Makanan Jerapah di Alam Liar

makanan jerapah

Makanan Jerapah – Pasti kita semua mengenal hewat berleher panjang yakni Jerapah yang digunakan untuk membantu mendapatkan makanan jerapah tersebut. Hewan yang banyak dijumpai di kebun binatang tersebut punya bentuk tubuh yang tinggi. Selain tubuh yang tinggi, leher panjangnya memang menjadi ciri khas yang paling mudah dikenali pada hewat tersebut.

Saat kita berkunjung ke kebun binatang, jerapah merupakan satu hewan yang paling sering diberi makan oleh pengunjung. Kamu yang sering memberikan makan pada jerapah bisa jadi belum banyak memahami makanan dari hewan yang lehernya merupakan hasil dari evolusi. Mengenali makanan hewan jerapah ini akan membantu kita untuk turun melestarikannya agar tetap hidup dan tumbuh di alam.

Jenis Makanan Jerapah

Makanan utama dari hewan jerapah ini yang sering kamu jumpai di kebun binatang adalah buah – buahan dan sayur – sayuran. Jenis makanan tersebut diberikan karena Jerapah merupakan hewan herbivora. Sebagai hewan herbivora, jerapah tentu tidak makan daging dan hanya memakan tumbuhan saja.

Rekomendasi Makanan Jerapah

Dari beberapa tumbuhan yang dapat dimankan oleh jerapah sebagai hewat herbivora, ada beberapa yang paling direkomendasikan. Adanya rekomendasi ini muncul karena memang sering dikonsumsi oleh jerapah di awal liat. Berikut adalah beberapa rekomendasi jenis makanan jerapah yang sering dikonsumsi diantaranya seperti :

1. Daun Akasia

Daun akasia jadi yang sering dimakan oleh jerapah dan salah satu alasan evolusi lehernya. Daun akasia merupakan makanan yang paling disukai oleh jerapah. Letaknya yang tinggi di atas pohon akasia mengharuskan tubuh jerapah berevolusi untuk mendapatkannya.

2. Sayuran dan Buah

Di kebun binatasn kita sering menjumpai makanan jerapah berupa sayuran untuk diberikan pengunjung ke hewan tersebut. Makanan Jerapah jenis ini punya beberaap pilihan yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing kebun binatang. Jenis sayuran dan buah yang sering diberikan ke jerapah seperti kacang panjang. Sayuran hijau, wortel, dan lain sebagainya.

3. Rumput hijau

Pilihan makanan lain yang juga biasa diberikan ke Jerapah adalah rumput hijau. Jenis makanan ini sering kita temukan di kandang dari jerapah yang peletakanya berada di atas. Rumput gajah merupakan satu jenis rumput hijau yang sering diberikan sebagai makanan jerapah.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Jerapah

Saat kamu akan memberi makan ke Jerapah di kebun binatang, pastikan untuk memahami apa saja yang tidak boleh dimakan hewan tersebut. Secara umum, Jerapah tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan selain tumbuhan. Kamu tidak boleh memberikan makanan manusia maupun daging ke Jerapah karena dapat menganggu kesehatannya ketika tidak sengaja di telan.

Aturan Pemberian Makan Jerapah

Berapa Kali Jerapah Makan dalam Sehari?

Jerapah merupakan hewat herbivora yang mengkonsumsi makanan cukup banyak. Dalam satu hari bahkan hewan tersebut dapat mengkonsumsi tumbuhan selama 18 jam secara terus menerus.

Berapa Kali Bayi Jerapah Makan dalam sehari?

Bayi jerapah akan mengkonsumsi susu yang dihasilkan oleh induknya. Semakin dewasa bayi tersebut, konsumsinya akan seperti jerapah pada umumnya dan waktu pemberian makan dilakukan sepajang hari karena jerapah sangat suka makan.

Penyakit Jerapah yang timbul Karena Kekurangan Nutrisi

Gangguan pencernaan menjadi salah satu hal yang dapat muncul ketika jerapah telah mengkonsumsi makanan. Tubuh yang kurus dan bobot ringan dapat menyebabkan jerapah tidak kuat menopah badannya yang berat ketika tidak diberikan nutrisi yang cukup.

Fakta Unik Tentang Jerapah

Setelah memahami beberapa prilaku makan jerapah yang dapat kamu temukan dalam penjelasan di atas, ada beberapa fakta unik dan menarik dari hewat jerapah ini. Ada beberapa fakta unik pada jerapah, seperti disebutkan di bawah ini.

  • Meskipun makannya banyak, jerapah hanya minum air sedikit
  • Hewan yang berkerabat dengan sapi serta rusa
  • Hewan yang hanya butuh tidur 20 menit saja dalam sehari
  • Hewan dengan kaki depan lebih panjang