Cara Mengobati Kucing Muntah dan Penyebabnya

111 views

Mengobati Kucing Muntah, Bagi cat lovers dalam merawat kucing yang lucu dan menggemaskan tentu sangat menyenangkan, tetapi dalam merawat kucing tidak selamanya indah ada saja masalah yang akan dihadapi, salah satunya yaitu kucing muntah.

Kucing yang muntah bisa disebabkan karena masalah kesehatan atau bisa juga dikarenakan hal yang wajar. Karena secara alamiah kucing memang “harus” muntah dalam keadaan-keadaan tertentu, misalnya saja hair ball.

Ada juga muntah kucing yang tidak wajar, karena gangguan kesehatannya misal kucing muntah buih/busa putih, kucing muntah kuning lemas, kucing muntah cacing, kucing muntah mencret, kucing muntah hijau, muntah berlendir, sampai kucing muntah darah. Muntah pada kucing ini bisa terjadi pada kucing dewasa maupun anak kucing (kitten) jadi sebagai cat lovers yang baik tentunya kita harus mempersiapkan diri saat akan memelihara kucing.

Nah apa saja penyebab kucing muntah? Dan bagaimana cara mengobati kucing muntah? Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Penyebab Kucing Muntah

Banyak sekali faktor yang menyebabkan kucing muntah, baik itu muntah alami ataupun muntah karena penyakit. Oleh karena itu kita harus mengetahui penyebab kucing muntah sebelum melakukan tindakan pengobatan, tentunya agar pengobatan yang dilakukan bisa tepat sasaran. Berikut ini beberapa penyebab kucing muntah :

Penyakit

Yang pertama yaitu kucing muntah karena penyakit ngomong-ngomong soal penyakit yang menyebabkan kucing muntah sebenarnya banyak sekali Tetapi saya coba untuk membahas yang sering penyakit yang sering muncul pada kucing muntah

  • Muntah berlendir – Muntah ini diakibatkan oleh penyakit pada usus, biasanya terjadi karena peradangan usus atau pencernaan yang kurang baik. Pada penyakit ini ditandai juga dengan bau yang kurang sedap.
  • Muntah darah – Beberapa kasus pada kucing muntah ada juga yang muntah disertai dengan darah, muntah darah pada kucing ini disebabkan oleh penyakit yang ada pada saluran pencernaan. Jika muntah darah berwarna coklat gelap biasanya karena adanya masalah pada usus. Jika darah yang keluar segar dan berwarna merah biasanya adanya luka di dalam baik itu di tenggorokan ataupun pada saluran pencernaannya
  • Kucing muntah kuning – Penyakit hati penyakit hati pada kucing bukan iri dengki ya tetapi ini penyakit sejenis penyakit liver Atau infeksi hari lainnya selain penyakit hati kucing muntah cairan kuning juga disebabkan oleh virus
  • Kucing muntah hijau atau cairan empedu – Penyakit ini terjadi karena terdapat infeksi pada pankreas atau biasa juga disebut dengan inflasi usus. Warna hijau pada muntah kucing ini disebabkan oleh cairan empedu yang tidak terproses dengan baik.

Kucing cacingan

Harusnya sih masuk kedalam list penyakit tetapi saya rasa lebih baik dipisahkan karena kucing cacingan ini memerlukan penanganan tersendiri, mungkin di lain waktu Insya Allah saya akan membahasnya. Kucing muntah karena cacingan biasanya ditandai dengan keluarnya cacing pada muntahan, ini indikasi bahwa infeksi cacing pada kucing sudah cukup parah.

Keracunan

Keracunan pada kucing biasanya terjadi karena kucing salah memakan sesuatu atau dalam makanannya terdapat racun yang tidak kita ketahui. Tandanya yaitu kucing muntah busa putih atau muntah buih putih yang kadang disertai dengan muntah makanan.

Hairball

Diantara penyebab kucing muntah ada juga yang disebabkan oleh hal-hal alami salah satunya itu hairball. Hairball atau kucing muntah rambut adalah sesuatu yang alami dan normal terjadi pada kucing terutama pada kucing yang mempunyai bulu panjang atau long hair. Biasanya hairball pada kucing disertai juga dengan muntah rumput. Rumput yang ikut keluar adalah rumput yang dimakan kucing karena kucing berusaha memperbaiki pencernaannya dengan memakan serat (rumput).

penyebab kucing muntah

Foto : https://web.facebook.com/cuma.iki

Penyebab hairball itu karena kucing terkadang menelan rambutnya ketika sedang grooming atau menjilati badannya dan mekanisme sistem pencernaan pada kucing tidak bisa mencerna rambut jadi rambut yang tertelan akhirnya menggumpal di dalam sistem pencernaan akan dikeluarkan melalui muntah, terkadang juga keluar melalui pup.

Kucing sedang hamil

Tidak hanya pada manusia kucing yang sedang hamil pun terkadang mengalami muntah-muntah terutama pada kucing yang hamil muda. Mungkin pilihan waktu kita akan bahas pakai mana ciri-ciri kucing sedang hamil dan akan melahirkan. Kucing muntah karena hamil ini sangat wajar sekali.

