Inilah Makanan Tapir Hewan yang Terancam Punah

tapir

Makanan Tapir – Tapir merupakan hewan yang punya ciri khas dari hidung dan bibirnya. Hewan tapir tersebut memiliki hidung dan bibir atas yang memanjang seperti sebuah belalai pada gajah namun dengan fungsi berbeda. Fungsi belalai tersebut adalah untuk mengambil makanan tapir di hutan terutama pada tanaman.

Selain unik dari belalainya, jumlah jadi kakinya yang berbeda antara kaki depan maupun belakang menjadi ciri khas tersendiri. Tapir punya kemampuan berenang dan menyelam yang handal karena bisa bertahan cukup lama di bawah air. Tapir merupakan hewan yang dilindungi sehingga tidak boleh dipelihara sembarangan.

Jenis Makanan Tapir

Hewan yang suka menyendiri atau sering disebut soliter ini merupakan herbivora. Sebagai hewan herbivora, tapir mengkonsumsi berbagai bagian dari tumbuh – tumbuhan terutama daun muda dan batang baru dari pohon di hutan. Nah apa saja sih makanan tapir, simak rekomendasi makanan tapir berikut ini.

Berikut Makanan Tapir

Ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh tapir di alam liar yang menjadi pertimbangkan jenis pakan saat tapir dipelihara kebun binatang. Berikut adalah beberapa jenis makanan tapir beserta penjelasannya.

1. Daun Muda

daun muda

Makanan pertama yang menjadi favorit tapir di alam liar adalah daun mudah dari berbagai tumbuhan hijau di hutan. Tapir akan memanfaatkan belalainya yang panjang tersebut untuk menarik daun muda.

2. Cabang Baru

cabang baru tumbuhan

Selain daun mudah, makanan lain yang juga menjadi kesukaan dari tapir adalah cabang baru tumbuhan. Tapir memang sangat menyukai bagian tumbuhan yang masih muda dan baru tumbuh dibandingkan bagian lainnya.

3. Umbi umbian

umbi umbian

Jenis makanan tapir yang juga dikonsumsi adalah umbi umbian berserakan di bawah tanah. Jenis umbi umbian yang sering di konsumsi oleh tapir tersebut seperti durian dan nangka. Beberapa jenis umbi tersebut memang sering ditemukan berserakan di hutan terutama yang sudah matang.

4. Pepohonan kecil

pepohonan kecil

Beberapa jenis pepohonan kecil juga menjadi makanan tapir yang sering dikonsumsi. Pilihan semak dan perpohonan kecil yang sering dikonsumsi oleh tapir tersebut seperti Familia Euphorbiaceae dan familia Rubiaceae.

Aturan Pemberian Makan Tapir

Berapa Kali Tapir Makan dalam Sehari?

Hewan yang merupakan satwa dilindungi tersebut dapat mengkonsumsi makanan kapan saja ketika dalam kondisi lapar. Di kebun binatang sebagai tempat penangkarannya, tapir akan diberi makan secara rutin selama 3 kali sehari agar kebutuhan makannya cukup dan tidak berlebih.

Berapa Kali Bayi Tapir Makan dalam sehari?

Bayi tapir yang lucu dan imut akan mengkonsumsi susu dari induknya saat masih kecil. Beranjak dewasa, bayi tapir akan mengkonsumsi tumbuhan dengan frekuensi sama seperti induknya setiap hari.

Fakta Unik Tentang Tapir

Selain makanan tapir yang dijelaskan melalui ulasan di atas, ada informasi menarik lain dari hewan tapir tersebut. beberapa fakta unik yang dapat kamu temukan dari hewan tapir dijelaskan lewat ulasan di bawah ini.

  • Belalai tapir berbeda dengan belalai gajah karena sebenarnya adalah hidung dan bibir
  • Hewan yang mampu menumbuhkan tanaman dari kotorannya
  • Hewan ini masih memiliki hubungan dekat dengan kuda dan juga badak
  • Hewan ini mampu berjalan di dalam air
  • Hewan yang pandai bersiul dan sering membuat ekspresi lucu

Beberapa jenis makanan dapat menjadi tumbuhan yang dikonsumsi oleh tapir seperti penjelasan di atas. Tapir merupakan hewat herbivora sehingga semua jenis tumbuhan. Makanan tapir yang paling disukai oleh hewan tersebut adalah bagian muda dari tumbuhan dan pepohonan kecil.