Cara Mengobati Kucing Cacingan sampai Tuntas

150 views

Kucing Cacingan – Sama halnya manusia, kucing juga dapat terkena penyakit cacingan. Jenis cacing yang dapat menginfeksi kucing, seperti cacing pita, cacing tambang, cacing gelang, dan cacing hati. Kucing yang terkena cacingan tentunya akan memiliki masalah pencernaan dan nafsu makan yang menurun dan terlihat lebih kurus.

Kucing cacingan bisa membuat penampilannya menurun, bukan hanya tubuhnya yang menjadi kurus, bulunya juga bisa menjadi sedikit kusam. Sangat penting bagi pemilik kucing untuk mengetahui masalah kesehatan kucing yang dipelihara.

Mengobati Kucing Cacingan

Ciri-ciri Kucing Cacingan

Terkadang saat kucing terinfeksi cacingan kita tidak menyadarinya, kucing yang terkena penyakit cacingan ditandai dengan perubahan fisik dan prilakunya. Tapi tidak usah khawatir, dengan mengenali tanda-tanda jika kucing terkena cacingan, kamu bisa segera menanganinya sebelum kondisi kucing semakin memburuk. Berikut ciri-ciri kucing terserang penyakit cacingan :

1. Nafsu Makan Menurun dan Perut Membuncit

Kucing akan kehilangan nafsu makan bahkan tidak mau makan, sehingga tubuhnya pun mengurus. Kucing yang terkena penyakit cacingan tubuhnya kurus tapi postur perutnya membuncit.

2. Selalu Haus

Kucing yang selalu merasa haus, kemungkinan bisa terkena penyakit cacingan.

3. Diare dan Muntah

Tanda-tanda kucing cacingan bisa dilihat dari tanda-tanda ini, kucing mengalami diare dan muntah-muntah.

4. Makan Banyak tetapi Kucing Tetap Kurus

Tanda ini sering kali terjadi, kucing memiliki nafsu makan yang baik tetapi tubuhnya tetap kurus besar kemungkinan jika kucing kamu terserang penyakit cacingan.

5. Kotoran Bercampur Cacing

Jika kucing mengeluarkan kotoran bercampur cacing, tentu tanda ini sangat jelas kucing terserang cacingan. Kucing harus segera mendapat penanganan sebelum kondisinya semakin memburuk.

Mengobati Kucing Cacingan

Untuk mengobati kucing cacingan, dapat menggunakan obat-obatan khusus untuk kucing yang di jual di pet shop terdekat atau jika ingin menggunakan obat manusia bisa membeli di apotek terdekat. Tetapi saya sarankan memang menggunakan obat cacing khusus kucing agar lebih aman.

Obat cacing untuk kucing bermacam-macam jenisnya, terdapat jenis obat cacing yang berbentuk tablet maupun cair. Macam-macam obat cacing untuk kucing misalnya Drontal Cat (bayer), Drontal plus + (bayer), Combantrin, Vermox, dan bahkan ada obat cacing yang berupa injeksi (suntik).

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Kontak dokter hewan jika memungkinkan, penanganan terbaik tentunya bisa dilakukan oleh dokter hewan. Tetapi jika merasa yakin bisa mengobati sendiri maka mengobati kucing cacingan bisa dilakukan dengan cara berikut ini

mengobati kucing cacingan

Foto : https://web.facebook.com/diana.p.9843

  1. Perhatikan umur kucing sebelum diobati, minimal umur kucing yang aman untuk diberikan obat cacing sekitar 2 bulan.
  2. Umur kucing 2 bulan keatas gunakan combantrin cair yang khusus anak sebanyak 0,2 ml, gunakan lagi setelah 2 minggu dan diulang selama 3-6 bulan sekali.
  3. Untuk kucing usia 6 bulan keatas bisa dengan combantrin cair dengan dosis sebanyak 0,5 ml. Atau jika menggunakan drontal sesuaikan dengan berat badannya. Gunakan lagi setelah 2 minggu dan diulang selama 3-6 bulan sekali.
  4. Untuk kucing dewasa bisa dengan 0,8 ml atau dengan menggunakan drontal sesuaikan dengan berat badan
  5. Obat tablet bisa diberikan langsung, obat cair bisa diberikan dengan pipet tetes, injeksi bisa dilakukan sesuai prosedur tentunya.
  6. Perhatikan cara memegang kucing saat memberikan obat cacing pada kucing

Selain itu bisa juga menggunakan obat cacing untuk kucing yang alami seperti buah jambe, buah ini dipercaya sebagai obat cacing bukan hanya untuk kucing saja.

Sumber :

Mengobati kucing cacingan

Tags: #kucing #kucing cacingan #mengobati kucing cacingan #obat kucing cacingan