Makanan kurang cocok

Kucing Anda masih baru atau baru ganti makanan kucing ini juga bisa menjadi faktor penyebab kucing muntah ada beberapa kucing yang memang tidak cocok dengan merk makanan kucing tertentu jika kucing anda baru ada adopt maka lebih baik menanyakan pada pemilik lamanya makanan apa yang diberikan. Biasanya ditandai dengan kucing muntah makanan setelah memakannya.

Bosan dengan makanan

Selain tidak cocok dengan makanannya kadang kucing juga merasa bosan jika diberi makanan yang itu-itu saja, tidak ada variasi sama sekali. Oleh karenanya kita perlu melakukan beberapa kali pergantian makanan agar kucing tidak merasa bosan. Ditandai dengan kucing muntah makanan setelah memakannya dan terlihat kurang nafsu makan.

Makan benda asing

Ini biasanya terjadi pada kucing muda atau anak kucing (kitten). Karena kucing-kucing kecil biasanya masih penasaran terhadap benda-benda tertentu yang kadang dimakan seperti kelereng, mainan plastik dan lainnya ini juga bisa mengakibatkan kucing muntah.

Karena Perjalanan

Penyebab kucing muntah juga bisa disebabkan oleh mabuk perjalanan. Biasanya karena perjalanan jauh dan pet cargo yang dipakai terlalu sempit ini membuat sirkulasi udara kurang bagus dan kucing bisa mabuk lalu akhirnya kucing muntah.

Pengaruh obat-obatan

Kucing juga bisa makan dikarenakan oleh pengaruh obat-obatan, misalnya saja obat cacing atau muntah setelah vaksin. Hal ini normal saja terjadi mungkin efek samping dari pemakaian obat tersebut tetapi jika sudah parah mungkin bisa hubungi dokter hewan.

Pasca operasi

Pasca operasi kucing juga bisa muntah biasanya karena pengaruh obat bius yang dilakukan pada kucing. Kucing muntah juga sebagai dari pertahanan tubuhnya karena obat bius yang dimuntahkan membuat kucing bisa tersadar kembali.

Masuk Angin

Cuaca yang dingin dan angin yang kencang bisa juga membuat kucing masuk angin akhirnya mual dan muntah. Masuk angin tidak terjadi hanya kepada manusia ya kucing pun bisa tidak enak badan karena cuaca yang kurang mendukung. Biasanya ditandai dengan perut yang kembung.

Virus Panleukopenia

Beberapa kasus kucing muntah juga diakibatkan oleh virus, virus ini bernama virus panleukopenia. Virus ini juga biasa disebut dengan Feline parvovirus, infectious enteritis atau radang usus menular. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan berbahaya bagi kucing. Kucing muntah karena virus ini biasanya ditandai dengan kucing muntah kuning dan mencret.

Parasit

Selain karena virus, kucing muntah juga bisa disebabkan oleh parasit. Parasit ini bisa masuk ke dalam tubuh kucing karena paparan dari luar atau pada mainan yang digigit kucing.

Turunan

Yang terakhir yaitu karena keturunan beberapa kucing yang lahir memang membawa turunan penyakit dari induknya dan biasanya juga ini menyebabkan kucing muntah tetapi rasionya menurut saya cukup kecil.

Mengobati Kucing Muntah

Untuk mengobati kucing muntah sebaiknya memang menghubungi dokter hewan tetapi di beberapa cat lovers yang memang tidak bisa memeriksakan kucingnya pada dokter hewan karena beberapa penyebab bisa karena jarak yang jauh, dokter yang tidak tersedia, atau masalah lainnya.

Obatnya juga bermacam-macam, ada obat alami kucing muntah ada juga yang melalui dokter hewan. Nah Jika seperti itu mungkin teman-teman cat lovers bisa mencoba cara mengobati kucing muntah di bawah ini, ada yang menggunakan yang akan saya bahas secara singkat.

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan ini bisa karena bakteri atau parasit), solusinya beri kucing probiotik dan vitamin, beri makan kuning telur mentah, dan istirahat yang cukup. Probiotik sangat ampuh untuk mengobati masalah pencernaan pada kucing, juga bisa menguatkan daya tahan tubuh kucing.

Keracunan

Berikan air kelapa atau norit (karbon aktif) untuk menyerap dan menetralisir racun. Norit atau karbon aktif untuk menyerap racun, air kelapa untuk menetralisir racun dalam tubuh, air kelapa yang digunakan sebaiknya menggunakan air kelapa hijau.

Hairball

Berikan kucing tanaman akar kucing untuk memperbaiki sistem pencernaannya.

Masalah makanan

Ganti makanan kucung dengan makanan merk lainnya bisa juga menggunakan wetfood yang biasanya sangat disukai kucing. Ajari juga makan kuning telur mentah untuk kesehatannya.

Penyakit lainnya silahkan konsultasikan dengan dokter hewan yah, takutnya salah ambil tindakan.

Baca juga :

cara mengobati kucing yang muntah cairan empedu, kucing muntah masuk angin, obat untuk kucing muntah darah

Tags: #kucing #kucing muntah buih putih #kucing muntah hijau #kucing muntah kuning #obat alami kucing muntah #obat kucing muntah #Penyebab Kucing