harga pakan siput

Berikut adalah daftar makanan dan harga menurut versi kami.

  • Sawi (Rp. 10.000 / 500 gram)
  • Bayam (Rp. 20.000 / kg)
  • Timun (Rp. 10.000 / kg)
  • Papaya (Rp. 30.000 / kg)

Harga di atas hanya estimasi.

Jika anda sudah tertarik untuk ternak siput, silakan lakukan beberapa tips diatas untuk mendapatkan keuntungan dalam ternak. Semoga bermanfaat!