Jenis Makanan Tomcat yang Tidak Banyak Orang Tau!

tomcat
Via Wikipedia

Makanan Tomcat – Tomcat merupakan hewan yang beberapa tahun lalu viral karena dapat menimbulkan luka pada kulit ketika di infeksi. Tomcat merupakan serangga yang memiliki nama ilmiah Paederus Fuscipes dan termasuk hewan berhabitat di sawah.

Serangga tomcat pada dasarnya merupakan hewan yang tidak menyerang manusia. Hewan tersebut mungkin menuju perkampungan karena sawah yang telah di panen. Tomcat tidak bermaksud menyerah dan hanya akan memberikan luka ketika cairan tubuhnya mengenai kulit manusia Jenis Makanan Tomcat

Agar bisa menghindari luka akibat tomcat, jangan pernah membunuh tomcat dengan memukulnya seperti nyamuk. Cara tersebut malah akan menyebabkan luka pada kulit. Tomcat merupakan hewan karnivora yang akan memakan serangga kecil lainnya. Berikut adalah makanan tomcat yang sering dimakan.

Jenis Makanan Tomcat yang Sering Dimakan

Sebagai hewan karnivora, tomcat akan banyak mengkonsumsi hewan serangga kecil lainnya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang biasa di konsumsi oleh serangga tomcat tersebut. 

1. Wereng

Banyak referensi menyatakan bahwa tomcat akan mengkonsumsi serangga wereng di alam liar. Wereng sendiri termasuk hama bagi persawahan sehingga adanya tomcat sebenarnya menjadi pengatur hama wereng. Ada beberapa jenis wereng yang sering menjadi makanan tomcat seperti wereng padi, wereng kacang tanah, wereng kedelai, dan wereng jagung. 

2. Telur Helicoverpa Armigera

Makanan hewan tomcat lain yang juga menjadi menu utama serangga tersebut adalah telur hewan di daun cabe atau tanaman kacang. Jenis terlur yang jadi konsumsi dan makanan tomcat adalah dari hewan Helicoverpa armigera. 

3. Kutu dan Aphid

Makanan dari serangga tomcat lain adalah hama seperti kutu dan aphid. Sebagai pemakan hewan tersebut, tomcat menjadi salah satu pengatur hama. 

Fakta Unik Tentang Tomcat

Sebagai hewan yang unik dan menarik, tentu ada beberapa fakta yang dapat kamu temukan dalam serangga tomcat tersebut. Beberapa fakta menarik dari seranga tomcat yang dapat bisa menjadi informasi unik tersebut, di antaranya seperti :

  • Tomcat sering ditakuti oleh manusia karena dianggap menyebabkan luka pada kulit ketika serangga tersebut menempel di permukaan kulit manusia.
  • Tomcat sebenarnya merupakan pengendali hama yang baik di persawahan karena banyak mengkonsumsi makanan berupa hama baik itu wereng maupun lainnya.
  • Tomcat sejatinya mempunyai habitat di persawahan dan jalan pergi ke perkampungan
  • Adanya tomcat diperkampungan bahkan perumahan disebabkan oleh karena alam tempat tinggalnya rusak dan kurang banyak makanan.
  • Tomcat juga lebih suka ke tempat bercahaya sehingga pasti akan pergi kerumah dan perkampungan ketika tidak lagi ada makanan di habitatnya.

Beberapa fakta menarik dan informasi mengenai makanan tomcat jadi sala hsatu bahan unik untuk diperhatikan. Tomcat sebenarnya bukan hama atau dapat melukai manusia ketika tidak terusik habitatnya oleh manusia sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.