Inilah Makanan Babi Hutan

babi hutan

Makanan Babi Hutan – Babi hutan merupakan nenek moyang dari babi liar dan babi ternak yang hidup sepenuhnya di hutan atau juga disebut sebagai babi celeng. Babi ini biasa hidup secara liar di hutan dan punya beberapa spesies di Indonesia.

Babi hutan paling banyak hidup di wilayah selatan Indonesia. Hewan ini sangat aktif terutama ketika terancam. Babi hutan merupakan hewan noktunal yang lebih aktif di malam hari. Balakangan ini banyak muncul kabar mengenai babi hutan yang menyerang manusia akibat habitatnya berkurang. Simak lebih lanjut mengenai jenis makanan babi hutan berikut ini.

Jenis Makanan Babi Hutan

Babi hutan merupakan hewan omnivora yang akan mengkonsumsi banyak makanan baik itu tanaman maupun hewan lainnya. Beberapa laporan menyebutkan babi hutan sering memburu hewan ternak di malam hari.

Sebagai hewan omnivora, ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh babi hutan. Berikut ini beberapa makanan yang dimakan oleh babi hutan di alam liarnya, seperti :

1. Hasil Ladang dan Buah Buahan

Jenis makanan pertama yang akan di konsumsi babi hutan sebagai hewa omnivora adalah hasil ladang dan buah buahan. Babi hutan dilaporkan serting memakan tanaman hasil ladang di malam hari yang dapat merugikan para petani.

2. Telur Hewan

Selain tanaman berupa hasil ladang dan buah, babi hutan juga mengkonsumsi telur hewan. Babi hutan sering mencari telur hewan di malam hari sebagai makanan untuk dikonsumsinya. Telur burung jadi santapan yang sering dikonsumsi oleh babi hutan.

3. Binatang Kecil

Babi hutan juga mengkonsumsi beberapa hewan kecil seperti tikus serangga dan cacing. Binatang kecil tersebut memang bisa ditemukan di malam hari ketika babi hutan aktif.

4. Hewan ternak berukuran kecil

Selain ketiga makanan babi hutan yang disebutkan di atas, babi hutan juga ditemukan mengkonsumsi hewan ternak kecil. Sapi muda dan domba kecil menjadi sasaran babi hutan untuk dimakan.

Aturan Pemberian Makan Babi Hutan

Berapa Kali Babi Hutan Makan dalam Sehari?

Babi hutan merupakan hewan noctunal dan akan aktif di malam hari termasuk untuk mencari makanan. DI penangkaran babi, hewan tersebut akan mendapatkan makanan sebanyak 2 sampai tiga kali sehari.

Berapa Kali Bayi Babi Hutan Makan dalam sehari?

Bayi Babi hutan akan mengkonsumsi makanan dari susu induknya. Jumlah konsumsi makanan bayi babi hutan tersebut tidak bisa dihitung secara pasti karena secara otomatis akan mencari putting susu induknya ketika lapar.

Babi Hutan Sakit Karena Kekurangan Nutrisi

Babi hutan bisa mengalami pertumbuhan yang terhambat hingga kematian ketika tidak terpenuhi nutrisinya. Babi hutan akan mencari makanan ke banyak tempat untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya termasuk ke ladang warga dan peternakan.

Fakta Unik Tentang Babi Hutan

Makanan babi hutan sangat beragam dan memang hewan tersebut bisa mengkonsumsi apa saja. Selain makanan yang unik, ada beberapa hal menarik lain yang dapat kamu temukan dari hewan ini seperti dijelaskan lewat ulasan berikut.

  1. Babi hutan merupakan hewan yang berbahaya karena dapat menyerang secara aktif ketika terancam
  2. Babi hutan punya taring dan gigi yang besar serta bisa punya berat lebih dari 200 kg
  3. Babi hutan merupakan pelari yang handal dan bahkan bisa berlari hingga kecepatan 48 km/jam
  4. Babi hutan bisa tetap hidup tanpa air karena mampu menjaga kelembapan tubuhnya
  5. Babi hutan termasuk hewan yang cerdas dengan IQ diatas anjing.

Dengan penjelasan mengenai makanan dan beberapa hal unik dari babi hutan tersebut, dapat menjadi salah satu informasi menarik untuk diketahui. Makanan babi hutan cukup beragam karena merupakan hewan omnivora.