Inilah Jenis Makanan Kukang yang Paling Disukai

kukang

Makanan Kukang – Kukang merupakan hewan liar yang saat ini menjadi satwa dilindungi dan termasuk dalam kelompok primata. Saat ini hanya ada 5 jenis kukang yang masih hidup di dunia dan 3 diantaranya berhabitat di Indonesia.

Kukang termasuk hewan primata primitif yang akan beraktifitas di malam hari dan tidur sepanjang siang. Kukang juga merupakan hewan arboreal atau satwa dimana aktivitas sehari – harinya banyak dilakukan di atas pohon.

Jenis Makanan Kukang

Sebagai hewan primata yang langka, pelestarian kukang terus diupayakan dengan menjaga habitatnya. Di habitat aslinya, kukang termasuk hewan omnivora yang akan mengkonsumsi segala jenis makanan dan berburu di malam hari.

Meskipun merupakan hewan ominivora yang akan mengkonsumsi apa saja, ada beberapa jenis makanan tertentu untuk kukang. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dikonsumsi kukang di alam liarnya, seperti :

1. Buah

Seperti halnya hewan primata kebanyakan, kukang juga banyak mengkonsumsi buah buahan berasa manis. Sembarang buah bisa dikonsumsi oleh kukang asalkan berasa manis karena hewan tersebut kurang menyukai buah pahit maupun kecut.

2. Daun dan pangkal bunga

Jenis makanan kedua yang juga dikonsumsi oleh kukang adalah bagian daun serta pangkal bunga tumbuhan. Tanaman jenis tepus dan puspa merupakan tumbuhan yang sering dikonsumsi oleh kukang.

3. Hewan berukuran kecil

Kukang juga memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya terutama protein dari beberapa hewan kecil. Kukang mengkonsumsi hewan kecil seperti anak burung, serangga, telur hewan lain, kadal pohon, ulat sagu, cicak pohon dan lain sebagainya.

4. Getah pohon dan cairan tumbuhan

Makanan lain yang juga dikonsumsi oleh kukang adalah getah pohon maupun cairan dari tumbuhan lainnya. Kukang menyukai bagian cairan yang manis seperti air nira dari pohon aren dan nektar dari bunga kaliandra.

Berapa Kali Kukang Makan dalam Sehari?

Kukang bukan hewan yang bisa dipelihara dan aktif di malam hari. Bisa dikatakan bahwa kukang akan mencari makanan dan makan di malam hari serta lebih banyak tidur di siang hari.

Berapa Kali Bayi Kukang Makan dalam sehari?

Kukang merupakan primata sehingga bayinya akan makan dari air susu induknya dan akan beranjak untuk mengkonsumsi makanan dengan kebiasaan sama seperti kukang dewasa ketika umurnya sudah mencukupi.

Sebagai makhluk hidup, kekurangan nutrisi dapat menyebabkan pertumbuhan yang terhambat serta adanya gangguan kesehatan. Kondisi tersebut tentu juga berlaku untuk kukang dan dapat menyebabkan kematian ketika nutrisi tidak terpenuhi.

Fakta Unik Tentang Kukang

Kukang bisa dikatakan sebagai salah satu hewan atau satwa liar yang unik dan menarik untuk diketahui. Sebagai hewan yang dilindungi dan terus dilestarikan, ada beberapa hal unik dari kukang yang perlu kamu ketahui seperti dijelaskan lewat ulasan di bawah ini.

  • Kukang dikenal sebagai hewan pemalas yang gerakannya lambat dimana setiap hari hanya bergerak rata -rata 40 meter dan bahkan metabolisme tubuhnya rendah.
  • Kukang merupakan hewan yang hidup di pepohonan dan hanya aktif di malam hari.
  • Kukang merupakan primata yang terkenal penyayang terutama indukan betinanya
  • Tubuh kukang dikenal elastis dan dapat bergerak secara bebas bahkan punya pandangan hampir 360 derajat.
  • Populasi hewan yang jago renang ini sekarang terus terancam di dunia.

Beberapa fakta menarik dari kukang tersebut termasuk makanan dapat menjadi informasi penting karena hewan liar ini dekat dengan kepunahan dan pelestariannya terus diupayakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.