Jenis, Cara Merawat, Dan Harga Kucing Sphinx

659 views

Harga Kucing Sphinx, peliharahewan.com | Popularitas kucing sebagai hewan piaraan tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan?. Kucing yang selama ini identik dengan binatang yang lucu sekaligus menggemaskan ini juga cenderung lebih aktif dan bisa bersahabat dengan majikannya. Tak heran jika banyak orang memutuskan untuk menjadikannya sebagai hewan piaraan.

Kehadiran ras kucing tanpa bulu sebenarnya tidak benar-benar berkembangbiak. Keberadaan kucing ini terlahir sebagai kategori kucing tanpa bulu yang disebabkan oleh gen resesif yang dimiliki oleh kedua indukan tersebut. Dengan kata lain, mereka tidaklah gundul, melainkan dengan bulu yang sangat pendek sehingga terlihat seperti berkulit saja.

Harga Kucing SphinxKetenaran kucing ini biasanya dikenal dengan Sphinx, yang akhir-akhir ini sedang melambungkan popularitas berkat daya tarik serta karakteristik yang dimilikinya. Meski harga kucing Sphinx berbeda dengan kucing pada umumnya. Hal ini tidak membuat pecinta binatang lucu ini mangkir dan memilih piaraan lain sebagai gantinya.

Di sisi lain, kondisi tidak berbulu juga bukan merupakan penyakit. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila ingin memeliharanya di rumah. Perhatian serta perawatan yang cukup dari Anda akan membuat mereka merasa nyaman. Tak heran jika selepas mampu beradaptasi, mereka bisa sangat akrab dengan Anda.

Sebelum mengetahui harga kucing Sphinx, tak ada salahnya jika Anda memahami jenis-jenis kucing tanpa bulu terlebih dahulu.

1. Kucing Sphynx

Berasal dari Kanada dan ditemukan pada selang waktu 1960 hingga 1970-an. Orang-orang umumnya menyebut Sphinx sebagai kucing gundul dari Kanada. Pembibitan kemudian dilakukan setelah melihat bahwa kucing ini bisa hidup sehat meskipun ia tidak mempunyai bulu seperti kucing pada umumnya.

Kucing ini pertama kali disebarluaskan pada tahun 1970an dan Journal of Heredy juga menyatakan bahwa kucing tanpa bulu ini mulai dikirimkan ke Belanda

2. Kucing Donskoy

Dalam kurun waktu beberapa tahun, kucing Sphynx menguasai kucing tak berbulu di dunia. Saat Don Sphynx muncul pada tahun 1987, semuanya berubah drastis. Kucing ini telah menghipnotis semua orang dan menggeser eksistensi dari Sphinx.

Nama Donskoy sendiri diambil dari kota di Rusia Rostovon-Don yang menjadi saksi saat seekor anak kucing diselamatkan oleh Elena Kovalyova.

3. Kucing Peterbald

Pada 1993, Donskoy dikawinkan dengan kucing oriental dan siam. Dari persilangan tersebut kemudian dihasilkan kucing betina oriental dengan warna tortoiseshell dengan Donskoy jantan yang berwarna coklat mackerel melahirkan Peterbald tahun 1944. Hingga kabar tersebut membuat semua orang terkagum dan mulai menjadikannya sebagai binatang peliharaan.

4. Kucing Ukraina Levkoy

Keinginan orang untuk merawa kucing tanpa bulu yang bervariasi semakin menjadi. Mereka mendambakan kucing yang mempunyai telinga terlihat khas seperti khas Scottish Fold. Terciptalah Ukraina yang merupakan perpaduan dari Don Sphynx dan Scottish Fold. Lipatan di area telinga ini membuat mereka terkesan lebih menarik dengan wajah yang bulat dan luas.

Harga Kucing Sphinx IndonesiaMasih banyak varian kucing tanpa bulu lain yang bisa Anda cari melalui sumber lain. Beberapa di atas merupakan jenis yang paling digandrungi oleh masyarakat.

Harga kucing Sphinx tergantung pada kualitas perawatan kucing tersebut. Harganya berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 11.000.000 untuk anakan. Sementara untuk kucing yang dewasa, kucing ini dibanderol seharga Rp 25.000.000. Tarif yang cukup menguras kantong anda ini menjadikan kucing Sphinx dijuluki sebagai kucing termahal di dunia.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda mengenali tata cara maupun teknik perawatan yang baik. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan serta kelangsungan hidupnya.

Meski tidak punya bulu, bukan berarti Anda terbebas dari perawatan. Kucing ini bisa saja menumpahkan sel-sel kulit dan air liurnya yang mengandung protein dan berpotensi menimbulkan reaksi. Jadi, pastikan Anda konsisten dan bersedia menyempatkan waktu untuk memperhatikan mereka.

Ras ini jika terkena sengatan sinar matahari secara langsung atau juga paparan debu akan mengakibatkan efek yang fatal bagi kesehatannya. Sebaiknya, rawatlah mereka di dalam ruangan. Bila Anda ingin mengajaknya bermain di luar, oleskan lotion sun blok yang Anda beli dari dokter atau pet shop.

Walaupun harga kucing Sphinx ini mahal, kucing ini tidak tahan terhadap udara dingin dan tempat berangin. Sehingga upayakan agar Anda bisa memberi kamar tidur yang dilapisi dengan mantel tebal yang lembut. Atur suhu ruangan agar mereka tidak kena hipotermia.

Baca Juga >> Harga Kucing Snoopy

Sama seperti kucing lain, mereka perlu grooming. Sphinx tidak dapat mendistribusikan minyak kulit karena sentuhan dari jari Anda. Shampoo bayi atau kucing pun tidak ampuh mengatasi hal ini. Pastikan Anda memakai handuk yang mudah mengeringkan air di kulitnya, jika pemahaman Anda seputar hal ini kurang maka Anda bisa mencari pengetahuan tambahan.

Harga kucing Sphinx juga dapat Anda lihat melalui situs web atau sosial media penjual Sphinx di tanah air. Lakukan konsultasi dulu agar nantinya Anda tidak kecewa.

Baca juga :

kucing sphinx, sphinx kucing, sphynx harga

Tags: #Harga Kucing Sphinx #harga kucing sphinx indonesia