Ini Dia Makanan Berudu atau Kecebong

berudu

Makanan Berudu – Berudu merupakan fase pre dewasa dari hewan amfibi seperti contohnya kayak. Semua hewan amfibi akan melewati beberapa fase kehidupan termasuk menjadi berudu. Karena hidup sepenuhnya di air, berudu merupakan tahapan kehidupan perairan hewan amfibi, seperti kodok. 

Berbeda seperti hewan amfibi dewasa, makanan yang di konsumsi oleh berudu tentu tidak sama dengan katak atau kodok. Di tengah Masyarakat sendiri, berudu memiliki nama lain yang sangat populer yakni disebut sebagai kecebong. 

Jenis Makanan Berudu atau Kecebong

Tidak sama seperti fase dewasa menjadi katak atau kodok, berudu merupakan jenis hewan berjenis herbivora. Sebagai hewan herbivora, makanan utamanya adalah tumbuhan yang hidup di dalam air.

Makanan Berudu atau Kecebong

Makanan utama berudu adalah tumbuhan yang hidup di dalam air karena habitat hewan ini hanya akan hidup di air sebelum masuk ke fase selanjutnya. Beberapa makanan berudu yang sering di konsumsi di alam liar, seperti :

1. Algae

Jenis makanan pertama yang dikonsumsi oleh berudu adalah algae atau ganggang. Sebagian besar berudu mengkonsumsi algae atau ganggang sebagai makanan utamanya. Ganggang memang menjadi salah satu tumbuhan di dalam air yang mudah hidup di mana saja. 

2. Sisa Telurnya

Makanan lain yang di konsumsi oleh berudu di awal fasenya adalah sisa dari telur. Berudu akan memakan cairan sisa yang ada di dalam telurnya dulu. Sebagian spesies berudu merupakan omnivora yang akan mengkonsumsi semua jenis makanan. 

3. Sayuran lainnya

Jenis makanan lain yang juga di konsumsi oleh berudu adalah sayuran hijau lain. Kamu dapat memberikan makanan berudu berupa bayam air atau kangkung yang sudah di hancurkan sebagai alternatif dari algae. 

4. Serangga kering

Berudu yang sudah tumbuh ekor akan berubah menjadi hewan karnivora sehingga butuh protein hewani. Beri makanan berudu berupa serangga kering yang sudah di hancurkan untuk memenuhi kebutuhan protein hewaninya. 

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Berudu

Jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh berudu adalah bahan dengan konsistensi kerang dan ukurannya besar karena akan menyulitkan berudu untuk mengkonsumsinya.

Aturan Makan Berudu atau Kecebong

Berapa Kali Berudu Makan dalam Sehari?

Pemberian makanan berudu bisa dilakukan setiap saat dengan waktu yang konsisten. Beri makanan berudu ketika sudah muncul tanda ia membutuhkan makanan agar tidak berlebihan dan mengotori kolam.

Berapa Kali Bayi Berudu Makan dalam sehari?

Berudu merupakan fase pre-dewasa dari hewan amfibi sehingga dia tidak memiliki bayi dan baru bisa bertelur ketika memasuki masa dewasanya.

Penyakit Berudu yang timbul Karena Kekurangan Nutrisi

Berudu merupakan hewan yang sangat sensitif sehingga ketika tidak mendapatkan makanan yang cukup dapat menganggu kesehatannya maupun pertumbuhannya. Pastikan kamu memberikan makanan dalam jumlah yang cukup.

Fakta Unik Tentang Berudu atau Kecebong

Berudu merupakan hewan yang cukup unik bahkan dari jenis makanan yang dikonsumsi. Selain dari makanannya, ada beberapa hal unik dan fakta lain dari berudu untuk kita ketahui. Berikut beberapa hal menarik yang bisa kamu ketahui dari berudu. 

  • Berudu atau kecebong memiliki sifat yang mirip dengan ikan dan menjadi fase air dari hewan amfibi. 
  • Berudu atau kecebong sangat sensitif dan mudah mati ketika lingkungan hidupnya tidak mendukung
  • Alat nafas berudu berbeda dengan saat fase dewasa dimana hewan tersebut bernafas dengan menghirup udara di dalam  menggunakan insang. 

Beberapa informasi menarik dari hewan berudu atau kecebong tersebut dapat kamu ketahui lewat ulasan di atas. Berudu merupakan hewan yang sangat unik termasuk makanan berudu yang di konsumsinya.